Soal Dasar-Dasar Pemasaran Kelas 10 Bab 2 Perkembangan Pemasaran

Soal Dasar-Dasar Pemasaran Kelas X Bab 2 Perkembangan Pemasaran
Sekolahmuonline.com - Soal Dasar-Dasar Pemasaran Kelas 10 Bab 2 Perkembangan Pemasaran. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan soal mata pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka. Postingan kali ini menyajikan Soal Dasar-Dasar Pemasaran Kelas X Bab 2 Perkembangan Pemasaran lengkap dengan kunci jawabannya.

Dasar-Dasar Pemasaran Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab Bab 2 Perkembangan Pemasaran terdiri dari lima pembahasan, yaitu:
A. Perkembangan Pemasaran
B. Internet of Things (IoT)
C. Pemasaran pada Era Digital (e-Marketing)
D. Macam-Macam Pemasaran pada Era Digital
E. Strategi Pemasaran Omnichannel

Soal Dasar-Dasar Pemasaran Kelas X SMK/MAK Bab 2 Perkembangan Pemasaran


Soal-soal di bawah ini terdiri dari soal-soal pilihan ganda dan soal-soal esai (essay) atau uraian. Masing-masing dilengkapi dengan kunci jawabannya. 

Perhatikan: Kunci Jawaban ada di akhir soal. Usahakan menjawab sendiri terlebih dahulu. Jika butuh bantuan, bisa melihat kunci jawaban yang sudah disediakan. Selamat belajar secara mandiri, semoga bermanfaat.

A. Soal Pilihan Ganda Dasar-Dasar Pemasaran Kelas X SMK/MAK Bab 2 Perkembangan Pemasaran


Berilah tanda silang (X) pada alternatif jawaban yang dianggap paling tepat dari pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

1. Pak Adi adalah seorang pengusaha makanan ringan. Aktivitas pemasaran yang dilakukan adalah pada memproduksi barang yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen. Konsep pemasaran yang lakukan Pak Adi adalah konsep pemasaran .…
a. pemasaran era 1.0
b. pemasaran era 2.0
c. pemasaran era 3.0
d. pemasaran era 4.0
e. pemasaran era 5.0

2. Pak Adi adalah seorang pengusaha makanan ringan. Aktivitas pemasaran yang dilakukan memproduksi barang sebanyak-banyaknya dan menjual
sebanyak-banyaknya tanpa memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen. Konsep pemasaran yang lakukan Pak Adi adalah konsep pemasaran ….
a. pemasaran era 1.0
b. pemasaran era 2.0
c. pemasaran era 3.0
d. pemasaran era 4.0
e. pemasaran era 5.0

3. Pak Adi adalah seorang pengusaha makanan ringan. Kegiatan pemasaran yang dijalankan adalah tidak hanya dilihat segi rasional dan emosional tapi dari segi spiritual konsumen. Konsep pemasaran yang lakukan Pak Adi adalah konsep pemasaran ….
a. pemasaran era 1.0
b. pemasaran era 2.0
c. pemasaran era 3.0
d. pemasaran era 4.0
e. pemasaran era 5.0

4. Pak Adi adalah seorang pengusaha makanan ringan. Konsep kegiatan pemasaran usahanya adalah dengan mengkombinasikan metode offline dan online. Konsep pemasaran yang lakukan Pak Adi adalah konsep pemasaran ….
a. pemasaran era 1.0
b. pemasaran era 2.0
c. pemasaran era 3.0
d. pemasaran era 4.0
e. pemasaran era 5.0

5. Pak Adi adalah seorang pengusaha makanan ringan. Konsep kegiatan pemasaran usahanya adalah dengan implementasi teknologi yang mirip manusia yang mempunyai tujuan untuk menciptakan, mengkomunikasikan, menyampiakan, dan meningkatkan value. Konsep pemasaran yang lakukan Pak Adi adalah konsep pemasaran ….
a. pemasaran era 1.0
b. pemasaran era 2.0
c. pemasaran era 3.0
d. pemasaran era 4.0
e. pemasaran era 5.0

6. Rumah Pak Adi menerapan rumah dengan konsep smart home, semua peralatan yang ada dirumahnya menggunakan sensor otomatis sehingga memudahkan orang yang tinggal di dalam rumah. Konsep smart home rumah Pak Adi merupakan aplikasi penggunaan ….
a. Internet of Things
b. AI
c. NLP
d. AR
e. VR

7. Pak Adi adalah seorang pengusaha makanan ringan. Konsep kegiatan pemasaran usahanya adalah dengan menggunakan digital marketing karena saat ini kegiatan pemasaran ini yang baru berkembang. Pak Adi selaku seorang pemasar selalu mengikuti perkembangan zaman, yang tidak merupakan tujuan konsep pemasaran yang lakukan Pak Adi adalah ….
a. sell
b. serve
c. save
d. size
e. sizzle

8. Pak Adi adalah seorang pengusaha makanan ringan. Pak Adi menginginkan menggunakan digital marketing, yang berorientasi pada naiknya jumlah transaksi dan banyaknya jumlah aplikasi yang diunduh. Pak Adi akan menggunakan jenis digital marketing yang sesuai dengan yang diinginkan adalah ….
a. website
b. marketplace
c. google
d. omnichannel
e. ask for referral

9. Pak Adi adalah seorang pengusaha makanan ringan. Pak Adi menginginkan menggunakan digital marketing, yang berorientasi teknologi seach engine yang sangat popular untuk semua kalangan. Jenis digital marketing yang akan digunakan Pak Adi adalah ….
a. website
b. matketplace
c. google
d. omnichannel
e. ask for referral

10. Pak Adi adalah seorang pengusaha makanan ringan. Pak Adi menginginkan menggunakan digital marketing, yang menggunakan pendekatan konsumen terintregrasi dalam setiap channel yang dipakai konsumen misalnya: WA, email, social media, in-apps, dan channel lainnya tersambung dengan internet. Jenis digital marketing yang akan digunakan Pak Adi adalah ….
a. Website
b. Matketplace
c. Google
d. Omnichannel
e. Ask for referral

Kunci Jawaban Soal Pilihan Ganda Dasar-Dasar Pemasaran Kelas X SMK/MAK Bab 2 Perkembangan Pemasaran


1. B
2. A
3. C
4. D
5. E
6. A
7. D
8. E
9. C
10. D

B. Soal Esai Dasar-Dasar Pemasaran Kelas X SMK/MAK Bab 2 Perkembangan Pemasaran


Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan memberikan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan dengan singkat pemasaran di era 1.0, era 2.0, era 3.0, era 4.0 dan society 5.0 sesuai dengan pemahaman kalian!

2. Apakah yang dimaksud dengan Internet of Things? Digunakan untuk apa dalam kehidupan manusia?

3. Bagaimana konsep pemasaran di era digital? 

4. Sebutkan macam pemasaran digital yang kalian ketahui!

5. Jelaskan secara singkat pemahaman pemasaran dengan menggunakan strategi Omnichannel! Bagaimana implementasinya dalam usaha kecil jelaskan secara singkat?

Kunci Jawaban Soal Esai Dasar-Dasar Pemasaran Kelas X SMK/MAK Bab 2 Perkembangan Pemasaran


1. Konsep pemasaran adalah:
a. Pemasaran Era 1.0 adalah konsep dan pemikiran berlandaskan pada pendekatan rational marketing.
b. Pemasaran Era 2.0 adalah energi perusahaan suatu perusahaan dalam ekonomi baru dengan memakai suatu persamaan yang begitu sederhana.
c. Pemasaran Era 3.0 adalah suatu konsep pemasaran yang berlandaskan pada pendekatan human spirit marketing.
d. Era Pemasaran 4.0 adalah pendekatan pemasaran yang menggabungkan komunikasi online dan offline antara bisnis dan konsumen.
e. Era Pemasaran 5.0 adalah penerapan teknologi mirip manusia untuk menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan menambah nilai dalam semua perjalanan konsumen.

2. Internet of Things adalah sistem yang dihubungkan dengan sensor guna memantau atau memonitor informasi fisik dari lingkungan dan sistem disambungkan dengan actuator guna dapat memberikan respons atau aksi terhadap kondisi hasil dari pemantauan.

3. Konsep pemasaran di era digital adalah internet digunakan untuk merencanakan strategi pertumbuhan bisnis, strategi memasuki pasar, strategi pengembangan produk, strategi pengembangan pasar, dan strategi diversifikasi.

4. Macam-macam pemasaran digital adalah email, Blog, Facebook, Instagram, Line, Twitter, dan sebagainya.

5. Strategi pemasaran omnichannel adalah pendekatan konsumen terintegrasi dalam setiap channel yang dipakai konsumen, misalnya, email, social media, in-apps, dan channel lainnya yang tersambung internet.

Lengkap soal pilihan ganda dan esai mata pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka semua bab beserta kunci jawabannya:
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga
close