Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan apa yang dimaksud dengan SCADA dan HMI! ~ sekolahmuonline.com

Jelaskan apa yang dimaksud dengan SCADA dan HMI! ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut adalah soal yang membahas tentang pengertian SCADA dan HMI. Kedua istilah tersebut akan anda temukan pada pelajaran Dasar-Dasar Teknik Ketenagalistrikan kelas 10 SMK khususnya pada Bab 1 Pengantar Ketenagalistrikan.
Pengertian SCADA dan HMI


SCADA adalah akronim dari Supervisory Control and Data Acquisition. Sedangkan HMI Human Machine Interface.

Pembahasan ringkas di bawah ini akan menjawab atas berbagai pertanyaan atau soal tentang SCADA dan HMI.
Jelaskan pengertian SCADA!
Jelaskan apa itu SCADA! 
Apa yang dimaksud dengan SCADA? 
Apa yang kami ketahui tentang SCADA? 
Jelaskan pengertian HMI!
Jelaskan apa itu HMI! 
Apa yang dimaksud dengan HMI? 
Apa yang kami ketahui tentang HMI?

Jawabannya dapat Anda temukan pada pembahasan berikut ini.

Pengertian SCADA dan HMI

Sekarang ini bukanlah hal aneh jika kalian dapat menyalakan dan mematikan lampu dengan menggunakan telepon pintar. Tidak hanya itu, melalui telepon pintar kalian juga dapat memperoleh laporan penggunaan listrik harian dan lampu mana saja yang sedang dalam keadaan menyala atau mati, serta konsumsi dayanya.

Bila diketahui ada yang tidak efisien, kalian dapat mengatur dan menjadwalkan lampu mana saja yang akan dinyalakan dan dimatikan sesuai dengan sensor cahaya yang dipasang di rumah. Betapa canggihnya!

Pengertian Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA)

SCADA merupakan singkatan dari Supervisory Control and Data Acquisition. SCADA merupakan suatu sistem yang dapat mengumpulkan informasi dari perangkat di lapangan yang berasal dari sensor-sensor, kemudian dikirimkan ke pusat kendali untuk dilakukan pengendalian dan pengolahan data. 

Sistem SCADA terdiri dari field devices, Remote Terminal Unit (RTU), Master Terminal Unit (MTU), komputer sebagai server pusat kendali, dan Human Machine Interface (HMI). Bagian-bagian tersebut terpisah jauh, sehingga untuk menghubungkannya menggunakan jalur komunikasi. Field device merupakan aktuator dan sensor yang berhubungan dengan RTU. RTU akan mengumpulkan data sensor dan mengirimkannya ke pusat kendali (MTU). RTU juga dapat diperintah MTU.

MTU merupakan pengendali utama, dan di sinilah terjadi proses pengolahan data untuk dilaporkan dan diawasi. Semua aktifitas MTU tercatat. Sebagai contoh, sebuah mesin pemanas yang dipantau suhunya di MTU diberikan penyetingan suhu pemanasan sampai suhu 70 derajat celcius. Maka di sistem SCADA, pemanas akan dinyalakan sampai suhu tersebut serta dijaga sesuai penyetingan, dan ini bersifat otomatis. Semua data suhu terdapat grafiknya dan data tersebut terlihat di HMI. Operator dapat melihat dan memerintahnya secara manual. Operator dapat melaporkan proses yang terjadi secara komplit menggunakan data yang ada di MTU.

Pengertian Human Machine Interface (HMI)

HMI adalah singkatan dari human machine interface, yang berarti perangkat yang menghubungkan manusia dan mesin dengan cara menampilkan grafis dan memberikan fasilitas pengendalian dari mesin yang dioperasikan.

Pada sistem SCADA, HMI berada pada sisi operator di pusat kendali, di mana HMI terdapat pada komputer dengan fungsi:
• menampilkan simbol-simbol dari visualisasi suatu proses;
• menampilkan menu pengendalian, data, dan grafik dari keadaan di lapangan (plant);
• mengkonfigurasi nilai-nilai pengendalian mesin di lapangan;
• memberikan peringatan jika terjadi kesalahan berupa alarm bahaya.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan pembahasan tentang Pengertian Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) dan Human Machine Interface (HMI). Semoga bermanfaat. Membantu memudahkan seluruh rakyat Indonesia dalam belajar dimana saja dan kapan saja. Khususnya Anda yang sedang mempelajari Dasar-Dasar Teknik Ketenagalistrikan kelas 10 SMK Bab 1 Pengantar Ketenagalistrikan. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Jelaskan apa yang dimaksud dengan SCADA dan HMI! ~ sekolahmuonline.com"

close