Soal Dasar-Dasar Pemasaran Kelas 10 Bab 4 Pemasaran Barang dan Jasa

Soal Dasar-Dasar Pemasaran Kelas X SMK/MAK Bab 4 Pemasaran Barang dan Jasa
Sekolahmuonline.com - Soal Dasar-Dasar Pemasaran Kelas 10 Bab 4 Pemasaran Barang dan Jasa. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan soal mata pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka. Postingan kali ini menyajikan Soal Dasar-Dasar Pemasaran Kelas X Bab 4 Pemasaran Barang dan Jasa lengkap dengan kunci jawabannya.

Dasar-Dasar Pemasaran Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab 4 Pemasaran Barang dan Jasa terdiri dari empat pembahasan, yaitu:
A. Segmentasi
B. Penargetan/Targeting
C. Positioning
D. Rencana Pemasaran dan Bauran Pemasaran Jasa

Soal Dasar-Dasar Pemasaran Kelas X SMK/MAK Bab 4 Pemasaran Barang dan Jasa


Soal-soal di bawah ini terdiri dari soal-soal pilihan ganda dan soal-soal esai (essay) atau uraian. Masing-masing dilengkapi dengan kunci jawabannya. 

Perhatikan: Kunci Jawaban ada di akhir soal. Usahakan menjawab sendiri terlebih dahulu. Jika butuh bantuan, bisa melihat kunci jawaban yang sudah disediakan. Selamat belajar secara mandiri, semoga bermanfaat.

A. Soal Pilihan Ganda Dasar-Dasar Pemasaran Kelas X SMK/MAK Bab 4 Pemasaran Barang dan Jasa


Berilah tanda silang (X) pada alternatif jawaban yang dianggap paling tepat dari pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

1. Eva adalah seorang pengusaha di bidang fashion (pakaian), sebelum Eva menjalankan usahanya, ia mengelompokkan pasarnya berdasarkan usia. Langkah yang dilakukan Eva merupakan salah satu jenis model pamasaran ….
a. positioning
b. targeting
c. segmentasi
d. marketing mix 
e. cohort 

2. Langkah selanjutnya yang dilakukan Eva dalam usaha fashionnya (pakaian), ia memutuskan untuk mengambil segmen jenis usia khusus untuk baju bayi dan balita karena adanya keterbatasan modal. Langkah yang dilakukan dalam menentuan target pasar jenis ….
a. undifferentiated marketing
b. differentiated marketing
c. focus marketing
d. concentrated marketing
e. micro marketing

3. Usaha fashion Eva berdasarkan pada segmen usia, target pasarnya yaitu untuk bayi dan balita, jenis fashionnya (pakaian) yang dijual pakaian bayi dan balita yang berkualitas bagus (SNI) untuk memberikan kualitas pakaian terbaik buat bayi dan balita. Penentuan positioning market yang diambil Eva adalah ….
a. use of application
b. attribute positioning
c. benefit positioning
d. user positioning
e. product category positioning

4. Sebelum menjalankan usahanya Eva melakukan pengelompokan pasar, hal ini dilakukan Eva dengan tujuan agar ….
a. mudah menentukan apa yang dijadikan jenis usahanya
b. bisa menghemat sumber daya usaha
c. menghemat biaya
d. lebih sedikit yang dikerjakan
e. lebih konsentrasi dalam alokasi dana

5. Eva saat ini bekerja sebagai pemilik toko pakaian baju bayi dan balita, ini merupakan siklus baru dalam kehidupannya. Dalam menjalankan karyawan annya Eva membutuhkan beberapa barang dan jasa. Segmentasi ini termasuk faktor demografi ….
a. umur
b. tahapan kehidupan
c. ukuran keluarga
d. generasi
e. kelas sosial

6. Pada saat akan mendesain ruangan toko nya Eva diberikan masukan oleh kakaknya lebih baik menggunakan jasa arsitek profesional agar konsep toko tersebut baik, kemudian Eva meminta pendapat dari bapaknya kira-kira aristek profesional mana yang bisa membuatkan desain tokonya. Bapak Eva lalu mencari sumber informasi dari teman-temannya. Salah satu teman Bapak Eva yaitu Bapak Budi memberikan informasi bahwa beliau memiliki teman arsitek yang sangat profesional. Bapak Eva memberikan informasi tersebut kepada Eva. Kemudian Eva memutuskan memakai jasa arsitek sesuai dengan arahan Bapak Budi. Semua sumber dana usaha yang dibutuhkan Eva dibiayai oleh ibunya. Peran Eva disini adalah sebagai ....
a. user
b. buyer
c. influencer
d. initiator
e. decider

7. Pada soal No. 6, peran Ibu Eva adalah ….
a. user
b. buyer
c. influencer
d. initiator
e. decider 

8. Pada soal no. 6, peran Bapak Budi teman Bapak Eva adalah ….
a. user
b. buyer
c. influencer
d. initiator
e. decider 

9. Eva melakukan kegiatan pemasaran dengan mengkobinasikan semua variable-variabel dalam pemasaran yaitu: product, price, promotion, dan place. Strategi yang dilakukan Eva ini merupakan kegiatan pemasaran ….
a. bauran pemasaran
b. kombinasi pemasaran
c. strategi pemasaran
d. taktik pemasaran
e. jurus pemasaran

10. Tujuan Eva mengkombinasikan semua variable -variabel pemasaran pada soal no. 9 di atas adalah untuk ….
a. laris
b. iklan
c. sponsor
d. penjualan
e. bertahan

Kunci Jawaban Soal Pilihan Ganda Dasar-Dasar Pemasaran Kelas X SMK/MAK Bab 4 Pemasaran Barang dan Jasa


1. C
2. D
3. D
4. B
5. B
6. A
7. B
8. C
9. A
10. B


B. Soal Esai Dasar-Dasar Pemasaran Kelas X SMK/MAK Bab 4 Pemasaran Barang dan Jasa


Kerjakan soal-soal di bawah dengan memberi jawaban yang benar dan tepat!

1. Deskripsikan segmentasi pemasaran sesuai dengan pemahaman kalian tentang segmentasi pasar!

2. Terdapat lima peran orang dalam pengambilan keputusan pembelian. Deskripsikan masing-masing lima peran tersebut dalam pengambilan keputusan pembelian!

3. Uraikanlah pemilihan segmen spesifik yang ingin dilayani perusahaan berupa market targeting strategy!

4. Dalam menjalankan usahanya, seorang pengusaha harus menentukan positioning. Deskripsikan jenis positioning yang dapat dilakukan perusahaan!

5. Sebutkan manfaat bauran pemasaran dalam usaha! Deskripsikan sesuai dengan kemampuan kalian!

Kunci Jawaban Soal Esai Dasar-Dasar Pemasaran Kelas X SMK/MAK Bab 4 Pemasaran Barang dan Jasa


1. Segmentasi pemasaran adalah pengelompokan pasar.

2. Lima peran orang dalam mengambil keputusan pembelian adalah:
a. initiator adalah inisiator,
b. influencer adalah orang yang meninggalkan kesan,
c. user adalah orang yang menggunakannya,
d. decider adalah orang yang memutuskan,
e. buyer adalah orang yang membeli.

3. Pemilihan segmen spesifik yang ingin dilayani perusahaan berupa market targeting strategy adalah:
a. Pemasaran tidak berdiferensiasi (mass marketing), yaitu pasar dengan kebutuhan yang sama, tanpa segmen individual.
b. Pemasaran yang terdiferensiasi (differentiated marketing). Ini adalah perusahaan yang memasarkan produknya menggunakan bauran pemasaran yang berbeda untuk memuaskan segmen pasar.
c. Pemasaran terkonsentrasi (concentrated marketing), di mana perusahaan berfokus pada kegiatan pemasaran yang memuaskan satu segmen pasar.
d. Micromarketing, yaitu perusahaan yang menyesuaikan produk dan program pemasaran yang disesuaikan dengan selera individu dan lokasi tertentu.

4. Jenis positioning yang bisa dilakukan perusahaan, adalah:
a. Attribute positioning adalah dimana sebuah perusahaan memosisikan dirinya berdasarkan atribut tertentu, seperti: ukuran, keamanan, komposisi material, pengalaman di bidang tempatnya beroperasi, dan lain-lain.
b. Benefit positioning, misalnya produk diposisikan sebagai pionir dalam keunggulan tertentu, misalnya: bleaching digunakan untuk memutihkan pakaian, mencegah pakaian putih menjadi gelap, dan lain-lain.
c. Use of application positioning, yaitu produk diposisikan sebagai pilihan terbaik untuk kasus penggunaan atau aplikasi tertentu. Contoh: obat batuk X menyebabkan kantuk saat diminum.
d. User positioning, misalnya produk yang ditetapkan sebagai pilihan terbaik bagi kelompok pengguna produk tertentu, misalnya: minuman kesehatan untuk atlet, majalah khusus ibu dan anak, dan lain-lain.
e. Competitor positioning, misalnya klaim produk terkait posisi bersaing terhadap pesaing besar, selain itu dapat juga berupa klaim berupa perbandingan langsung dengan produk pesaing.
f. Product category positioning, misalnya produk yang menempati posisi terdepan dalam kategori produk tertentu, misalnya permen jahe diposisikan sebagai permen jahe, bukan rasa jahe.
g. Quality or price positioning, yaitu perusahaan berusaha menciptakan citra berkualitas tinggi dengan harga berkualitas tinggi, atau sebaliknya menekan harga rendah yang dijadikan sebagai indikator nilai.
h. Parentage positioning, yaitu penempatan harus disesuaikan dengan pabrikan dan produk sebelumnya.
i. Manufacturing process positioning, positioning proses produksi menekankan pada kerumitan, ketelitian dan kelengkapan proses produksi.
j. Ingredient positioning atau konsep positioning yang menekankan kualitas bahan, elemen kunci atau komponen yang digunakan.
l. Endorsement positioning, positioning menekankan pada endorsement oleh para ahli atau selebritis.
m. Proenvironment positioning, yaitu konsep perusahaan yang menggambarkan perusahaan sebagai warga negara yang baik.
n. Country positioning (geographic area positioning), positioning menekankan citra positif negara atau daerah asal yang terkait dengan produk terkait.

5. Manfaat bauran pemasaran dalam usaha, adalah:
a. Komunikasi terpadu sebagai proses persiapan dan tujuannya adalah untuk memberikan informasi tentang produk dan jasa yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen.
b. Banyak kontribusi untuk keberhasilan perusahaan, terutama bertahan dalam persaingan ketat dengan pesaing.

Lengkap soal pilihan ganda dan esai mata pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka semua bab beserta kunci jawabannya:
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga
close