Soal Seni Musik Kelas 7 Kurikulum Merdeka Unit 3 Bernyanyi Bersama + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com

Soal Seni Musik Kelas 7 Kurikulum Merdeka Unit 3 Bernyanyi Bersama + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal Seni Musik Kelas VII SMP/MTs Kurikulum Merdeka. Pada postingan kali ini Sekolahmuonline sajikan soal-soal pilihan ganda dan soal esai Seni Musik Kelas 7 Bab 3 atau Unit 3 Bernyanyi Bersama yang membahas tentang Membangun Kerja Sama, Kepekaan, dan Harmonisasi Dalam Bernyanyi Bersama-sama lengkap dengan kunci jawabannya. 
Soal Seni Musik Kelas 7 Kurikulum Merdeka Unit 3 Bernyanyi Bersama

Seni Musik kelas VII SMP/MTs Kurikulum Merdeka terdiri dari empat bab atau empat Unit, yaitu:
Unit 1 Bernyanyi Solo
Unit 2 Bermain Alat Musik Sederhana
Unit 3 Bernyanyi Bersama
Unit 4 Bermain Ansambel

Contoh Soal Seni Musik Kelas VII Kurikulum Merdeka Unit 3 Bernyanyi Bersama

Seni Musik kelas VII SMP/MTs Unit 3 Bernyanyi Bersama terdiri empat kegiatan pembelajaran, yaitu:
• Kegiatan Pembelajaran 1 Ayo Bernyanyi Bersama
• Kegiatan Pembelajaran 2 Bernyanyi Mengikuti Aba-Aba Pengaba
• Kegiatan Pembelajaran 3 Teknik Pemanasan Vokal Sebelum Bernyanyi
• Kegiatan Pembelajaran 4 Bernyanyi Bersama

Nah, berikut ini soal dan kunci jawabannya materi pelajaran Seni Musik kelas VII Kurikulum Merdeka Unit 3 Bernyanyi Bersama. Selamat membaca dan mempelajari, jangan lupa bagikan kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang ada di bawah postingan ini.

A. Soal Pilihan Ganda Seni Musik Kelas VII Kurikulum Merdeka Unit 3 Bernyanyi Bersama

Jawabalah soal-soal di bawah ini dengan memilih huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang benar dan tepat! 

1. Paduan suara dalam dunia musik adalah ansembel yang terdiri dari sekelompok penyanyi dan atau dengan pemain musiknya merupakan kegiatan bernyanyi secara bersama-sama yang mengutamakan ….
a. harmonisasi
b. suara individu
c. dirigen
d. dinamik

Kunci Jawaban: a

2. Blackpink merupakan kelompok vokal perempuan berasal dari Korea yang berjumlah 5 orang. Istilah dalam musik untuk kelompok suara yang berjumlah 5 orang disebut ....
a. Trio
b. Kwartet
c. kwintet
d. sextet

Kunci Jawaban: c

3. Proses memadukan 2 suara atau lebih sehingga menjadi harmonis disebut .... 
a. dirigen
b. blending
c. warna suara
d. tempo

Kunci Jawaban: b

4. Jumlah anggota yang terlibat dalam sebuah kelompok vokal antara .... 
a. 1 – 2 orang
b. 1 – 5 orang
c. 3 – 12 orang
d. 25 orang

Kunci Jawaban: c

5. S – A – T – B (Sopran, Alto, Tenor, Bass) merupakan kelompok suara dalam bentuk Paduan Suara ....
a. Campuran
b. Sejenis
c. Klasik
d. Simfonia

Kunci Jawaban: a

6. Pola aba-aba yang sesuai untuk lagu Maju Tak Gentar ciptaan C. Simanjuntak, adalah ....

Kunci Jawaban: D

7. Seorang pengaba menggunakan tangan kanan dan tangan kiri pada saat memimpin suatu kelompok Paduan Suara. Fungsi tangan kiri dalam mengaba adalah ....
a. mengukur tinggi rendah nada
b. mengatur tempo
c. mengatur dinamik
d. menghitung birama

Kunci Jawaban: c

8. Sebagai seorang pengaba kemampuan yang harus dimiliki secara musikal dan non musikal. Yang termasuk kemampuan non musikal adalah .... 
a. kewibawaan
b. percaya diri
c. memimpin
d. semua benar

Kunci Jawaban: d

9. Pada dasarnya hanya ada dua gerak pukulan penting aba-aba yaitu pukulan gerak naik dan gerak turun. Mengaba dengan gerakan naik disebut ….
a. thesis
b. arsis
c. morendo
d. calando

Kunci Jawaban: a

10. Aba-aba dengan pukulan yang sifatnya tegas, biasanya nada (not) yang ditulis dalam partitur lagu menggunakan tanda musik ....
a. legato
b. staccato
c. dolce
d. dolorosa

Kunci Jawaban: b

11. Sebelum tahap menyanyikan lagu, perlu dilakukan pemanasan yang berguna untuk ....
a. melonggarkan pernafasan
b. membuat badan lebih lentur
c. pelemasan perenggangan otot-otot bagian atas tubuh manusia (kepala)
d. dapat mencapai nada tinggi

Kunci Jawaban: c

12. Jika kita menyanyikan lagu Indonesia Raya, nada awalnya adalah .... 
a. do
b. mi
c. sol
d. do

Kunci Jawaban: b

13. Solmisasi digunakan untuk mempelajari melodi pada sebuah lagu. Pada saat menggunakan isyarat tangan Kodaly untuk nada sol adalah .... 
Kunci Jawaban: c

14. Lagu ini mempunyai lirik yang membakar semangat, sering dinyanyikan pada saat hari Kemerdekaan Indonesia. Syair lagu antara lain sebagai berikut:
Tangan bajumu singsingkan untuk negara
Masa yang akan datang kewajibanmu lah
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa... 

Judul lagu ini adalah.... 
a. Garuda Pancasila
b. Hari Merdeka
c. Bangun Pemudi Pemuda
d. Halo-Halo Bandung

Kunci Jawaban: c

15. Perhatikan gambar-gambar di bawah ini.
Isyarat tangan Kodaly mengindikasikan pada sol mi sa si adalah .... 
a. mi fa la mi
b. do mi la do’
c. sol fa mi sol
d. do re ti do

Kunci Jawaban: d

16. Sebuah kelompok Paduan Suara sebaiknya mementingkan kerjasama untuk dapat mewujudkan... yang sesuai.
a. jumlah anggota 
b. harmonisasi
c. keinginan dirigen
d. kostum

Kunci Jawaban: b

17. Lagu dari daerah yang menunjukkan kehidupan masyarakat di daerah pesisir sebuah pulau di Propinsi Jawa Timur berjudul ....
a. Tanduk Majeng 
b. Rek Ayo Rek
c. Tanjung Perak
d. Jembatan Merah

Kunci Jawaban: a

18. Lagu Anging Mammiri berasal dari daerah Sulawesi Selatan mengisahkan tentang .....
a. kerinduan akan kampung halaman 
b. kesedihan ditinggal kekasih
c. perjuangan seorang ibu
d. kisah kepahlawanan

Kunci Jawaban: a

19. Untuk berlatih cara pemenggalan kalimat lagu disebut …
a. phrasering
b. intonasi
c. resonansi
d. artikulasi

Kunci Jawaban: a

20. Penggunaan nada-nada tinggi membutuhkan teknik vokal dengan menggunakan ....
a. suara kepala
b. suara dada
c. getaran suara
d. gerakan tubuh sambil berlompat

Kunci Jawaban: a

B. Soal Essay Seni Musik Kelas 7 Kurikulum Merdeka Unit 3 Bernyanyi Bersama

Jawabalah soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat! 

1. Jelaskan pengertian paduan suara! 

Jawaban:
Defenisi Paduan Suara
Istilah Choral/Paduan Suara (Koor dalam bahasa Belanda/Choros yang dalam bahasa Yunani dan Choir dalam Bahasa Inggris) merupakan sebuah ansambel musik penyanyi yang terdiri dari sekelompok penyanyi saja atau sekelompok penyanyi dan pemain musik, dimana keduanya berkolaborasi membawakan lagu-lagu yaitu gabungan sejumlah penyanyi yang mengkombinasikan berbagai jenis suara dalam suatu kesatuan yang harmoni.

Paduan Suara dapat pula bernyanyi secara acaplella yaitu bernyanyi tanpa iringan instrumen dan dapat pula dengan iringan instrumen dengan ansambel kecil atau dengan orkestra lengkap yang terdiri dari 70 hingga 100 musisi.

2. Sebutkan dan jelaskan bentuk-bentuk Paduan Suara! 

Jawaban:
Bentuk-bentuk Paduan Suara
Secara umum, bentuk paduan suara dapat dibagi berdasarkan suara yang terdapat di dalam paduan suara tersebut. Dengan demikian bentuk paduan suara yang ada sebagai berikut:
1. Paduan suara unisono, yaitu paduan suara yang menggunakan 1 suara saja
2. Paduan suara 2 suara, yaitu paduan suara yang menggunakan 2 suara yang sejenis, seperti:
• Suara sejenis anak-anak (Sopran 1 & Sopran 2)
• Suara sejenis Wanita (Sopran & Alto)
• Suara sejenis Pria (Tenor & Bass)
3. Paduan suara 3 suara, yaitu paduan suara yang menggunakan 3 suara baik sejenis maupun campuran
• Paduan suara sejenis wanita dengan menggunakan suara Sopran 1, Sopran 2, dan Alto.
• Paduan sejenis pria dengan suara Tenor 1, Tenor 2, Bass.
• Paduan suara campuran, contoh: Sopran, Alto & Bass
4. Paduan suara Campuran, yaitu paduan suara yang mengguanakan suara campuran pria dan wanita, dengan suara Sopran, Alto, Tenor, Bass.

3. Apa yang dimaksud dengan blending pada paduan suara?

Jawaban:
Proses memadukan 2 suara atau lebih sehingga menjadi harmonis

4. Sebutkan dan jelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai seorang pengaba! 

Jawaban:
Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebagai Seorang Pengaba:
1) Postur
Postur seorang pengaba sama pentingnya dengan postur seorang penyanyi. Tidak kaku, juga tidak boleh terlalu lemah.
Lengan adalah bagian tubuh yang paling diperhatikan. Postur tubuh harus sedemikian rupa sehingga lengan dapat beroperasi dengan bebas dan alami. Seberapa tinggi posisi lengan? Jawabannya, “cukup tinggi untuk dilihat dengan jelas oleh pemain ansambel dan cukup rendah untuk merasa nyaman. Daerah pergerakan lengan biasanya harus tepat di bawah tinggi bahu. Hanya dalam kasus ekstrim, ketukan harus berada di bawah pinggang. Sangat sedikit ketukan akan naik di atas kepala, kecuali bahwa bagian atas dari ketukan terakhir suatu hitungan hampir di atas kepala. Besar kecilnya ketukan akan ditentukan oleh gaya dan tempo setiap karya musik.
2) Memberi Aba-aba
Setelah menguasai sikap berdiri maka seorang pengaba mulai memberi aba-aba dengan kedua tangannya. Aba-aba ini dipersiapkan sesuai dengan lagu yang akan dibawakan, yaitu mempunyai tanda birama berapa, tempo yang akan dinyanyikan seberapa cepat, dinamik dan sebagainya. Untuk itu sebelum aba-aba dilakukan atau sebelum melakukan insetting (attack) ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, adalah:
a) Konsentrasi
Seorang pengaba harus berkonsentrasi terlebih dahulu sebelum memberi aba-aba.
Pengaba harus percaya diri, bahwa ia adalah seorang yang memegang kekuasaan tertinggi, yang mampu memberi perintah pada orang yang dipimpinnya, selain itu seorang pengaba harus mampu menarik perhatian penonton yang ada di sekitarnya.
b) Sikap Siap
Dalam sikap ini kedua lengan diangkat ke depan dada, membentuk siku-siku dan searah, sedangkan jari tangan membentuk tanda ekspresi komposisi lagu yang akan dimainkan. Ketinggian tangan dapat diperkirakan setinggi menurut tinggi rendahnya pengaba berdiri. Perbedaan ekspresi suatu komposisi yang akan dimainkan harus dijelaskan nyata dengan bentuk posisi kedua lengan dan bentuk jari-jari tangan, bentuk jari harus dibuat sedemikian rupa dengan jelas, jangan sampai berlebihan yang akhirnya dapat membingungkan para pemain.

3) Gerakan Pendahuluan
Gerakan pendahuluan berupa aba-aba yang dilakukan setelah sikap siap, biasanya dalam hitungan detik, yang diperhitungkan sendiri oleh pengaba. Kemudian pada saat yang tepat seorang pengaba harus berkonsentrasi terlebih dahulu sebelum memberi aba-aba. langsung memberi aba-aba pendahuluan, jangan sampai konsentrasi pemain menjadi kendor

4) Pengendalian Musik
Seorang pengaba tidak boleh terganggu atau terpengaruh sehingga mengikuti kehendak pemain, tetapi justru pemain itulah yang harus mengikuti kehendak pengaba. Pada posisi seperti ini seorang pengaba dituntut dapat mengendalikan berlangsungnya permainan dengan tepat, ketukan birama, pengendalian ritme, gerakan tangan yang jelas, gerakan kepala dan mata yang dapat dimengerti oleh para pemainnya.

b. Latihan Isyarat Pola Birama
Pada dasarnya hanya ada dua gerak pukulan penting pengaba yaitu pukulan gerak naik dan gerak turun, yang kemudian dipahami sebagai gerak pukulan berat atau turun disebut thesis dan gerak pukulan ringan naik disebut arsis. Dari dua gerak utama tersebut dikembangkan menjadi pukulan terberat yang selalu dilukiskan gerakan ke bawah diikuti gerakan ringan bagian pertama, terus gerakan berat kedua, ketiga, dan seterusnya.
1) Latihan Mengaba dengan Gerakan Tegas
2) Latihan Mengaba dengan Gerakan Lembut

5. Paduan suara membutuhkan perpaduan dan kekompakan suara dari seluruh anggotanya. Jika seorang dari anggota tidak menyesuaikan dirinya dengan tidak tepat nada atau menonjol, apakah tindakanmu?

Jawaban:
Sebagai teman sesama anggota seyogyanya menolong dengan membimbing/memberitahukan nada yang sesuai tanpa mengejek dan menghina. Apabila cara tersebut sulit dilakukan dapat memberitahukan kepada pelatih/guru.

6. Apakah fungsi seorang pengaba?

Jawaban:
Fungsi Pengaba adalah memimpin sebuah kelompok musik dengan isyarat tangan, mengatur tempo dan dinamik. Pengaba adalah seseorang yang berdiri di depan sejumlah pelaku musik, memimpin dan mengarahkan pertunjukan musik, pada tempat dan waktu tertentu dengan sebaik-baiknya.

Latihan Soal Soal Seni Musik Kelas 7 Kurikulum Merdeka Unit 3 Bernyanyi Bersama

1. Jelaskan seberapa Anda mengetahui tentang warna suara dalam kelompok Paduan Suara?

2. Apa yang dimaksud dengan blending pada paduan suara?

3. Paduan suara pada umumnya memerlukan dirigen/pengaba. Seandainya kamu ditunjuk menjadi Dirigen, apa yang harus kamu persiapkan?

4. Syarat pertama yang dituntut dari seorang pengaba adalah harus mempunyai pendengaran yang baik. Menurutmu apa yang dimaksud dengan pendengaran yang baik!

5. Bagaimana menurutmu belajar dengan isyarat tangan (Kodaly)?

6. Jelaskan peranan dari seorang kondakter/dirigen!

7. Bagaimana menurutmu ketika teman Anda bernyanyi tidak sesuai dengan intonasi yang benar?

8. Jelaskan mengapa untuk memulai kegiatan Paduan Suara memerlukan pemanasan (vokalisi)?

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Seni Musik Kelas 7 Kurikulum Merdeka Unit 3 Bernyanyi Bersama Lengkap dengan Kunci Jawabannya. Semoga bermanfaat. Membantu memudahkan seluruh rakyat Indonesia terutama generasi penerus bangsa Indonesia dalam belajar di mana saja dan kapan saja. Pendidikan adalah hak semua anak bangsa. Semangat belajar. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap Soal Seni Musik kelas VII SMP/MTs Kurikulum Merdeka beserta kunci jawaban dan pembahasannya, silakan buka link atau tautan di bawah ini:
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga