Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Letak Geologis! Jelaskan seperti apa letak Indonesia secara geologis! ~ sekolahmuonline.com

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Letak Geologis! Jelaskan seperti apa letak Indonesia secara geologis! ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan soal Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang membahas tentang letak geologis. Pembahasan ini secara singkat menerangkan tentang Pengertian Letak Geologis dan Letak Indonesia Secara Geologis.
Pengertian Letak Geologis dan Letak Indonesia Secara Geologis
Pengertian Letak Geologis dan Letak Indonesia Secara Geologis

Pengertian Letak Geologis dan Letak Indonesia Secara Geologis

Apa itu letak geologis? Seperti apa letak Indonesia secara geologis? Jawabannya akan Anda temukan pada postingan Sekolahmuonline ini.

Apakah di sekitar tempat tinggalmu terdapat gunung api? Apakah dari tempat tinggalmu dapat melihat gunung api? Dari mana kamu dapat melihat gunung api? Perlu waktu berapa lama kamu dapat melihat gunung api?

Sebagian besar wilayah di Indonesia memiliki gunung api, kecuali daerah tertentu yang tidak ada gunung berapi seperti Kalimantan. Orang-orang Indonesia relatif mudah untuk melihat gunung api. Keberadaan gunung api ini sangat berhubungan dengan letak geologis Indonesia.

Kondisi geografi Indonesia berada di atas tiga tumbukan lempeng benua, diantaranya Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik. Pulau Kalimantan berada jauh dari batas lempeng bumi yang menyebabkan tidak adanya gunung api di wilayah Kalimantan.

Pengertian Letak Geologis

Letak geologis adalah posisi suatu wilayah yang didasarkan pada struktur geologi atau susunan batuan di sekitarnya.

Letak Indonesia Secara Geologis

Secara geologis, Indonesia dilalui dua jalur pegunungan dunia yaitu pegunungan Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Letak tersebut menyebabkan Indonesia memiliki banyak gunung api aktif. Jalur pegunungan di Indonesia membentang dari ujung utara Sumatra memanjang melalui pantai barat Sumatra, melewati Pulau Jawa, Nusa Tenggara, Banda, Sulawesi, dan Halmahera. Jumlah gunung aktif di Indonesia sebanyak 127 gunung api.

Aktivitas vulkanik yang intens di Indonesia terjadi karena pertemuan tiga lempeng dunia. Lempeng Eurasia di sebelah utara, Lempeng IndoAustralia di sebelah Selatan, dan Lempeng Pasifik di sebelah timur. Pertemuan lempeng tektonik dapat menyebabkan patahan, retakan, dan kerusakan pada kerak bumi yang memungkinkan magma mengalir ke permukaan bumi dan terbentuk gunung api. Selain banyak terbentuk gunung api, aktivitas ketiga lempeng tersebut membuat Indonesia menjadi wilayah yang rawan terjadi gempa bumi.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang membahas secara singkat tentang Pengertian Letak Geologis dan Letak Indonesia Secara Geologis. Semoga bermanfaat. Dapat menambah wawasan dan kecintaan Anda kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Selamat membaca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Jelaskan apa yang dimaksud dengan Letak Geologis! Jelaskan seperti apa letak Indonesia secara geologis! ~ sekolahmuonline.com"

close