Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Esai Seni Musik Kelas 9 Kurikulum Merdeka Unit 1 Bernyanyi dan Membuat Kreasi Sederhana ~ sekolahmuonline.com

Soal Esai Seni Musik Kelas 9 Kurikulum Merdeka Unit 1 Bernyanyi dan Membuat Kreasi Sederhana ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal esai (essay) atau uraian mata pelajaran Seni Musik Kelas IX SMP/MTs Kurikulum Merdeka. Pada postingan kali ini Sekolahmuonline sajikan soal-soal esai Seni Musik Kelas 9 Bab 1 atau Unit 1 tentang Bernyanyi dan Membuat Kreasi Sederhana lengkap dengan kunci jawaban atau pembahasannya. 
Soal Esai Seni Musik Kelas IX Kurikulum Merdeka Unit 1 Bernyanyi dan Membuat Kreasi Sederhana
Soal Esai Seni Musik Kelas IX SMP/MTs Kurikulum Merdeka Unit 1 Bernyanyi dan Membuat Kreasi Sederhana

Seni Musik kelas IX SMP/MTs Kurikulum Merdeka terdiri dari enam bab atau enam Unit, yaitu:
  • Unit 1 Bernyanyi dan Membuat Kreasi Sederhana
  • Unit 2 Menganalisis Lagu
  • Unit 3 Penyajian Musik
  • Unit 4 Dokumentasi Musik
  • Unit 5 Membuat Lagu
  • Unit 6 Apresiasi Musik

Contoh Soal Essay Seni Musik Kelas IX Kurikulum Merdeka Unit 1 Bernyanyi dan Membuat Kreasi Sederhana

Seni Musik kelas IX SMP/MTs Unit 1 Bernyanyi dan Membuat Kreasi Sederhana terdiri dua kegiatan pembelajaran, yaitu:
• Kegiatan Pembelajaran I Pendalaman Teknik Bernyanyi
• Kegiatan Pembelajaran II Kreasi Sederhana untuk Vokal

Nah, berikut ini soal esai dan kunci jawabannya materi pelajaran Seni Musik kelas IX Kurikulum Merdeka Unit 1 Bernyanyi dan Membuat Kreasi Sederhana. Selamat membaca dan mempelajari, jangan lupa bagikan kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang ada di bawah postingan ini.

Jawabalah soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat! 

1. Jelaskan pengertian teknik pernapasan diafragma! 

Jawaban:
Teknik pernapasan diafragma adalah cara bernapas dengan memaksimalkan kerja otot diafragma dan rongga di dalamnya sebagai ruang tampung udara.

Teknik pernapasan diafragma merupakan teknik bernapas yang relatif paling efektif digunakan saat bernyanyi.

2. Efektivitas teknik pernapasan diafragma tergantung beberapa hal. Sebutkan dan jelaskan! 

Jawaban:
Adapun efektivitas pernafasan diafragma bergantung erat pada beberapa hal berikut.
a. Postur Tubuh
b. Gaya Otot

Penjelasannya:
a. Postur Tubuh
Postur tubuh menjadi salah satu aspek yang memiliki pengaruh besar terhadap kemampuan kerja diafragma. Ketika seseorang berdiri atau duduk dengan posisi membungkuk dan melipat perut, ada kemungkinan area diafragma terhimpit otot-otot di sekitarnya sehingga rongga diafragma tidak dapat bekerja dengan maksimal. Itulah mengapa, posisi yang disarankan ketika seseorang bernyanyi adalah berdiri tegak dengan rileks dan memastikan tidak ada tekanan berlebihan pada area torso terutama di sekitar perut dan diafragma.

Kita dapat mengamati perbedaan postur tubuh pada posisi tegak dan posisi membungkuk.

Postur pada posisi tegak dengan bidang dada yang terbuka tetapi tetap rileks memberi lebih banyak ruang untuk udara baik di area rongga dada, rongga perut, maupun diafragma. Oleh karena perut dan diafragma tidak tertekan, keduanya juga menjadi lebih fleksibel serta dapat bergerak dengan lebih baik dalam proses pernapasan.

Postur pada posisi membungkuk cenderung menyempitkan rongga diafragma dan menekan otot perut. Akibatnya, otot perut dan diafragma menjadi kurang fleksibel sehingga proses pernapasan menjadi terhambat.

b. Gaya Otot
Gaya otot dalam teknik pernapasan adalah dorongan atau tarikan yang dibuat oleh otot untuk memaksimalkan dan mengontrol rongga-rongga resonator. Bernyanyi bukan hanya kerja pita suara dan rongga-rongga resonator, tetapi juga kerja otot tubuh yang berperan untuk memaksimalkan seluruh mekanisme napas dalam bernyanyi. Latihan otot di area perut dan diafragma sangat penting untuk membantu penyanyi dalam mengontrol napas agar lebih stabil. Pada tingkatan lebih lanjut, latihan otot dapat memengaruhi kualitas resonansi, warna suara, stabilitas intonasi, dan power. Selain itu, penggunaan gaya otot yang tepat dapat menghindarkan penyanyi dari cedera pita suara akibat pemberian tekanan berlebih yang salah di area tenggorokan.

Otot perut dapat digunakan sebagai gaya yang mengontrol stabilitas napas dalam bernyanyi. Penggunaan otot perut saat mendorong dan mengontrol napas kerap disebut sebagai support dalam dunia olah vokal. Penjelasan komprehensif mengenai definisi support memiliki beragam pengertian di kalangan ahli vokal. Namun, Salomoni (2016) memberikan pengertian sederhana bahwa support adalah aktivasi otot di area abdomen yang meningkatkan tekanan perut dan kapasitas rongga dada untuk mengontrol napas serta menjaga kualitas bunyi.

3. Selain bernapas dengan baik, sebutkan dan jelaskan beberapa miskonsepsi atau kesalahpahaman tentang napas yang perlu dipahami dan dihindari oleh penyanyi! 

Jawaban:
Selain bernapas dengan baik dan benar, penyanyi perlu memahami dan menghindari beberapa miskonsepsi atau kesalahpahaman tentang napas yang justru akan mengganggu pengembangan teknik vokal yang tengah dipelajari. Beberapa miskonsepsi tersebut antara lain:
a. Menghirup napas sebanyak-banyaknya sebelum bernyanyi agar bisa membunyikan frasa yang panjang.
Ungkapan “sebanyak-banyaknya” dapat bersifat ambigu. Menggunakan kapasitas rongga tubuh untuk menampung udara di level maksimal justru akan menimbulkan rasa nyeri pada beberapa area dan mempersulit penyanyi untuk mengontrol napas.
b. Menahan napas saat bernyanyi untuk menjaga napas agak tidak cepat habis.
Saat bernyanyi, napas harus terus mengalir karena udara adalah sumber utama getaran pita suara. Selain itu, untuk dapat melakukan proses resonansi bunyi, dibutuhkan udara yang bergetar di ruang resonansi.
Menahan napas tidak membantu penyanyi untuk meningkatkan durasi nada panjang, tetapi justru akan membuat penyanyi tidak rileks dan menghasilkan bunyi yang tidak natural.

4. Kita sering mendengar bahwa vokal yang baik adalah vokal suaranya bulat. Apa maksud dari pernyataan itu? Apa pengertian “bulat” yang sering disebut sebagai standar suara yang baik? Sering juga kita dengar ungkapan bahwa bernyanyi harus membuka mulut paling tidak dengan lebar sekian jari agar suaranya lantang. Apakah benar demikian?

Jawaban:
Warna suara yang baik bersifat relatif terhadap jenis musik yang dinyanyikan. Di musik dangdut misalnya, suara yang cenderung melengking dan mengarah ke rongga hidung dapat dikatakan indah dan baik. Namun, saat bernyanyi di paduan suara atau bernyanyi lagu klasik, karakter seperti itu dianggap kurang sesuai. Begitu pula ketika menyanyikan lagu rock, suara yang sedikit serak justru terkesan menarik. Sementara itu, menyanyikan lagu pop juga membutuhkan warna suara yang berbeda bergantung pada gaya lagu pop yang dibawakan. Artinya, penggunaan istilah “suara bulat” menjadi kurang relevan untuk menggambarkan pembentukan suara yang baik. Mengacu pada pentingnya rongga resonansi dalam membentuk warna suara, suara yang baik adalah suara yang resonans (resonance) yakni suara yang melibatkan aktivasi rongga-rongga resonansi pada takaran yang sesuai. Oleh karena itu, latihan dasar teknik vokal perlu mengedepankan aktivasi rongga-rongga resonansi agar penyanyi dapat merasakan sensasi dalam menghasilkan bunyi dengan resonansi yang berbeda-beda. Tentu saja tujuan akhirnya adalah untuk mendapatkan warna vokal yang baik, tetapi takaran baik dalam konteks ini bersifat sangat relatif terhadap jenis musik yang dibawakan. 

Organ di saluran vokal berperan dalam menentukan produksi huruf vokal; seperti posisi lidah harus dimajukan lebih tinggi dalam produksi vokal /i/, atau dimundurkan dan rendah dalam produksi /a/, bibir harus mengerucut saat memproduksi huruf /u/, dan sebagainya. Namun, dalam konteks bentukan vokal secara umum, Story (2016) menjelaskan bahwa bentuk saluran vokal secara keseluruhan adalah aspek penting yang memengaruhi kualitas vokal yang dihasilkan. Artinya, untuk membentuk warna suara yang baik, diperlukan modifikasi dan kontrol terhadap berbagai organ yang ada di dalam rongga mulut secara bersamaan dan tidak hanya ditentukan dari lebar bukaan mulut atau bentuk bibir depan saja.

5. Sebutkan dan jelaskan aspek-aspek nonteknis yang turut memengaruhi keberhasilan seorang penyanyi! 

Jawaban:
Selain aspek teknis yang berhubungan erat dengan keterampilan bernyanyi, terdapat pula aspek-aspek nonteknis yang turut memengaruhi keberhasilan seorang penyanyi. Aspek-aspek nonteknis tersebut adalah sebagai berikut.
a. Ketenangan
b. Konsentrasi
c. Memiliki Semangat dan Disiplin

Penjelasan:
a. Ketenangan
Kondisi tenang dan rileks adalah salah satu kunci utama seorang penyanyi dapat tampil dengan baik. Meski penyanyi telah berlatih dengan keras dan menguasai berbagai teknik, ia bisa melakukan kesalahan tak terduga hanya karena merasa tegang. Di dunia pertunjukan, ketegangan tersebut dikenal dengan istilah demam panggung. Dalam disiplin psikologi, demam panggung dikategorikan sebagai gejala kecemasan (anxiety). Demam panggung wajar terjadi ketika seseorang harus menampilkan sesuatu di hadapan banyak orang. Bentuk demam panggung bisa bermacam-macam seperti gugup, tegang, hingga mengeluarkan keringat dingin. Bahkan, demam panggung dapat memunculkan pikiran-pikiran negatif seperti merasa akan melakukan kesalahan, membayangkan gagal di atas panggung, dan sebagainya.

Demam panggung berkaitan erat dengan kondisi psikologis seseorang. Dalam kondisi seperti ini, seluruh hal yang telah dipersiapkan bisa hilang begitu saja. Oleh sebab itu, menjaga ketenangan sebelum bernyanyi di hadapan orang lain menjadi penting. Dengan bersikap tenang, seorang penyanyi bisa menekan dorongan untuk merasa cemas. Ketenangan juga dapat membantu penyanyi menstabilkan kondisi fisik seperti kecepatan napas dan tekanan darah sehingga meminimalisasi kemungkinan untuk merasa gelisah, gugup, dan berkeringat dingin. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan ketenangan sebelum pertunjukan adalah dengan menarik napas dalam kemudian mengembuskannya perlahan beberapa kali sambil memunculkan pikiran-pikiran positif.

b. Konsentrasi
Setelah seorang penyanyi dapat menenangkan diri dan terhindar dari kecemasan, penyanyi perlu melatih konsentrasi. Memiliki konsentrasi dapat membantu penyanyi untuk fokus dan mengingat-ingat segala hal yang telah dilatih dengan baik. Konsentrasi juga membantu penyanyi untuk mengingat bagian lagu atau aransemen. Selain itu, konsentrasi dapat membantu penyanyi untuk menembak nada-nada sulit dalam sebuah lagu.

c. Memiliki Semangat dan Disiplin
Aspek penting berikutnya bagi seseorang penyanyi yaitu memiliki semangat dan disiplin. Semangat dan disiplin dalam berlatih adalah salah satu kunci penting untuk menjadi seorang penyanyi dan musisi profesional. Kita sering mendengar tentang seorang anak yang memiliki bakat bermusik sejak lahir. Namun, berbagai penelitian menunjukkan bahwa bakat yang tidak diasah dengan baik tidak akan berkembang. Berlatih secara konsisten adalah salah satu cara untuk mengasah bakat yang dimiliki. Untuk memiliki konsistensi latihan, seseorang perlu memiliki semangat dalam dirinya. Selain itu, kedisiplinan membantu seseorang untuk terus memiliki kemajuan yang baik dalam latihan.

6. Jelaskan apa yang dimaksud break register! 

Jawaban:
Break register adalah wilayah peralihan antara nada yang dapat dicapai oleh suara dada dan suara kepala.

Penyanyi yang belum terlatih cenderung membunyikan kedua register ini dengan warna yang jauh berbeda sehingga peralihan suara terdengar kasar dan tidak indah. Pada peralihan tersebut, mixed voice atau register campuranlah yang berperan penting.

Pada dasarnya, register campuran atau mixed voice adalah teknik bernyanyi menggunakan gabungan antara suara asli dan suara kepala. Penggunaan teknik tersebut secara benar dapat mengurangi kesan perpindahan yang tidak halus antarregister, memperindah pembawaan sebuah lagu, dan melatih penyanyi untuk menjangkau nada tinggi dengan lebih baik.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Esai Seni Musik Kelas 9 Kurikulum Merdeka Unit 1 Bernyanyi dan Membuat Kreasi Sederhana Lengkap dengan Kunci Jawaban atau Pembahasannya. Semoga bermanfaat. Membantu memudahkan seluruh rakyat Indonesia terutama generasi penerus bangsa Indonesia dalam belajar di mana saja dan kapan saja. Pendidikan adalah hak semua anak bangsa. Semangat belajar. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap Soal Seni Musik kelas IX SMP/MTs Kurikulum Merdeka beserta kunci jawaban dan pembahasannya, silakan buka link atau tautan di bawah ini:
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Soal Esai Seni Musik Kelas 9 Kurikulum Merdeka Unit 1 Bernyanyi dan Membuat Kreasi Sederhana ~ sekolahmuonline.com"

close