Soal Uraian Ekonomi Kelas 12 Kurikulum Merdeka Bab 1 Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

Contoh Soal Uraian Ekonomi Kelas XII SMA/MA Kurikulum Merdeka Bab 1 Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

Sekolahmuonline.com - Soal Uraian Ekonomi Kelas 12 Kurikulum Merdeka Bab 1 Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi. Berikut ini adalah contoh soal-soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Ekonomi kelas XII SMA/MA Bab 1 Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) digunakan untuk mengukur kemampuan individu siswa. Soal-soal AKM di bawah ini khusus menyajikan soal-soal uraian atau soal essay (esai).

Contoh Soal Uraian Ekonomi Kelas XII SMA/MA Kurikulum Merdeka Bab 1 Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!

1. Mengapa setiap negara perlu untuk menghitung laju pertumbuhan ekonominya dari tahun ke tahun?

Jawaban:
Pertumbuhan ekonomi dapat dijadikan tolak ukur kemajuan suatu negara dan melihat hasil pembangunan ekonomi pada tahun tersebut.

2. Buatlah analisis hubungan pendidikan dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi!

Jawaban:
Pendidikan yang tinggi dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sehingga dengan adanya SDM yang berkualitas maka kegiatan ekonomi di suatu negara diharapkan dapat meningkat. Kegiatan ekonomi yang meningkat akan berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi.

3. Pada tahun 2023, Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Negara Bahagia sebesar Rp700 triliun. Nilai PDB Negara Bahagia tahun 2022 Rp600 triliun. Berdasarkan data tersebut hitunglah laju pertumbuhan ekonomi Negara Bahagia!

Jawaban:
Laju Pertumbuhan Ekonomi =

700 - 600
---------------- x 100℅
     600

Laju Pertumbuhan Ekonomi =

100
------ x 100℅ = 16,6%
600

4. Jumlah penduduk yang tinggi merupakan modal bagi suatu negara untuk meningkatkan pembangunan ekonomi, namun di sisi lain tingginya jumlah penduduk menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi. Buatlah analisis mengapa hal tersebut dapat terjadi!

Jawaban:
Tingginya jumlah penduduk dapat menghambat pertumbuhan ekonomi apabila kemampuan tenaga kerja yang ada tidak sesuai dengan yang dibutuhkan oleh industri.

5. Buatlah analisis dampak perkembangan ekonomi digital pada pertumbuhan ekonomi!

Jawaban:
Perkembangan ekonomi digital sejalan dengan perkembangan investasi dan dapat mempercepat perkembangan ekonomi. Nilai investasi tinggi ini dapat menstimulus produksi sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga
close