Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Seni Musik Kelas 10 Kurikulum Merdeka Unit 4 Manajemen Musik + Kunci Jawabannya [Seni Musik Kelas X SMA/SMK Kurikulum Merdeka] ~ sekolahmuonline.com

Soal Seni Musik Kelas 10 Kurikulum Merdeka Unit 4 Manajemen Musik + Kunci Jawabannya [Seni Musik Kelas X SMA/SMK Kurikulum Merdeka] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal Seni Musik Kelas X SMA/SMK Kurikulum Merdeka. Pada postingan kali ini Sekolahmuonline sajikan soal-soal Seni Musik Kelas 10 Bab 4 atau Unit 4 tentang Manajemen Musik lengkap dengan kunci jawabannya. 
Soal Seni Musik Kelas X Kurikulum Merdeka Unit 4 Manajemen Musik + Kunci Jawabannya [Seni Musik Kelas X SMA/SMK Kurikulum Merdeka]
Soal Seni Musik Kelas X Kurikulum Merdeka Unit 4 Manajemen Musik + Kunci Jawabannya [Seni Musik Kelas X SMA/SMK Kurikulum Merdeka]

Seni Musik kelas X SMA/SMK Kurikulum Merdeka terdiri dari lima bab atau lima Unit, yaitu:
  • Unit 1 Eksplorasi Bunyi dalam Musik
  • Unit 2 Eksplorasi Bentuk Struktur dan Genre Musik
  • Unit 3 Menciptakan Musik Sederhana
  • Unit 4 Manajemen Musik
  • Unit 5 Apresiasi Musik

Contoh Soal Seni Musik Kelas X Kurikulum Merdeka Unit 4 Manajemen Musik

Seni Musik kelas X SMA/SMK Unit 4 Manajemen Musik terdiri delapan kegiatan pembelajaran, yaitu:
• Kegiatan Pembelajaran I dan II Konsep Manajemen Pertunjukan
• Kegiatan Pembelajaran III dan IV Manajemen Suara
• Kegiatan Pembelajaran V dan VI Manajemen Instrumen
• Kegiatan Pembelajaran VII dan VIII Penulisan Proposal Pertunjukan

Nah, berikut ini soal dan kunci jawabannya materi pelajaran Seni Musik kelas X Kurikulum Merdeka Unit 4 Manajemen Musik. Selamat membaca dan mempelajari, jangan lupa bagikan kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang ada di bawah postingan ini.

Jawabalah soal-soal di bawah ini!

1. Apa pengertian dari Manajemen Pertunjukan?

Jawaban:
Manajemen musik pertunjukan adalah suatu proses kegiatan dari perencanaan sampai kepada proses pelaksaan pertunjukan musik secara menarik dan optimal.

2. Sebutkan 5 fungsi utama manajemen menurut Henri Fayol!

Jawaban:
Menurut Henri Fayol (2013) terdapat 5 fungsi utama dari manajemen, yaitu:
- Perencanaan (Planing),
- Pengorganisasian (Organizing),
- Pengarahan (Commanding),
- Pengkoordinasian (Coordinating),
- Pengendalian (Controlling).

Penjelasan:
a. Perencanaan (Planing)
Fungsi dasar atau fundamental dari manajemen ialah pada perencanaan. Hal ini dikarenakan serangkaian proses yang akan berlangsung harus terlebih dahulu melalui proses perencanaan. Proses yang dilakukan bersifat dinamis, artinya dapat berubah sewaktu-waktu seiring dengan perkembangan situasi dan kondisi pada saat itu. Perencanaan juga mencakup penentuan langkah awal yang mengarahkan sebuah organisasi menuju target atau tujuan yang ditentukan bersama.
b. Pengorganisasian (Organizing)
Dalam menyelenggarakan berbagai proyek dan kegiatan, keterlibatan berbagai pihak tentu akan sangat membantu dalam proses pencapaian tujuan. Namun dengan banyaknya anggota, dibutuhkan juga sistem hirarki yang dapat membantu penyaluran informasi dan tanggung jawab selama kegiatan berlangsung. Beberapa jabatan yang dapat dibentuk dalam sebuah proyek adalah ketua dan fungsionarisnya. Harapannya, seorang ketua dapat membentuk dan memilih pengurus atau fungsionaris yang akan membantunya dalam proses kegiatan.
c. Pengarahan (Commanding)
Setelah susunan organisasi terbentuk sesuai fungsinya, hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah pembagian dan pengarahan tugas sesuai kemampuan masing-masing anggota. Dengan demikian sumber daya manusia (SDM) yang ada dapat menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing dengan baik.
d. Pengkoordinasian (Coordinating)
Selama proses kegiatan berlangsung, dibutuhkannya komunikasi yang baik dan lancar antar anggota agar berbagai situasi yang dihadapi dapat terpantau. Selain itu, dengan adanya koordinasi yang baik dapat menjaga semangat dan motivasi setiap anggota untuk mencapai tujuan kegiatan yang telah ditentukan pada awal perencanaan.
e. Pengendalian (Controlling)
Dalam berbagai proses kegiatan yang dilakukan, dibutuhkan pengendalian untuk memastikan semua proses yang dilakukan sudah berjalan sesuai perencanaan dan tanggung jawab setiap anggota. Selain itu, fungsi manajemen dalam pengendalian juga dapat membantu organisasi atau kepengurusan untuk mengevaluasi kinerja agar dapat melakukan pencegahan masalah atau perbaikan kesalahan yang sudah terjadi.

3. Apa jenis suara manusia dalam jarak nada menyanyi G2-D5?

Jawaban:
Nama jenis suara manusia dalam jarak nada menyanyi G2-D5 umumnya dikenal dengan sebutan Bass.

4. Menurut gambar posisi penempatan pemain musik orkes dibawah, apa jenis rumpun alat musik yang menempati posisi A, B, C, D, dan E?

Jawaban:
A: Biola 1, 
B: Biola 2, 
C: Biola Alto, 
D: Cello, 
E: Contra Bass.

5. Sebutkan istilah lain pertunjukan musik kelompok yang terdiri dari dua orang, tiga orang dan empat orang!

Jawaban:
• Dua orang: Duet
• Tiga orang: Trio
• Empat orang: kuartet.

6. Apa saja dua bentuk dukungan yang dapat diberikan untuk mensukseskan penyelenggaraan pertunjukan musik?

Jawaban:
Berupa dukungan sumber daya manusia) kepanitiaan atau penampil/performer dari sebuah pertunjukan musik) dan dukungan materi) dana (funding), izin penyelenggaraan, lokasi/venue, dan berbagai properti pendukung pertunjukan).

7. Apa yang membedakan proposal sponsorship dengan proposal izin kegiatan?

Jawaban:
Proposal Sponshorship, merupakan jenis proposal yang sama dengan proposal izin kegiatan, namun yang membedakan adalah pada bagian penawaran, di mana halaman penawaran memuat tawaran kerjasama yang diberikan panitia kegiatan kepada pihak sponsor. Sedangkan Proposal Izin Kegiatan, secara spesifik, merupakan proposal yang memiliki tujuan sebagai dokumen yang diajukan kepada instansi atau pihak yang memberikan kewenangan penyelenggaraan kegiatan.

8. Sebutkan salah satu kaidah penulisan proposal kegiatan pertunjukan musik!

Jawaban:
Kaidah penulisan yang perlu diperhatikan dalam penulisan proposal yang baik, antara lain:
- menggunakan bahasa yang baku dan lugas;
- penulisannya tersistematis, menarik dan realistis;
- menggunakan kata-kata yang denotatif atau pembahasan objektif.

9. Apa isi Gambaran Kegiatan pada penulisan Bab II: Detail Kegiatan Proposal?

Jawaban:
Berisi:
a. Tujuan Kegiatan (Berisi tentang tujuan yang ingin dicapai melalui penyelenggaraan pertunjukan);
b. Nama Kegiatan (Berisi nama pertunjukan yang menarik dan merepresentasikan keseluruhan pertunjukan);
c. Tema Kegiatan (Berisi tema besar yang ditentukan dalam pertunjukan);
d. Gambaran Kegiatan (Berisi gambaran secara umum tentang kegiatan yang mencakup waktu, tempat dan atau bintang tamu khusus yang tampil dalam pertunjukan);
e. Peserta Kegiatan (Berisi target peserta dan penonton yang hadir dalam pertunjukan berupa jumlah penonton dan bisa dilengkapi dengan rentang usia atau karakteristik demografi);
f. Susunan Kepanitiaan (Berisi susunan kepanitiaan secara terperinci yang dilengkapi dengan nama, biodata singkat, dan jabatan atau peran dalam kegiatan pertunjukan).

10. Apa saja yang dapat dilampirkan dalam penulisan proposal kegiatan pertunjukan?

Jawaban:
Pada bagian lampiran proposal dapat memuat:
Lampiran foto proses yang sudah dilakukan oleh panitia seperti rancangan desain poster, perencanaan dekorasi lokasi pertunjukan, atau foto kegiatan pertunjukan yang pernah dilakukan (khusus pertunjukan yang bersifat serial).

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Seni Musik Kelas 10 Kurikulum Merdeka Unit 4 Manajemen Musik Lengkap dengan Kunci Jawabannya. Semoga bermanfaat. Membantu memudahkan seluruh rakyat Indonesia terutama generasi penerus bangsa Indonesia dalam belajar di mana saja dan kapan saja. Pendidikan adalah hak semua anak bangsa. Semangat belajar. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Soal Seni Musik Kelas 10 Kurikulum Merdeka Unit 4 Manajemen Musik + Kunci Jawabannya [Seni Musik Kelas X SMA/SMK Kurikulum Merdeka] ~ sekolahmuonline.com"

close