-->

Soal IPA Kelas 9 Kurikulum Merdeka Bab 2 Sistem Koordinasi, Reproduksi dan Homeostasis Manusia [Pembahasan Homeostasis]

Soal IPA Kelas IX SMP/MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Sistem Koordinasi, Reproduksi dan Homeostasis Manusia [Pembahasan Homeostasis]

Sekolahmuonline.com - Soal IPA Kelas 9 Kurikulum Merdeka Bab 2 Sistem Koordinasi, Reproduksi dan Homeostasis Manusia [Pembahasan Homeostasis]. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan contoh soal Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk SMP/MTs Kelas IX Kurikulum Merdeka Bab 2 Sistem Koordinasi, Reproduksi dan Homeostasis Manusia lengkap dengan kunci jawabannya. Soal-soal berikut ini khusus menyajikan Pembahasan Homeostasis.

IPA Kelas IX SMP/MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Sistem Koordinasi, Reproduksi dan Homeostasis Manusia mencakup tiga pembahasan (tiga Subbab), yaitu:
A. Sistem Koordinasi Manusia
B. Sistem Reproduksi Manusia
C. Homeostasis

Soal IPA Kelas 9 Kurikulum Merdeka Bab 2 Pembahasan Homeostasis

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

Mengingat dan Memahami
1. Apa akibatnya jika homeostasis dalam tubuh manusia terganggu?

Jawaban:
Jika homeostasis terganggu maka akan terjadi kelainan pada bioproses tubuh manusia, yang bahkan dapat menyebabkan kematian.

2. Jelaskan bioproses yang akan terjadi di dalam tubuh manusia jika sedikit minum terkait dengan homeostasis cairan tubuh!

Jawaban:
Jika sedikit minum maka jumlah air dalam darah menurun yang akan merangsang hipofisis menghasilkan ADH. ADH akan bekerja mereabsorpsi air di ginjal sehingga banyak air masuk kembali ke pembuluh darah. Dengan demikian maka kadar cairan di tubuh akan kembali normal (tubuh tidak kekurangan air).

Mengaplikasikan
3. Beberapa pendaki gunung seringkali mengalami hipotermia kematian. Gejala yang sering terjadi adalah menggigil, berbicara cadel, bergumam, gagap, bibir berwarna kebiruan, serta denyut jantung lemah dan tidak teratur. Gunakan informasi tersebut untuk menjelaskan bioproses yang terjadi terkait homeostasis suhu tubuh.
Apa yang dapat kalian lakukan untuk menolong nyawa orang yang mengalami hipotermia?

Jawaban:
Ketika ada yang hipotermia maka harus secepatnya meningkatkan suhu badan orang tersebut dengan cara mengganti pakaian basah dengan pakaian kering, memberikan jaket, segera menghubungi petugas kesehatan untuk mendapatkan pertolongan. Masih banyak cara lain disesuaikan dengan kondisi penderita hipotermianya.

Menalar
4. Perhatikan diagram pengaturan kalsium berikut 

Berdasarkan gambar, uraikanlah mekanisme bioproses yang akan terjadi jika kadar kalsium dalam darah tubuh manusia turun secara drastis!

Jawaban:
Ketika kadar kalsium dalam darah rendah, paratiroid akan terangsang untuk menghasilkan parathormon. Parathormon akan merangsang pelepasan kalsium dari tulang, merangsang ginjal untuk mereabsorpsi kalsium, dan merangsang usus besar mengambil kalsium dari saluran pencernaan. Akibatnya jumlah kalsium darah akan naik kembali di dalam darah.

Soal Tambahan
5. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang homeostasis? 

Jawaban:
Homeostasis adalah proses proses yang dilakukan oleh tubuh secara otomatis untuk memertahankan kondisi stabil agar proses di dalam tubuh mahluk hidup berjalan normal, meskipun terjadi perubahan internal dan eksternal. Jika homeostasis berhasil maka hidup akan berlanjut dengan normal. Jika tidak berhasil, maka dapat menyebabkan kelainan bahkan kematian organisme. Pengaturan suhu tubuh oleh hipotalamus, pengaturan kadar air di dalam tubuh oleh ginjal, dan mekanisme pengaturan produksi hormon adalah beberapa contoh peristiwa homeostasis di dalam tubuh manusia.


Baca juga postingan Sekolahmuonline berjudul:
LihatTutupKomentar
close