-->

Soal PAIBP Kelas 4 Kurikulum Merdeka Bab 1 Mari Kita Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang Keragaman

Contoh Soal PAIBP Kelas IV Kurikulum Merdeka Bab 1 Mari Kita Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang Keragaman
Sekolahmuonline.com - Soal PAIBP Kelas 4 Kurikulum Merdeka Bab 1 Mari Kita Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang Keragaman. Bapak/Ibu orang tua/wali murid dan seluruh pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan untuk Anda contoh soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIB) kelas IV Sekolah Dasar (SD) Kurikulum Merdeka. Contoh soal kali ini berisi pembahasan materi pelajaran PAIBP Kelas IV Bab 1 Mari Kita Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang Keragaman.

Soal-soal di bawah ini cocok digunakan oleh Bapak/Ibu orang tua/wali murid dan seluruh pembaca Sekolahmuonline semuanya dalam mendampingi putra-putri/cucu/adik/keponakan dan yang lainnya dalam belajar secara mandiri di luar sekolah. Soal kami ambil dari buku PAIBP kelas IV SD, sehingga insyaaAllah tidak akan keluar dari materi yang diberikan oleh Bapak/Ibu guru di sekolah.

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) untuk SD kelas IV Kurikulum Merdeka terdiri dari 10 Bab, yaitu:
• Bab 1 Mari Kita Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang Keragaman
• Bab 2 Teladan Mulia Asmaulhusna
• Bab 3 Indahnya Saling Menghargai dalam Keragaman
• Bab 4 Menyambut Usia Balig
• Bab 5 Kisah Hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah
• Bab 6 Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S. At-Tin dan Hadis tentang Silaturahmi
• Bab 7 Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah
• Bab 8 Aku Anak Saleh
• Bab 9 Mengenal Salat Jumat, Duha dan Tahajud
• Bab 10 Kisah Nabi Muhammad Saw. Membangun Kota Madinah

Contoh Soal PAIBP Kurikulum Merdeka Kelas IV SD Bab 1 Mari Kita Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang Keragaman + Kunci Jawabannya

Nah, berikut ini soal PAIBP Kelas IV Bab 1 Mari Kita Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang Keragaman. Silakan dibaca dan dipelajari. Semoga memudahkan seluruh rakyat Indonesia dalam belajar dimana saja dan kapan saja.

Soal

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

1. Pahamilah makna dari bagian ayat Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 berikut!

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَٰكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَٰكُمْ شُعُوبًا وَقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوٓا۟

Jelaskan pesan pokok yang terkandung dalam bagian ayat Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 tersebut!

2. Bacalah cerita berikut dengan cermat!
Filindo adalah anak Papua yang tinggal bersama teman-temannya dari berbagai suku. Di antara mereka ingin hidup berdampingan secara damai.
Apa yang harus dilakukan mereka agar hidup damai dalam perbedaan?

3. Bagaimana cara menghargai orang yang berbeda agama?

4. Perhatikan kutipan ayat Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 berikut!

إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ ٱللَّهِ أَتْقَىٰكُمْ

Jelaskan makna dari kutipan ayat Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 tersebut!

5. Bacalah hadis berikut dan fahami artinya!

وَعَنْ أَبِي نَضِرَةَ قَالَ: «حَدَّثَنِي مَنْ سَمِعَ خُطْبَةَ النَّبِيِّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - فِي أَوْسَطِ أَيَّامِ التَّشْرِيقِ، فَقَالَ: يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَلَا إنَّ رَبّكُمْ وَاحِدٌ وَإِنَّ أَبَاكُمْ وَاحِدٌ أَلَا لَا فَضْلَ لِعَرَبِيٍّ عَلَى عَجَمِيٍّ، وَلَا لِعَجَمِيٍّ عَلَى عَرَبِيٍّ، وَلَا لِأَحْمَرَ عَلَى أَسْوَدَ، وَلَا لِأَسْوَدَ عَلَى أَحْمَرَ إلَّا بِالتَّقْوَى أَبَلَّغْتُ؟ قَالُوا: بَلَّغَ رَسُولُ اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -.» رَوَاهُ أَحْمَدُ

Tulislah 2 pesan pokok yang terkandung dalam hadis tersebut?

Kunci Jawaban Soal PAIBP Kurikulum Merdeka Kelas IV SD Bab 1 Mari Kita Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang Keragaman

1. Pesan pokok yang terkandung pada bagian Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 yaitu Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, yakni berasal dari keturunan yang sama yaitu Adam dan Hawa. Semua manusia sama saja derajat kemanusiaannya, tidak ada perbedaan antara satu suku dengan suku lainnya. Kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal dan dengan demikian saling membantu satu sama lain, bukan saling mengolok-olok dan saling memusuhi antara satu kelompok dengan lainnya.

2. Yang harus mereka lakukan adalah:
• Pertama saling berdialog diantara mereka, saling menggali informasi mengenai karakter, budaya dan kekhasan sukunya. 
• Kedua: mencari titik temu persamaan diantaranya keinginan mereka untuk saling hidup rukun dan damai. Ketiga: saling menghormati dan menghrgai dalam perbedaan yang akan mereka alami dalam pergaulan sehari-hari.

3. Cara menghargai orang berbeda agama:
a. Tidak memaksa orang lain memeluk agama kita
b. Tidak mencela ajaran agama orang lain
c. Membuat tenang mereka dalam menjalankan ibadahnya

4. Sesungguhnya yang paling mulia di hadapan Allah Swt. hanyalah orang yang paling bertakwa. Karenanya, hendaknya kita berusaha untuk meningkatkan ketakwaan supaya menjadi orang yang mulia di hadapan Allah Swt.

5. 2 pesan pokok Hadis:
a. Kebesaran suatu bangsa atau warna kulit seseorang tidak menjadi penyebab kemuliaannya dibanding yang lain.
b. Hanya takwa yang menjadi ukuran nilai utama seseorang.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal PAIBP Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD Bab 1 Mari Kita Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang Keragaman Lengkap dengan Kunci Jawaban atau Pembahasannya. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.
LihatTutupKomentar
close