-->

Soal IPA Kelas 9 Kurikulum Merdeka Bab 2 Sistem Koordinasi, Reproduksi dan Homeostasis Manusia [Pembahasan Sistem Reproduksi Manusia]

Soal IPA Kelas IX Kurikulum Merdeka Bab 2 Pembahasan Sistem Reproduksi Manusia
Sekolahmuonline.com - Soal IPA Kelas 9 Kurikulum Merdeka Bab 2 Sistem Koordinasi, Reproduksi dan Homeostasis Manusia [Pembahasan Sistem Reproduksi Manusia]. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan contoh soal Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk SMP/MTs Kelas IX Kurikulum Merdeka Bab 2 Sistem Koordinasi, Reproduksi dan Homeostasis Manusia lengkap dengan kunci jawabannya. Soal-soal berikut ini khusus menyajikan Pembahasan Sistem Reproduksi Manusia.

IPA Kelas IX SMP/MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Sistem Koordinasi, Reproduksi dan Homeostasis Manusia mencakup tiga pembahasan (tiga Subbab), yaitu:
A. Sistem Koordinasi Manusia
B. Sistem Reproduksi Manusia
C. Homeostasis

Soal IPA Kelas 9 Kurikulum Merdeka Bab 2 Pembahasan Sistem Reproduksi Manusia

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

Mengingat dan Memahami
1. Perhatikan gambar berikut ini.

Apa nama bagian dan fungsi dari setiap struktur yang diberi label A, B dan C?

Jawaban:
A = Oviduk untuk tempat fertilisasi
B = Ovarium untuk oogenesis
C = Uterus untuk implantasi

2. Jelaskan macam-macam alat kontrasepsi yang dapat digunakan pada laki-laki!

Jawaban:
• K0ndom untuk mencegah masuknya $perma ke tubuh wanita
• Vasektomi dengan cara mengikat/memotong saluran $perma sehingga $perma tidak keluar tubuh pria.

Mengaplikasikan
3. Mer0kok dapat menyempitkan pembuluh darah dan menyebabkan masalah pada sistem sirkulasi. Gunakan informasi ini untuk menjelaskan bagaimana hal ini dapat menyebabkan kematian pada janin!

Jawaban:
Mer0kok dapat menyempitkan pembuluh darah dan menyebabkan masalah pada sistem sirkulasi tubuh. Jika hal ini terjadi pada pembuluh di plasenta, maka suplai darah ke janin akan Terganggu. Akibatnya janin kekurangan nutrisi dan oksigen sehingga akan menyebabkan kematian
janin.

Menalar
4. Saat bayi pertama kali lahir, tulang tengkorak belum bersatu secara utuh. Analisis bagaimana hal ini berguna untuk proses melahirkan!

Jawaban:
Tulang tengkorak bayi saat lahir belum bersatu sehingga mempermudah kelahiran karena kepala bayi akan menyesuaikan dengan ukuran vagina ibu. Kepala bayi lebih mudah berubah bentuk saat persalinan.

Soal Tambahan
5. Jelaskan macam-macam alat kontrasepsi yang dapat digunakan pada wanita!

Jawaban:
• Tubektomi, yaitu operasi pada tuba fallopi untuk dipotong atau diikat. Tubektomi adalah kontrasepsi permanen pada wanita.
• Diafragma, semacam k0ndom pada wanita.
• Terapi hormon estrogen dan progesterone dalam bentuk suntikan, pil, dan susuk. Namun kebanyakan wanita juga menggunakan IUD (intra uterine device), yaitu memasukkan semacam alat yang dapat mencegah terjadinya implantasi.


Baca juga postingan Sekolahmuonline berjudul:
LihatTutupKomentar
close