Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman PAIBP Kelas 9 Kurikulum Merdeka Bab 4 Bersyukur dengan Akikah, Peduli Sesama dengan Berkurban

Rangkuman atau ringkasan PAIBP Kelas 9 Kurikulum Merdeka Bab 4 Bersyukur dengan Akikah, Peduli Sesama dengan Berkurban

Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini adalah rangkuman/ringkasan atau kesimpulan dari materi Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas IX SMP/MTs Kurikulum Merdeka. Postingan kali ini menyajikan rangkuman atau ringkasan PAIB kelas 9 SMP/MTs Bab IV Bersyukur dengan Akikah, Peduli Sesama dengan Berkurban

Rangkuman PAIBP Kelas IX SMP/MTs Kurikulum Merdeka Bab IV Bersyukur dengan Akikah, Peduli Sesama dengan Berkurban

1. Penyembelihan hewan adalah proses memutuskan saluran pernapasan dan saluran makanan serta urat nadi hewan, dengan menggunakan alat yang tajam, sesuai dengan ketentuan syariat Islam.

2. Penyembelihan hewan dapat dilakukan dengan cara tradisional atau dengan cara mekanik (modern) yang sesuai ketentuan Islam.

3. Manfaat penyembelihan hewan adalah menjadikan hewan tersebut halal untuk dikonsumsi, kualitas daging menjadi lebih baik dan sehat.

4. Akikah adalah penyembelihan hewan kambing/domba, sebagai wujud syukur hamba kepada Allah Swt. atas lahirnya anak, yang dilaksanakan pada hari ke-7 dari kelahiran bayi.

5. Jumlah hewan akikah adalah 2 ekor kambing/domba untuk kelahiran bayi laki-laki, dan 1 ekor kambing/domba untuk kelahiran anak perempuan.

6. Hikmah pelaksanaan akikah antara lain:
• sebagai wujud rasa syukur atas kelahiran anak
• merupakan tebusan bagi anak yang baru lahir
• mempererat silaturahmi di antara warga masyarakat melalui penyambutan bayi.

7. Kurban adalah ibadah dalam bentuk penyembelihan hewan tertentu dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah Swt.

8. Waktu penyembelihan kurban adalah setelah salat Idul Adha (10 Zulhijah) dan pada 3 hari tasyrik (11, 12, dan 13 Zulhijah).

Demikian postingan Sekolahmuonline tentang Rangkuman PAIBP Kelas 9 Kurikulum Merdeka Bab IV Bersyukur dengan Akikah, Peduli Sesama dengan Berkurban. Rangkuman dirujuk dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP/MTs Kelas IX. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Rangkuman PAIBP Kelas 9 Kurikulum Merdeka Bab 4 Bersyukur dengan Akikah, Peduli Sesama dengan Berkurban"

close