Soal Dasar-Dasar Pemasaran Kelas 10 Bab 3 Perilaku Konsumen

Contoh Soal Dasar-Dasar Pemasaran Kelas 10 Bab 3 Perilaku Konsumen
Sekolahmuonline.com - Soal Dasar-Dasar Pemasaran Kelas 10 Bab 3 Perilaku Konsumen. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan soal mata pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka. Postingan kali ini menyajikan Soal Dasar-Dasar Pemasaran Kelas X Bab 3 Perilaku Konsumen lengkap dengan kunci jawabannya.

Dasar-Dasar Pemasaran Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab 3 Perilaku Konsumen terdiri dari empat pembahasan, yaitu:
A. Konsep Perilaku Konsumen
B. Karakteristik Konsumen dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian
C. Sinyal-Sinyal Calon Konsumen
D. Bahasa/Komunikasi Pemasaran

Soal Dasar-Dasar Pemasaran Kelas X SMK/MAK Bab 3 Perilaku Konsumen


Soal-soal di bawah ini terdiri dari soal-soal pilihan ganda dan soal-soal esai (essay) atau uraian. Masing-masing dilengkapi dengan kunci jawabannya. Soal-soal berikut ini cocok digunakan untuk belajar secara mandiri, sehingga ketika ada Asesmen dari Bapak/Ibu Guru, sudah merasa siap.

Perhatikan: Kunci Jawaban ada di akhir soal. Usahakan menjawab sendiri terlebih dahulu. Jika butuh bantuan, bisa melihat kunci jawaban yang sudah disediakan. Selamat belajar secara mandiri, semoga bermanfaat.

A. Soal Pilihan Ganda Dasar-Dasar Pemasaran Kelas X SMK/MAK Bab 3 Perilaku Konsumen


Berilah tanda silang (X) pada alternatif jawaban yang dianggap paling tepat dari pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

1. Cahya memiliki masalah membutuhkan sepatu sekolah baru. Cahya menunjukan tingkah laku sebagai berikut: sepatu sekolah apa yang akan di beli? Mengapa dia membeli sepatu sekolah baru? Kapan akan membeli sepatu sekolah? Di mana akan membeli sepatu sekolah? Seseorang apa sepatu sekolah itu digunakan? Tingkah laku yang ditunjukan Cahya merupakan ….
a. perilaku konsumen
b. perilaku pemasar
c. hak konsumen
d. hak pemasar
e. kewajiban konsumen

2. Sitara pemilik Toko Mainan ABC melakukan pembelian aneka boneka boba, boneka boba tersebut dijual kembali di Toko Mainan ABC karena tingginya permintaan boneka boba. Sitara merupakan tipe konsumen ….
a. konsumen pemasar
b. konsumen akhir
c. konsumen distributor
d. konsumen pasar
e. konsumen bisnis 

3. Mentari membutuhkan tas sekolah, tas sekolah yang lama telah rusak. Mentari memiliki tabungan dari sisa uang saku yang cukup melakukan pembelian tas sekolah. Mentari akhirnya memutuskan membeli tas sekolah tersebut berdasarkan hasil mengumpulkan informasi tentang tas sekolah. Mentari merupakan tipe konsumen ….
a. konsumen pemasar
b. konsumen akhir
c. konsumen distributor
d. konsumen pasar 
e. kewajiban konsumen 

4. Sitara sebagai pemillik Toko Mainan ABC mendapatkan bantuan modal dari BPR Berkah sebagai rekanan bisnis, memberikan bantuan modal untuk membiayai transaksi yang dilakukan Toko Mainan ABC. Kedudukan BPR Berkah adalah sebagai ….
a. buyer
b. produsen
c. bank
d. payer 
e. user

5. Alex seorang eksekutif muda yang berhasil dalam menjalankan usahanya. Aktivitas keseharian menjalankan pekerjannya Alex selalu menggunakan produk yang memiliki merek yang terkenal, misalnya: mobil Spot BMW M2 Competition, jam tangan Rolex, pesawat telepon iPhone 13 Pro Max, sepatu pantopel Kiskers Fernando, dan lain-lain. Dari segi produk yang dipakai Alex menunjukkan identitasnya siapa Alex. Makna konsumsi bagi Alex adalah ….
a. influncer
b. self concept attachment
c. nostalgic attachment
d. love 
e. interdepence

6. May dan teman-teman sekolahnya sedang jalan-jalan di salah satu mall yang ada di kotanya. Ketika sampai di stand baju perempuan, May melihat blouse yang cantik dan ukuran bajunya pas untuk digunakan. Ketika ia mengetahui blouse tersebut May langsung ingin membelinya. Padahal ia tidak membutuhkan blouse tersebut. Lalu ia membuka dompet, ternyata uang yang di dompetnya jumlahnya tidak cukup untuk membeli, dia pinjam uang temannya agar bisa membeli blouse tersebut. Tindakan May merupakan ….
a. compulsive behavior
b. consumer behavior
c. addictive behavior
d. consumer theft
e. consumed consumer 

7. Pak Yudi adalah seorang petani sayuran, jadi barang yang dikonsumsi sesuai dengan yang dibutuhkan. Setiap hari ke sawah dengan memakai baju yang nyaman bekerja di sawah, kaos oblong dan celana kolor, dan topi lebar. Pemilihan konsumsi pakaian Pak Yudi dipengaruhi oleh faktor ….
a. faktor psikologis
b. faktor personal
c. faktor kultural
d. faktor motivasi
e. faktor sosial

8. Rudi adalah orang yang membeli barang jadi untuk tujuan untuk dijual lagi atau disewakan untuk konsumen dan organisasi bisnis lain. Rudi merupakan sebagai konsumen bisnis ….
a. organisasi
b. distributor
c. salesman
d. produsen
e. reseller 

9. Pada acara kegiatan darwa wanita di sekolah ada salesmen peralatan rumah tangga yang baru yaitu alat penggorengan tanpa minyak. salesmen itu mempromosikan produk tersebut dari kelebihan dan kekurangan produknya. Saat itu juga Bu Rina dengan cepat merespon alat penggorengan tersebut. Sinyal yang ditunjukkan oleh Bu Rina adalah ....
a. ritme
b. volume suara
c. nada suara
d. tertarik
e. kecepatan

10. Pada soal no.9 salesmen peralatan rumah tangga baru melaksanakan Bahasa/komunikasi pemasaran ….
a. public relation
b. personal selling
c. promosi penjualan
d. event dan pengalaman
e. mobile marketing

Kunci Jawaban Soal Pilihan Ganda Dasar-Dasar Pemasaran Kelas X SMK/MAK Bab 3 Perilaku Konsumen


1. A
2. E
3. B
4. D
5. B
6. A
7. B
8. E
9. E
10. B

B. Soal Esai Dasar-Dasar Pemasaran Kelas X SMK/MAK Bab 3 Perilaku Konsumen


Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

1. Jelaskan secara singkat pengertian perilaku konsumen dengan katakatamu sendiri!

2. Faktor apa saja yang memengaruhi perilaku konsumen akhir? 

3. Sebutkan dan jelaskan secara singkat jenis-jenis konsumen bisnis!

4. Jelaskan secara singkat sinyal-sinyal calon konsumen meliputi apa saja!

5. Sebutkan macam-macam bahasa/komunikasi yang dapat dilakukan oleh perusahaan!

Kunci Jawaban Soal Esai Dasar-Dasar Pemasaran Kelas X SMK/MAK Bab 3 Perilaku Konsumen


1. Perilaku konsumen, yaitu bagaimana individu atau kelompok membuat keputusan yang berhubungan dengan pemakaian sumber daya yang tersedia (waktu, uang, dan usaha) untuk hal-hal yang berhubungan dengan konsumsi, seperti: apa yang dibeli, mengapa mereka membelinya, kapan mereka membeli, di mana mereka membeli, seberapa sering mereka menggunakan produk/jasa.

2. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen akhir adalah:
(1) faktor personal, adalah karakteristik konsumen;
(2) faktor psikologis, adalah bagian proses mental konsumen;
(3) faktor sosial, adalah otoritas dari teman, keluarga, komunitas sosial;
(4) faktor kultural.

3. Macam-macam konsumen bisnis adalah sebagai berikut.
a. Produsen (commercial/industrial consumers) adalah membeli produk untuk kebutuhan produksi barang dan jasa, lalu dijual untuk memperoleh laba. Produsen pemanufaktur membeli produk yang beraneka ragam dari bahan mentah, bahan baku, sampai produsen yang menghasilkan produk lainnya. Misalnya: industri pertanian, perikanan, pertambangan, konstruksi, dan perkayuan, penyedia jasa (jasa finansial , transportasi, restoran, hotel, kesehatan, rekreasi, hiburan,dan lainnya).
b. Reseller, yaitu orang yang membeli barang jadi untuk tujuan untuk dijual lagi atau disewakan untuk konsumen dan organisasi bisnis lain. Reseller tidak ikut campur tangan dalam proses manufaktur, tetapi menyediakan utilitas waktu, tempat, dan kepemilikan pada konsumen. Termasuk dalam kelompok reseller adalah pedagang grosir, distributor, dan pengecer.
c. Organisasi (institutional/organizational consumer), yang terdiri dari instansi pemerintah (dari daerah sampai pusat), dan organisasi nirlaba. Organisasi pemerintah dan organisasi nirlaba melakukan pembelian untuk kepentingan layanan kepada masyarakat luas. Contoh organisasi pemerintah: pendidikan, kesehatan, perlindungan keamanan, pemeliharaan dan perbaikan fasilitas umum, fasilitas penerangan jalan, dan penangan limbah atau sampah. Contoh
organisasi nirlaba: macam-macam institusi (sekolah, universitas, rumah sakit, panti jompo, lembaga sosial, lembaga keagaman, dan lainnya).

4. Sinyal-sinyal calon konsumen meliputi:
a. bahasa verbal konsumen, dalam sebuah transaksi kita berkomunikasi dengan menggunakan bahasa lisan dan non verbal;
b. pesan nonverbal dari bahasa verbal konsumen, pesan nonverbal dari bahasa verbal konsumen disebut paralinguistik, adalah salah satu macam komunikasi yang berhubungan dengan bagaimana cara seseorang mengucapkan atau menyampaikan pesan;
c. bahasa tubuh konsumen, dari pesan kenesik dan prosemik calon konsumen digunakan untuk mengetahui ketertarikan atau tidaknya terhadap produk yang ditawarkan.

5. Macam-macam bahasa/komunikasi adalah:
a. iklan (advertising), yaitu penyajian ide, barang dan jasa secara impersonal dan bentuk periklanan berbayar melalui media cetak (koran, majalah,dan lainnya), penyiaran (radio dan televisi), media internet (telepon, kabel, satelit, nirkabel), pembawa data elektronik (rekaman audio, video, CD-ROM, halaman web) dan materi tampilan (billboard, tanda, poster);
b. promosi penjualan (sales promotion), yaitu peningkatan intensif jangka pendek dalam pembelian dan uji coba produk, promosi penjualan yang ditujukan pada konsumen akhir (sampel, kupon, hadiah), promosi konsumen komersial (iklan dan subsidi display, promosi komersial dan tenaga penjualan);
c. event dan pengalaman (event and experinces), yaitu kegiatan dan program yang disponsori perusahaan (olahraga, seni, hiburan, dan acara yang kurang formal);
d. public relation dan publisitas (public relation and publicity), yaitu program yang diarahkan secara internal kepada karyawan dan secara eksternal kepada konsumen, perusahaan lain, pemerintah, dan media untuk mempromosikan atau mempertahankan citra atau komunikasi perusahaan tentang produk individu;
e. mobile marketing adalah bentuk komunikasi pemasaran online yang menggunakan ponsel, smartphone, dan tablet konsumen;
f. pemasaran langsung dan database (direct and database marketing), yaitu, penggunaan surat, telepon, faks, komunikasi elektronik, atau internet untuk secara langsung menghubungi dan meminta tanggapan dari konsumen dan calon pelanggan tertentu;
g. penjualan personal (personal selling), yaitu interaksi tatap muka dengan konsumen untuk memperkenalkan pemasaran, menjawab pertanyaan, dan memperoleh pesanan.

Lengkap soal pilihan ganda dan esai mata pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka semua bab beserta kunci jawabannya:
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga
close