Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan pengertian kantor! ~ sekolahmuonline.com

Jelaskan pengertian kantor! ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal yang membahas tentang pengertian kantor. Pembahasan tentang pengertian kantor ini merupakan bagian dari materi yang ada pada pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis untuk SMK/MAK Kelas X Semester 1.
Pengertian Kantor menurut Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis
Definisi lengkap tentang pengertian kantor

Pengertian Kantor

Jika Anda ditanya tentang apa itu kantor, kemungkinan jawaban yang keluar dari Anda akan sama dan kemungkinan juga berbeda dengan jawaban yang disampaikan oleh yang lainnya. Bisa beragam definisi dihasilkan dari beberapa orang.

Nah, sekarang kita akan membahas apa itu kantor? Pengertian kantor itu apa? Definisi kantor itu apa sebenarnya? Semua akan kita bahas dari sudut ilmu Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis.

Kantor menurut etimologi bahasa Inggris “Office” berarti tempat untuk memberikan pelayanan, ruang tempat bekerja ataupun posisi. Dalam bahasa Belanda kantor berasal dari kata “Kantoor” yang berarti ruangan tempat bekerja, tempat instansi dan lain-lain. Dari pengertian tersebut kantor dapat diartikan secara dinamis dan secara statis. 

Pengertian kantor secara statis menurut Rasto (2015), merupakan tempat kerja, ruang kerja, biro, markas, instansi, badan, perusahaan maupun tempat untuk menyelenggarakan kegiatan pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan serta pendistribusian data/informasi. Dari pengertian tersebut berarti kantor diartikan secara statis.

Pengertian kantor secara dinamis yakni proses-proses dalam penyelenggaraan kegiatan seperti seperti pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan maupun pendistribusian data. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa arti kantor secara fisik merupakan bangunan, ruang atau tempat kerja, sedangkan secara dinamis diartikan sebagai proses kegiatan yang dilakukan di dalam ruang, tempat kerja.

Dalam pengertian kantor secara dinamis inilah, maka manajemen merupakan hal penting untuk mengarahkan, menggerakkan dan mengendalikan setiap unsur dalam sebuah kantor tersebut. Tugas manajemen adalah menetapkan tujuan organisasi dan berupaya untuk mencapainya. Dengan demikian sebuah organisasi harus memahami tujuan yang jelas dan membuat sebuah sistem untuk mencapai tujuan secara efisien dan efektif.

Menurut Rao (2000) Istilah sistem berasal dari konsep “sistematic” yang mengacu pada pendekatan yang terorganisasi dan teratur untuk memecahkan masalah. Dalam konsep manajemen perkantoran, sistem dapat dianggap sebagai pendekatan yang direncanakan untuk suatu kegiatan dalam upaya mencapai tujuan. Dengan demikian, sistem akan menjadikan sebuah layanan atau kegiatan pada suatu organisasi, perusahaan atau kantor menjadi jelas. 

Sebagai contoh layanan bidang jasa tranportasi online, untuk mendapatkan pelayanan calon konsumen harus memiliki syarat aplikasi di smartphone miliknya. Melalui aplikasi tersebut, akan terlihat mekanisme atau prosedur layanan sampai pada umpan balik layanan itu diterima oleh konsumen. Umpan balik ini merupakan hasil evaluasi bagaimana sebuah sistem dalam pelayanan jasa transportasi itu diterima dan dirasakan oleh konsumen.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan pembahasan tentang Pengertian Kantor. Semoga bermanfaat. Menambah wawasan siapa saja yang membaca postingan Sekolahmuonline ini, khususnya yang sedang mempelajari Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis di kelas X SMK/MAK. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Jelaskan pengertian kantor! ~ sekolahmuonline.com"

close