Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan dan Jelaskan Karakteristik Kualitas Pelayanan Prima! ~ sekolahmuonline.com

Sebutkan dan Jelaskan Karakteristik Kualitas Pelayanan Prima! ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal yang membahas tentang Karakteristik Kualitas Pelayanan Prima. Pembahasan ini merupakan bagian dari materi yang ada pada pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis untuk SMK/MAK Kelas X Semester 1 Bab IV Teknik Dasar Layanan Bisnis di Bidang Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis khususnya pembahasan tentang Memberikan Bantuan Layanan Pelanggan.

Pada postingan sebelumnya, Sekolahmuonline telah menyajikan contoh soal yang membahas tentang Pengertian Pelayanan Prima dan Standar Kualitas Pelayanan Prima, Tujuan Pelayanan Prima, dan Standar Pelayanan Prima. Bagi yang belum membacanya, silakan buka postingan Sekolahmuonline yang membahas tentang:

Karakteristik Kualitas Pelayanan Prima

Dari awal mempelajari Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis sering Anda baca/temukaan/dengar istilah pelanggan atau kolega. Pelanggan merupakan alasan dari keberadaan kita sebagai pegawai atau karyawan dalam bekerja. Untuk itu kepuasan pelanggan merupakan tujuan utama dalam pelayanan yang diberikan.

Dalam bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis, pelanggan dapat diartikan sebagai tamu, konsumen, relasi yang datang ke kantor atau tempat kerja kita. Dengan demikian, pelanggan merupakan faktor penting dalam maju tidaknya sebuah usaha atau organisasi.

Istilah lain dari pelanggan adalah kolega, merupakan pelanggan internal atau teman sekerja atau teman dalam satu kantor dan teman yang merupakan relasi organisasi. Hal ini merupakan hal terpenting juga dalam membentuk kerjasama untuk mewujudkan kepuasan pelanggan. Secara langsung kolega juga merupakan pelanggan untuk itu pemberian pelayanannya juga tidak boleh ada perbedaan. 

Dalam layanan pelanggan menggunakan sistem online, juga selalu dilakukan pengukuran terhadap kepuasan pelanggan. Contohnya pada saat melakukan transaksi melalui online setelah layanan diberikan, pelanggan akan memberikan tanda bintang bagi pemberi layanan tersebut. 

Pengukuran kepuasan pelanggan merupakan faktor penting dalam pengambilan keputusan untuk melakukan perubahan atau perbaikan dari proses layanan yang diberikan. Untuk itu bagaimana cara memberikan pelayan terbaik untuk pelanggan?

Karakteristik kualitas pelayanan prima diantaranya sebagai berikut ini:

1. Penampilan

Penampilan dalam layanan pelanggan merupakan hal yang sangat penting. Penampilan prima seseorang akan menumbuhkan rasa percaya diri dan pada akhirnya akan memberikan dampak positif dalam memberikan layanan. Penampilan yang menarik, tubuh yang porposional, bahasa dan cara berbicara yang baik akan memberikan keyakinan pelanggan dalam penyediaan layanan.

2. Kesopanan dan Keramahan

Sikap sopan, sabar, dan tidak mementingkan diri sendiri dalam pelayanan sangat diperlukan oleh karena komunitas pengguna layanan berasal dari berbagai bidang, baik di tingkat ekonomi yang berbeda dan di berbagai tingkat status sosial.

3. Kesediaan Melayani

Karyawan harus profesional atau benar-benar melayani pelanggan mereka karena tugas mereka harus selalu siap melayani pelanggan yang benar-benar membutuhkannya.

4. Pengetahuan dan Keahlian

Untuk melayani dengan baik, karyawan harus memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang yang mereka kerjakan. Misalnya, perwakilan layanan yang memiliki tingkat pendidikan atau pelatihan tertentu, itulah sebabnya posisinya juga harus sesuai dengan pengalamannya.

5. Tepat Waktu dan Janji

Dalam hal layanan, karyawan harus menjaga waktu dan janji ketika melakukan tugas mereka. Misalnya, jika karyawan mengadakan pertemuan dengan pelanggan dalam jangka waktu tiga hari, maka karyawan tersebut harus membuat janji dan menepatinya sesuai dengan kesepakatan dengan pelanggan.

6. Kejujuran dan Kepercayaan

Saat memberikan layanan, karyawan harus jujur dalam semua aspek, meliputi (1) jujur dalam bentuk aturan; (2) jujur dalam bentuk pembiayaan; dan (3) jujur dalam menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Jika karyawan jujur, manajer layanan dapat mengandalkan beberapa hal, termasuk dalam hal perkataan, sikap, pekerjaan dan lain-lain.

7. Efisien

Layanan kepada pelanggan harus efisien karena pelanggan menginginkan pelayanan yang cepat dengan biaya rendah. Dengan demikian diharapkan hasil layanan yang diberikan berkualitas dengan efisiensi tinggi. Oleh karena itu, efisiensi adalah hal yang harus dicapai dan menjadi perhatian serius dalam penyediaan layanan.

8. Kepastian hukum

Jika hasil layanan yang diberikan kepada pelanggan dalam bentuk keputusan, maka kepastian hukum harus diberikan. Apabila tidak ada kepastian hukum yang jelas, hal itu akan mempengaruhi sikap masyarakat, misalnya dalam layanan manajemen sekuritas. Jika terdapat ketidakpastian hukum, hal itu akan mempengaruhi kredibilitas perusahaan atau layanan.

9. Keterbukaan

Setiap perusahaan atau bisnis yang berurusan dengan izin harus terbuka. Sikap terbuka ini mempengaruhi kejelasan informasi untuk publik atau pelanggan.

10. Biaya

Pendanaan yang memadai harus ditetapkan di perusahaan. Oleh karena itu, daya beli masyarakat harus masuk akal, transparan, dan sesuai.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan pembahasan tentang Karakteristik Kualitas Pelayanan Prima. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Sebutkan dan Jelaskan Karakteristik Kualitas Pelayanan Prima! ~ sekolahmuonline.com"

close