Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab 1 Proses Bisnis dan Perkembangan Standar Akuntansi

Rangkuman atau ringkasan Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab 1 Proses Bisnis dan Perkembangan Standar Akuntansi
Sekolahmuonline.com - Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab 1 Proses Bisnis dan Perkembangan Standar Akuntansi. Pembaca Sekolahmuonline di mana saja Anda berada, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka. Kali ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab 1 Proses Bisnis dan Perkembangan Standar Akuntansi.

Perlu pembaca Sekolahmuonline ketahui bahwa Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka terdiri atas 8 Bab, yaitu:
  • BAB I Proses Bisnis dan Perkembangan Standar Akuntansi
  • BAB II Profesi Akuntan dan Etika Profesi di Bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga
  • BAB III Konsep Dasar Akuntansi
  • BAB IV Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa
  • BAB V Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang
  • BAB VI Penggunaan Aplikasi Pengolah Angka/Spreadsheet
  • BAB VII Konsep Perbankan Dasar
  • BAB VIII Keselamatan, Kesehatan, dan Keamanan Kerja (K3), serta Budaya Kerja Industri

Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas 10 SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab I Proses Bisnis dan Perkembangan Standar Akuntansi

Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka BAB I Proses Bisnis dan Perkembangan Standar Akuntansi terdiri atas empat pembahasan, yaitu:
A. Proses Bisnis dan Bidang Akuntansi
B. Proses Bisnis Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang, dan Manufaktur
C. Perkembangan Standar Akuntansi
D. Perkembangan Aplikasi Komputer Akuntansi dalam Bisnis

Nah, berikut ini rangkuman atau ringkasan Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab I Proses Bisnis dan Perkembangan Standar Akuntansi. Semoga membantu memberikan kemudahan dalam belajar secara mandiri.

1. Jenis bisnis berdasarkan kegiatannya terdiri dari jasa, dagang, dan manufaktur.

2. Bentuk kepemilikan bisnis terdiri dari perusahaan perseorangan, persekutuan komanditer, persekutuan firma, perseroan, dan koperasi.

3. Akuntansi berperan menghasilkan laporan keuangan suatu bisnis yang bisa dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan.

4. Bidang akuntansi terdiri dari akuntansi keuangan, pemeriksaan akuntansi, akuntansi manajemen, akuntansi biaya, akuntansi perpajakan, akuntansi pemerintahan, akuntansi syariah, akuntansi pendidik, penganggaran, dan sistem informasi akuntansi.

5. Perusahaan jasa menghasilkan barang yang tidak berwujud. Layanannya bersifat heterogen. Jasa diproduksi dan dikonsumsi secara bersamaan dan tidak bisa disimpan.

6. Perusahaan dagang melakukan pembelian dan penjualan barang dagang tanpa melalui proses produksi. Ada penyimpanan barang dagang sebelum dijual. Keuntungan diperoleh dari selisih antara harga jual dan harga beli.

7. Perusahaan manufaktur mengolah bahan baku menjadi barang yang berwujud. Ada penyimpanan bahan baku dan barang jadi. Keuntungan perusahaan diperoleh dari selisih harga jual dengan biaya produksi.

8. Proses bisnis akuntansi pada perusahaan jasa ialah pendokumentasian dan pencatatan transaksi keuangan serta pengolahan dan pelaporan keuangan.

9. Proses bisnis akuntansi pada perusahaan dagang ialah pendokumentasian dan pencatatan transaksi keuangan, pengolahan dan perhitungan harga pokok penjualan, serta pelaporan keuangan.

10. Proses bisnis akuntansi pada perusahaan manufaktur ialah pendokumentasian dan pencatatan transaksi keuangan, perhitungan biaya produksi, harga pokok produksi, harga pokok penjualan, dan pelaporan keuangan.

11. Hingga saat ini, standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia ialah PSAK IFRS, SAK ETAP, PSAK Syariah, SAP, dan SAK EMKM.

12. Perkembangan aplikasi komputer akuntansi seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang berkembang dengan pesat serta meningkatnya kebutuhan bisnis terhadap aplikasi komputer akuntansi. 

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab I Proses Bisnis dan Perkembangan Standar Akuntansi. Semoga bermanfaat. Membantu memudahkan seluruh anak bangsa Indonesia dalam belajar dimana saja dan kapan saja. Pendidikan adalah hak setiap warga negara. Selamat belajar dan selamat membaca postingan-postingan Sekolahmuonline yang lainnya.
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Rangkuman Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK/MAK Kurikulum Merdeka Bab 1 Proses Bisnis dan Perkembangan Standar Akuntansi"

close