Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan penampilan pribadi! ~ sekolahmuonline.com

Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan penampilan pribadi!  ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal yang membahas tentang Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Menerapkan Penampilan Pribadi yang mana hal tersebut merupakan Standar Penampilan Pribadi. Pembahasan ini merupakan bagian dari materi yang ada pada pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis untuk SMK/MAK Kelas X Semester 1 khususnya Bab IV Teknik Dasar Layanan Bisnis di Bidang Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis.

Pada postingan sebelumnya, Sekolahmuonline telah menyajikan contoh soal yang membahas tentang Pengertian Pelayanan Prima dan Standar Kualitas Pelayanan Prima serta Tujuan Pelayanan Prima. Bagi yang belum membacanya silakan buka postingan Sekolahmuonline yang berjudul:

Standar Penampilan Pribadi

Bidang kerja Manajemen Perkantoran dan layanan bisnis sangat dekat dengan pelayanan langsung kepada pelanggan atau kolega organisasi, bahkan langsung menanganinya atau bertemu. Untuk itu dasar utama yang merupakan pelaksanaan teknik pelayanan di bidang ini adalah pegawai atau petugas harus menerapkan standar penampilan pribadi terlebih dahulu sebelum melakukan pekerjaannya memberi pelayaan.

Standar penampilan pribadi seperti apa yang harus diterapkan dalam organisasi? Anda masih ingat tentang pembahasan Standar Operasional Prosedur (SOP)? Berkaitan dengan citra atau image sebuah perusahaan, maka berpenampilan juga harus mengikuti SOPnya.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Menerapkan Penampilan Pribadi

Dalam kegiatan layanan bisnis, penampilan pribadi berkaitan dengan citra atau image sebuah perusahaan. Untuk itu penting bagi petugas atau pegawai untuk selalu menerapkan standar penampilan pribadi ini. 

Nah, berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan penampilan pribadi:

1. Kesehatan Kerja

Kesehatan setiap pegawai merupakan faktor penting yang menunjang pekerjaan itu terlaksana. Untuk itu kesehatan pegawai harus terjamin dan terjaga. Terjamin berarti pihak perusahaan atau pemberi kerja memiliki tanggung jawab terhadap kesehatan karyawannya seperti memiliki lingkungan yang mendukung kesehatan dan fasilitas kesehatan. Sedangkan pengertian kesehatan pegawai harus terjaga dapat diartikan bahwa setiap pegawai harus berusaha untuk selalu dalam keadaan sehat.

2. Penampilan Prima

Penampilan prima merupakan penampilan diri seseorang yang terbaik dan menarik. Dalam hal ini seseorang harus berupaya memiliki standar penampilan prima. Standar penampilan prima seseorang dapat dilihat dari:
a. kesehatan tubuh;
b. perawatan anggota tubuh;
c. berbusana serasi dan tepat; dan
d. bermake-up dan menggunakan aksesori yang wajar.

Untuk penampilan prima sering kita kenal dengan personality grooming. Lewat Youtube Anda dapat mencari dan  melihat contoh-contoh video mengenai personality grooming, baik untuk wanita dan laki-laki.

3. Kepribadian dan Etiket

Keperibadian seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti.
a. Faktor biologis, atau hubungan sedarah yang membentuk fisik kita tidak jauh berbeda dengan orang tua kita.
b. Faktor kultur dan peradaban, merupakan sejarah hidup manusia dalam kehidupannya di masyarakat. 
c. Pendidikan, faktor ini memberi kemampuan pada penyelesaian masalah.
d. Keluarga, merupakan lingkungan belajar pertama yang dialami seseorang, sehingga faktor keluarga menjadi faktor yang dominan dalam membentuk kepribadian seseorang.
e. Faktor sosial dan lingkungan, merupakan faktor yang berhubungan dengan status sosial, lingkungan pergaulan di tempat tinggal, budaya, dan adat istiadat juga mempengaruhi kepribadian seseorang.

Etiket atau etika dalam hal ini berbeda dengan pengertian etika kerja yang terdahulu. Etiket dalam hal standar pribadi ini diartikan sebagai tata karma atau sopan santun yang berlaku dalam pergaulan dan bermasyarakat. Sedangkan etika dalam hal ini mengandung arti bagaimana seseorang dalam menerapkan etiketnya, jadi dalam hal ini mengarah pada penerapannya etiket itu sendiri.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh soal Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis untuk SMK/MAK Kelas X Bab IV Teknik Dasar Layanan Bisnis di Bidang Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis khususnya pembahasan Standar Penampilan Pribadi yaitu tentang Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Menerapkan Penampilan Pribadi. Semoga bermanfaat. Memudahkan semua pembaca Sekolahmuonline dalam belajar di mana saja dan kapan saja. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan penampilan pribadi! ~ sekolahmuonline.com"

close