-->

Soal IPA Kelas 9 Kurikulum Merdeka Bab 1 Pertumbuhan dan Perkembangan [Pembahasan Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia]

Soal IPA Kelas 9 Kurikulum Merdeka Bab 1 Pertumbuhan dan Perkembangan [Pembahasan Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia]. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan contoh soal Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk SMP/MTs Kelas IX Kurikulum Merdeka Bab 1 Pertumbuhan dan Perkembangan lengkap dengan kunci jawabannya. Soal-soal berikut ini khusus menyajikan Pembahasan Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia.  IPA Kelas IX SMP/MTs Kurikulum Merdeka Bab 1 Pertumbuhan dan Perkembangan mencakup tiga pembahasan (tiga Sub Bab), yaitu: A. Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia B. Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan C. Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan  Contoh Soal IPA Kelas 9 Kurikulum Merdeka Sub Bab Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia  1.	 Pada tahapan atau siklus hidup manusia apakah organ reproduksi manusia berkembang pesat?  Jawaban: Remaja atau pubertas  2.	 Jelaskan 3 tahapan dari perkembangan dari telur yang terfertilisasi, hingga kelahiran bayi!  Jawaban: Zigot menjadi embrio, menjadi fetus  3.	 Sebutkan perubahan secara fisik yang terjadi pada remaja putri ketika mengalami pubertas!  • Mengalami menstruasi • P@yudara mulai terbentuk • Bokong dan pinggul membesar dan melebar • Tumbuh rambut di ketiak dan kem@luan  4.	 Sebutkan 5 perubahan secara fisik dan mental yang terjadi pada anak laki-laki berusia 8 tahun pada lima tahun ke depan.  Jawaban: • Organ $eksnya berkembang • Reproduksi $perma dimulai  • Rambut-rambut di wajah akan tumbuh • Rambut ketiak dan kem@luan akan tumbuh • Dada membidang • Suara akan membesar • Cara berpikir mulai berkembang seperti dewasa namun belum sepenuhnya bertanggung jawab  5.	 Data di bawah ini menunjukkan tinggi badan seorang anak dari saat dilahirkan sampai dengan usia 5 tahun  Buatlah grafik garis berdasarkan data di atas. Jangan lupa untuk  memberi label untuk X axis dan Y axis berikut unit yang menyertai.  Jangan lupa untuk memberikan judul untuk grafik tersebut!  Jawaban: Silakan buat grafik dengan: - memberi label untuk X axis dan Y axis - memberi judul untuk grafik - ketepatan unit   a) Di rentang usia berapa seorang anak mengalami pertumbuhan yang pesat?  Jawaban: Di usia 0 (baru lahir hingga di usia 1)  b) Di usia berapa anak tersebut mencapai tinggi rata-rata 80 cm? Gunakan grafik yang kalian buat untuk menjelaskan jawaban kalian!  Jawaban: Di usia 1.5 tahun  Demikan postingan Sekolahmuonline tentang Contoh Soal IPA Kelas 9 Kurikulum Merdeka Bab 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Pembahasan Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia lengkap dengan kunci jawabannya. Semoga bermanfaat. Baca juga postingan Sekolahmuonline berjudul: Soal IPA Kelas 9 Kurikulum Merdeka Bab 1 Pertumbuhan dan Perkembangan [Pembahasan Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan] Soal IPA Kelas 9 Kurikulum Merdeka Bab 1 Pertumbuhan dan Perkembangan [Pembahasan Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan]

Sekolahmuonline.com - Soal IPA Kelas 9 Kurikulum Merdeka Bab 1 Pertumbuhan dan Perkembangan [Pembahasan Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia]. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan contoh soal Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk SMP/MTs Kelas IX Kurikulum Merdeka Bab 1 Pertumbuhan dan Perkembangan lengkap dengan kunci jawabannya. Soal-soal berikut ini khusus menyajikan Pembahasan Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia.

IPA Kelas IX SMP/MTs Kurikulum Merdeka Bab 1 Pertumbuhan dan Perkembangan mencakup tiga pembahasan (tiga Sub Bab), yaitu:
A. Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
B. Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan
C. Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Contoh Soal IPA Kelas 9 Kurikulum Merdeka Sub Bab Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

1. Pada tahapan atau siklus hidup manusia apakah organ reproduksi manusia berkembang pesat?

Jawaban:
Remaja atau pubertas

2. Jelaskan 3 tahapan dari perkembangan dari telur yang terfertilisasi, hingga kelahiran bayi!

Jawaban:
Zigot menjadi embrio, menjadi fetus

3. Sebutkan perubahan secara fisik yang terjadi pada remaja putri ketika mengalami pubertas! 
• Mengalami menstruasi
• P@yudara mulai terbentuk
• Bokong dan pinggul membesar dan melebar
• Tumbuh rambut di ketiak dan kem@luan

4. Sebutkan 5 perubahan secara fisik dan mental yang terjadi pada anak laki-laki berusia 8 tahun pada lima tahun ke depan.

Jawaban:
• Organ $eksnya berkembang
• Reproduksi $perma dimulai 
• Rambut-rambut di wajah akan tumbuh
• Rambut ketiak dan kem@luan akan tumbuh
• Dada membidang
• Suara akan membesar
• Cara berpikir mulai berkembang seperti dewasa namun belum sepenuhnya bertanggung jawab

5. Data di bawah ini menunjukkan tinggi badan seorang anak dari saat dilahirkan sampai dengan usia 5 tahun

Buatlah grafik garis berdasarkan data di atas. Jangan lupa untuk memberi label untuk X axis dan Y axis berikut unit yang menyertai. Jangan lupa untuk memberikan judul untuk grafik tersebut!

Jawaban:
Silakan buat grafik dengan:
- memberi label untuk X axis dan Y axis
- memberi judul untuk grafik
- ketepatan unit
 
a) Di rentang usia berapa seorang anak mengalami pertumbuhan yang pesat?

Jawaban:
Di usia 0 (baru lahir hingga di usia 1)

b) Di usia berapa anak tersebut mencapai tinggi rata-rata 80 cm? Gunakan grafik yang kalian buat untuk menjelaskan jawaban kalian!

Jawaban:
Di usia 1.5 tahun

Demikan postingan Sekolahmuonline tentang Contoh Soal IPA Kelas 9 Kurikulum Merdeka Bab 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Pembahasan Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia lengkap dengan kunci jawabannya. Semoga bermanfaat. Baca juga postingan Sekolahmuonline berjudul:
LihatTutupKomentar
close