Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Pengertian Pelayanan Prima! Seperti Apa Standar Kualitas Pelayanan Prima? ~ sekolahmuonline.com

Jelaskan Pengertian Pelayanan Prima! Seperti Apa Standar Kualitas Pelayanan Prima? ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal yang membahas tentang Pengertian Pelayanan Prima dan Standar Kualitas Pelayanan Prima. Pembahasan ini merupakan bagian dari materi yang ada pada pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis untuk SMK/MAK Kelas X Semester 1 khususnya Bab IV Teknik Dasar Layanan Bisnis di Bidang Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis.
Pengertian Pelayanan Prima dan Standar Kualitas Pelayanan Prima
Pengertian Pelayanan Prima dan Standar Kualitas Pelayanan Prima

Peningkatan kualitas pelayanan dalam sebuah perusahaan maupun organisasi kepada pelanggan dan masyarakat merupakan manfaat dari pelayanan prima. Upaya peningkatan tersebut dapat digunakan sebagai acuan dalam pengembangan penyusunan standar pelayanan.

Standar pelayanan yang dimaksud merupakan tolak ukur atau patokan yang digunakan dalam memberikan pelayanan. Sebagai tolok ukur maka standar pelayanan menjadi acuan untuk menilai kualitas suatu pelayanan. Capaian pelayanan dikatakan sempurna atau prima apabila pelanggan merasa puas dan sesuai yang diharapkan.

Pengertian Pelayanan Prima dan Standar Kualitas Pelayanan Prima

Pelayanan Prima itu apa? Standar Kualitas Pelayanan Prima itu seperti apa? Jawabannya akan Anda temukan pada uraian di bawah ini.

Pengertian Pelayanan Prima

Zaenal dan Laksana (2018) memberikan istilah pelayanan prima dengan excellent service yang berarti pelayanan terbaik atau sangat baik. Baik, kurang baik, atau sangat baik berarti dalam pelayanan prima memiliki standar layanan yang berlaku dalam setiap organisasi.

Pengertian pelayanan prima menurut Suwithi (2017) adalah pelayanan yang terbaik yang diberikan kepada pelanggan, baik pelanggan internal maupun eksternal berdasarkan standar dan proses pelayanan.

Sedangkan pendapat lain tentang pelayanan prima seperti yang diungkapkan oleh Barata (2014) terhadap pelaku bisnis adalah:

a. Layanan prima adalah membuat pelanggan merasa penting.
b. Layanan prima adalah melayani pelanggan dengan ramah, tamah dan cepat.
c. Layanan prima adalah pelayanan yang mengutamakan kepuasan pelanggan.
d. Layanan prima adalah menempatkan pelanggan sebagai mitranya.
e. Layanan prima adalah pelayanan optimal yang menghasilkan kepuasan pelanggan.
f. Layanan prima adalah kepedulian kepada pelanggan untuk memberikan rasa puas.
g. Layanan prima adalah upaya layanan terpadu untuk kepuasan pelanggan.

Standar Kualitas Pelayanan Prima

Gaspersz (2001), seorang ahli teknik sistem dan manajemen industri memberikan beberapa dimensi dalam standar kualitas pelayanan prima adalah:

a. Kecepatan waktu pelayanan.
b. Akurasi/ketepatan pelayanan.
c. Kesopanan dan keramahan pelaku usaha.
d. Tanggung jawab menangani komplain pelanggan.
e. Jumlah petugas yang melayani dan fasilitas pendukung lainnya.
f. Kualitas pelayanan yang berkaitan dengan lokasi pelayanan, ruangan, tempat parkir, ketersediaan informasi, dan petunjuk/panduan lainnya.
g. Kualitas pelayanan berhubungan dengan kondisi lingkungan, kebersihan, ruang tunggu, fasilitas musik, pendingin udara, alat komunikasi, dan fasilitas lainnya.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian pelayanan prima atau excellent service adalah pelayanan yang diberikan sesuai standar kualitas terbaik untuk tujuan mencapai kepuasan pelanggan. 

Standar dari pelayanan prima merujuk pada kualitas yang diberikan kepada pelanggan. Kualitas dalam pelayanan prima diwujudkan dalam setiap tindakan untuk memenuhi kepuasan pelanggan.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan pembahasan tentang Pengertian Pelayanan Prima dan Standar Kualitas Pelayanan Prima. Semoga bermanfaat. Menambah wawasan siapa saja yang membaca postingan Sekolahmuonline ini, khususnya yang sedang mempelajari Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis di kelas X SMK/MAK Bab IV Teknik Dasar Layanan Bisnis di Bidang Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Pengertian Pelayanan Prima! Seperti Apa Standar Kualitas Pelayanan Prima? ~ sekolahmuonline.com"

close