Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Seni Musik Kelas 10 Kurikulum Merdeka Unit 5 Apresiasi Musik + Kunci Jawabannya [Seni Musik Kelas X SMA/SMK Kurikulum Merdeka] ~ sekolahmuonline.com

Soal Seni Musik Kelas 10 Kurikulum Merdeka Unit 5 Apresiasi Musik + Kunci Jawabannya [Seni Musik Kelas X SMA/SMK Kurikulum Merdeka] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal Seni Musik Kelas X SMA/SMK Kurikulum Merdeka. Pada postingan kali ini Sekolahmuonline sajikan soal-soal Seni Musik Kelas 10 Bab 5 atau Unit 5 tentang Apresiasi Musik lengkap dengan kunci jawabannya. 
Soal Seni Musik Kelas X Kurikulum Merdeka Unit 5 Apresiasi Musik + Kunci Jawabannya [Seni Musik Kelas X SMA/SMK Kurikulum Merdeka] ~ sekolahmuonline.com
Soal Seni Musik Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka Unit 5 Apresiasi Musik + Kunci Jawabannya

Seni Musik kelas X SMA/SMK Kurikulum Merdeka terdiri dari lima bab atau lima Unit, yaitu:
  • Unit 1 Eksplorasi Bunyi dalam Musik
  • Unit 2 Eksplorasi Bentuk Struktur dan Genre Musik
  • Unit 3 Menciptakan Musik Sederhana
  • Unit 4 Manajemen Musik
  • Unit 5 Apresiasi Musik

Contoh Soal Seni Musik Kelas X Kurikulum Merdeka Unit 5 Apresiasi Musik

Seni Musik kelas X SMA/SMK Unit 5 Apresiasi Musik terdiri delapan kegiatan pembelajaran, yaitu:
• Kegiatan Pembelajaran I dan II Estetika Bunyi Musik
• Kegiatan Pembelajaran III dan IV Apresiasi Musik Barat
• Kegiatan Pembelajaran V dan VI Estetika Musik Tradisional Indonesia
• Kegiatan Pembelajaran VII dan VIII Apresiasi Pementasan Karya Seni

Nah, berikut ini soal dan kunci jawabannya materi pelajaran Seni Musik kelas X Kurikulum Merdeka Unit 5 Apresiasi Musik. Selamat membaca dan mempelajari, jangan lupa bagikan kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang ada di bawah postingan ini.

Jawabalah soal-soal di bawah ini!

1. Sebutkan 4 aspek estetika dalam musik!

Jawaban:
Pemahaman utama yang dibutuhkan peserta didik untuk dapat mengapresiasi sebuah karya musik adalah pemahaman akan estetika dari musik tersebut. Estetika secara umum dapat berarti keindahan. Dengan demikian, setiap unsur seni ataupun musik memiliki nilai-nilai keindahan yang terkandung di dalamnya. Nilai-nilai keindahan yang terkandung dalam karya musik sesuai dengan fungsi yang dimiliki dari setiap karya tersebut.

Aspek-aspek estetika dalam musik, seperti keindahan bunyi-musik (suara), keindahan harmoni, ketangkasan teknik bermain musik, penghayatan (ekspresi musik), pemahaman konten (isi dan pesan), dan keindahan pertunjukan dalam penyajian karya musik.

2. Apa fungsi musik vokal dalam keterkaitannya dengan estetika?

Jawaban:
Fungsi musik vokal (lagu) adalah mengungkapkan emosi, perasaan, dan pikiran seseorang kepada orang lain, menggunakan lagu yang merupakan rangkaian lirik dan unsur-unsur musik (irama, melodi, harmoni, dan ekspresi) dalam suatu kesatuan yang indah.

3. Apa fungsi instrumen dalam keterkaitannya dengan estetika?

Jawaban:
Fungsi musik instrumen adalah mengungkapkan emosi, perasaan, dan pikiran seseorang kepada orang lain, dalam rangkaian nada-nada dalam kesatuan unsur-unsur musik (irama, melodi, harmoni, dan ekspresi) untuk menghasilkan bunyi-musik yang diinginkan.

4. Sebutkan 4 kesatuan unsur musik dalam estetika bunyi musik!

Jawaban:
Unsur keindahan utama dari sebuah karya musik adalah keindahan dalam bentuk bunyi yang didengar. Keindahan bunyi ini dapat berupa untaian nada yang membentuk melodi dan harmoni (musik instrumen) ataupun rangkaian nada dan lirik yang membentuk sebuah lagu (musik vokal). Dalam proses pembentukan aspek keindahan tersebut, para musisi akan mengolah dan mengkolaborasikan berbagai unsur musik, seperti irama, melodi, harmoni, ekspresi, dinamika, serta unsur-unsur musik lainnya, menjadi suatu rangkaian bunyi musik yang indah. Mereka dapat mengekspresikan emosi, pikiran, dan perasaan hati lewat bunyibunyi musik yang dihasilkan. Dengan demikian, rangkaian bunyi musik yang dihasilkan (termasuk yang ber-lirik) merupakan cerminan diri dan hidup seseorang yang dinyatakan dalam bentuk simbol bunyi musik.

5. Sebutkan 4 bentuk musik secara umum, dalam kaitannya dengan teks/lirik lagu!

Jawaban:
Empat bentuk musik dalam kaitannya dengan teks/lirik lagu:
a. Iteratif (Iterative): pengulangan terus-menerus pada frase yang sama
b. Pengulangan (Reverting): adanya pernyataan frase kembali (frase yang sama seperti sebelumnya) setelah adanya frase yang lain.
c. Strofik (Strophic): pengulangan kembali melodi secara utuh/ keseluruhan melodi pada bait yang lain dalam suatu karya puisi.
d. Progresif (Progressive): penggunaan melodi yang baru secara terus menerus (through composed).

6. Apa nama bentuk deskripsi pola ABCBA? Sebutkan nama-nama jenis bentuk musik berdasarkan bentuk polanya!

Jawaban:
Nama bentuk deskripsi pola ABCBA disebut dengan Arch.

Jenis-Jenis Bentuk Musik berdasarkan bentuk polanya:
1. Binari: AB
2. Ternari: ABA
3. Rondo: ABACA atau ABACABA
4. Arch: ABCBA
5. Strofik: AAA
6. Through-composed: ABCDEF…
7. Sonata: Eksposisi, Pengembangan, Pengulangan (recapitulation)
8. Tema dan variasi: Tema dan bentuk variasi dari tema awal

Berikut ini tabel Jenis-Jenis Bentuk Musik
Jenis-Jenis Bentuk Musik/Sumber: Henry Susanto Pranoto, 2020

7. Apa saja keunikan nilai estetika dari musik tradisional?

Jawaban:
Nilai-nilai estetika dari musik tradisional meliputi keunikan dalam bentuk: instrumentasi/alat-alat musik, lirik/bahasa yang digunakan, tujuan diciptakannya musik tersebut, kaedah-kaedah budaya di tempat musik itu berasal, dan proses penciptaan, penyajian, dan ekpresivitas bermusik.

8. Jelaskan peraturan umum hukum komposisi konterpoin!

Jawaban:
Peraturan umum dari hukum komposisi konterpoin yang harus dihindarkan dalam membuat suatu karya cipta musik adalah:
a. Hindarkan penggunaan paralel unison (P1), paralel dominan (P5), dan paralel oktaf (P8)
b. Hindarkan pergerakan dari diminis 5 (d5: 7 kali jarak 1/2, misalnya note F#) ke arah jarak 5 sempurna (P5: 8 kali jarak 1/2, misalnya note G).
Notasi dengan interval disonan tidak akan pernah menuju resolusi.
c. Hindarkan pergerakan tidak langsung atau pergerakan langsung dari notasi yang berjarak 5 dan oktaf.
d. Hindarkan pengulangan dan pergerakan sekuensial yang berlebihan.
e. Hindarkan penggunaan notasi yang berulang.
f. Hindarkan penempatan notasi berjarak interval 3 dan 6 sebanyak emapat kali berturut-turut.
g. Hindarkan penggunaan notasi yang menghasilan jarak tritone (C – F#)
h. Hindarkan penempatan notasi dalam posisi pergerakan note yang saling menyeberang (crossing) atau saling melebihi jarak maksimal notasi pada setiap jenis suara (overlapping) dalam penyusunan suara SATB.

9. Jelaskan mengapa sebuah karya dikatakan indah!

Jawaban:
Suatu karya musik dapat dikatakan indah bila memenuhi karakteristik keindahan sebagaimana ditetapkan dalam prinsip-prinsip keindahan yang sudah diatur dan disepakati sebagai norma/nilai keindahan bersama. Di dunia barat, aturan-aturan yang ada adalah seperti: hukum komposisi konterpoin (counterpoint), bentuk musik (musical form), dan ilmu harmoni.

10. Dalam menampilkan sebuah pertunjukan musik, secara umum bisa dilakukan 2 cara, yaitu...

Jawaban:
Pertunjukan musik pada umumnya dapat disajikan secara langsung (live performance), maupun menggunakan media virtual konser (virtual performance) seperti zoom, youtube, Instagram, dan lain-lain.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Seni Musik Kelas 10 Kurikulum Merdeka Unit 5 Apresiasi Musik Lengkap dengan Kunci Jawabannya. Semoga bermanfaat. Membantu memudahkan seluruh rakyat Indonesia terutama generasi penerus bangsa Indonesia dalam belajar di mana saja dan kapan saja. Pendidikan adalah hak semua anak bangsa. Semangat belajar. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Soal Seni Musik Kelas 10 Kurikulum Merdeka Unit 5 Apresiasi Musik + Kunci Jawabannya [Seni Musik Kelas X SMA/SMK Kurikulum Merdeka] ~ sekolahmuonline.com"

close