Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan bagaimana cara memilih pasangan dalam pernikahan!

cara memilih pasangan dalam pernikahan

Jelaskan bagaimana cara memilih pasangan dalam pernikahan! Pembaca Sekolahmuonline, menemukan jodoh yang tepat merupakan salah satu keputusan terpenting dalam hidup manusia. Pernikahan adalah sebuah komitmen jangka panjang yang membutuhkan kesamaan visi, misi, dan nilai-nilai dalam hidup. Memilih pasangan yang salah dapat berakibat pada kekecewaan, konflik, dan bahkan perceraian.

Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan berbagai faktor saat memilih pasangan hidup. Faktor-faktor ini dapat mencakup:
• Kecocokan emosional dan intelektual
Apakah Anda memiliki chemistry yang baik dengan pasangan Anda? Apakah Anda saling memahami dan menghargai satu sama lain?
• Nilai-nilai dan keyakinan yang sama
Apakah Anda memiliki nilai-nilai dan keyakinan yang sama tentang agama, keluarga, keuangan, dan kehidupan secara umum?
• Tujuan hidup yang sejalan
Apakah Anda memiliki tujuan hidup yang sama untuk masa depan? Apakah Anda ingin memiliki anak? Di mana Anda ingin tinggal?
• Komunikasi yang efektif
Apakah Anda dapat berkomunikasi secara terbuka dan jujur dengan pasangan Anda? Apakah Anda dapat menyelesaikan konflik dengan cara yang sehat?
• Kepercayaan dan rasa hormat
Apakah Anda mempercayai pasangan Anda sepenuhnya? Apakah Anda menghormati satu sama lain?

Memilih pasangan hidup bukan hanya tentang menemukan orang yang sempurna, tetapi juga tentang menemukan orang yang tepat untuk Anda. Penting untuk diingat bahwa tidak ada yang namanya pasangan yang sempurna. Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan. Kuncinya adalah menemukan seseorang yang dapat menerima kekurangan Anda dan Anda dapat menerima kekurangan mereka.

Proses memilih pasangan hidup membutuhkan waktu, usaha, dan introspeksi. Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Luangkan waktu untuk mengenal pasangan Anda dengan baik dan pastikan Anda siap untuk berkomitmen sebelum menikah.

Memilih pasangan hidup adalah sebuah perjalanan yang penuh dengan pembelajaran dan petualangan. Dengan kesabaran, ketekunan, dan kebijaksanaan, Anda dapat menemukan jodoh yang tepat dan membangun pernikahan yang bahagia dan langgeng.

Nah, sekarang, bagaimana agama Islam memberi petunjuk dalam memilih pasangan? Pembahasan ini masih masuk pembahasan mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas XI SMA/SMK Kurikulum Merdeka Bab Ketentuan Pernikahan dalam Islam.

Berikut ini solusi atau jawaban atas pertanyaan di atas.

Memilih Pasangan dalam Pernikahan

Nabi Muhammad Saw. memberikan tuntunan dalam memilih pasangan dalam pernikahan, yaitu dengan mempertimbangkan karena:
1) Hartanya;
2) Keturunannya;
3) Kecantikan/ketampanannya;
4) Agamanya.

Hal ini sesuai dengan hadis Nabi Muhammad Saw. yang termaktub dalam Kitab al-Jami’ al-Shahih, juz 3 nomor 5090, yaitu:
Artinya:
Dari Abu Hurairah ra, dari Nabi saw, beliau bersabda: “Wanita itu dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya dan karena agamanya. Maka pilihlah karena agamanya, niscaya kamu akan beruntung. (HR. Al-Bukhāri)

Dari hadis tersebut memberikan bimbingan dalam memilih pasangan mempertimbangkan empat hal. Hanya saja, di akhir hadis tersebut disebutkan “Pilihlah karena agamanya, niscaya kamu akan beruntung.” Ini adalah tuntunan Nabi Muhammad Saw. agar dari keempat pertimbangan tersebut agar memilih karena agamanya. Mengapa memilih agama? Karena dengan agama, kebahagiaan yang sejati akan dapat terwujud, salah satunya ketika agamanya kuat, maka pasangan suami atau istri akan taat kepada Allah dan dapat memelihara dirinya. Dalam Q.S. al-Nisa’/4: 34, dijelaskan:
Artinya:
“Sebab itu maka wanita yang shalihah, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka).” (Q.S. al-Nisa’/4: 34)

Selain itu untuk wanita shalihah merupakan sebaik-baiknya perhiasan dunia bagi suaminya. Hal ini dijelaskan dalam kitab Shahih Muslim, nomor 1467, Nabi Muhammad Saw. bersabda:
Artinya:
Dari Abdullah bin ‘Amr bahwasannya Rasulullah Saw. bersabda: “Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah.” (HR. Muslim)

Nah, demikian cara Islam memberi solusi tentang bagaimana memilih pasangan dalam pernikahan. Semoga bermanfaat dan dapat menyelamatkan kita baik di dunia maupun di akhirat. Aamiin.

Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Jelaskan bagaimana cara memilih pasangan dalam pernikahan!"

close