Soal Prakarya: Rekayasa Kelas 7 Unit 1 Miniatur Rumah Tahan Gempa

Soal Prakarya: Rekayasa Kelas 7 Unit 1 Miniatur Rumah Tahan Gempa. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini adalah soal Prakarya: Rekayasa untuk SMP/MTs Kelas VII Kurikulum Merdeka lengkap dengan kunci jawabannya. Soal kali ini membahas Prakarya: Rekayasa Kelas VII Unit 1 Miniatur Rumah Tahan Gempa.

Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!

1. Perhatikan gambar berikut!

Pak Andi akan membangun rumah tahan gempa sebagai tempat tinggalnya. Berilah tanda centang (✔) pada kolom Benar/Salah terkait bahan dan pemasangan yang tepat digunakan Pak Andi sesuai infografis di atas!

Jawaban:
• Tulangan kolom memiliki diameter lebih dari 8 mm. (Kunci Jawaban: Salah)
• Batako perlu direndam selama 5 menit agar ketika dipasang dapat bertahan lama. (Kunci Jawaban: Salah)
• Baut sebesar 15 mm untuk memperkuat kuda­kuda kayu pada rumah tahan gempa. (Kunci Jawaban: Benar)
• Sengkang yang memiliki diameter 8 mm dipasang dengan jarak kira-kira 13 cm. (Kunci Jawaban: Benar)

2. Habibi seorang peserta didik kelas VII di SMP Ceria. Saat pelajaran Prakarya, Habibi dan kelompoknya diminta memilih bahan ramah lingkungan yang akan digunakan untuk membuat miniatur rumah tahan gempa. Penggunaan barang bekas dapat mengurangi jumlah sampah. Selain itu, kelestarian lingkungan lebih terjaga. Manakah bahan-bahan yang dapat dipilih Habibi? (jawaban lebih dari satu).
□ Karton
□ Plastik
□ Styrofoam
□ Stik es krim
□ Kayu tripleks
□ Kertas kardus

Jawaban:
• Karton
• Stik es krim
• Kayu tripleks
• Kertas kardus

3. Dini sedang membuat miniatur kubah rumah tahan gempa menggunakan bahan baku botol plastik bekas. Rencananya botol plastik tersebut akan dibelah dengan ukuran sama besar menggunakan cutter. Bagian permukaan botol yang akan dipotong diberi tanda menggunakan spidol agar hasil pemotongan rapi. Akan tetapi, saat Dini memotong botol plastik bekas tersebut, cutter tidak dapat memotong dengan rapi. Jika kalian menjadi teman sekelompok Dini, apa yang perlu dilakukan agar dapat memotong botol plastik dengan lebih mudah dan rapi?

Jawaban:
Memanaskan cutter sebelum digunakan.

Soal nomor 4-5: lustrasi berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5.

Andi dan kelompoknya mempresentasikan produk miniatur rumah tahan gempa di depan kelas. Miniatur tersebut sesuai dengan rancangan yang telah dibuat. Bahan yang digunakan dalam pembuatan miniatur tersebut antara lain stik es krim, kardus, dan botol plastik bekas.
Meskipun demikian, Andi dan kelompoknya belum sempat mengecat miniatur rumah tahan gempa tersebut. Saat dilakukan uji coba di depan kelas, sambungan kubah dan alasnya sangat kuat karena menggunakan lem tembak. Kelompok Andi juga menceritakan bahwa saat pembuatan produk, ada anggota kelompok yang bermain­main sehingga terluka karena cutter.

4. Berdasarkan ilustrasi di atas, tuliskan kekuatan dan kelemahan produk buatan kelompok Andi!

Jawaban:
Kekuatan dan kelemahan produk buatan kelompok Andi sebagai berikut.

Kekuatan:
a. Miniatur rumah tahan gempa dibuat sesuai dengan rancangan produk.
b. Sambungan kubah dan alasnya sangat kuat.

Kelemahan:
Pengerjaaan rumah tahan gempa tidak tepat waktu. Andi dan kelompoknya belum mengecat miniatur rumah tahan gempa tersebut pada saat presentasi produk.

5. Berdasarkan ilustrasi di atas, tuliskan refleksi kegiatan yang dapat diberikan oleh kelompok Andi!

Jawaban:
Kelebihan: bisa menyelesaikan produk.
Kekurangan: kelompok Andi kurang memperhatikan keselamatan kerja, terbukti dari adanya anggota kelompok yang bermain­main sehingga terluka terkena cutter.
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga
close