Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Biologi Kelas 12 Kurikulum Merdeka Bab 3 Evolusi + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com

Soal Biologi Kelas 12 Kurikulum Merdeka Bab 3 Evolusi + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan soal-soal pilihan ganda dan essay (esai/uraian) mata pelajaran Biologi Kelas XII SMA/MA Kurikulum Merdeka. Kali Sekolahmuonline posting Soal Biologi Kelas 12 Bab 3 Evolusi lengkap dengan kunci jawabannya.
Soal Biologi Kelas XII Kurikulum Merdeka Bab 3 Evolusi + Kunci Jawabannya
Soal Biologi Kelas XII SMA/MA Kurikulum Merdeka Bab 3 Evolusi Lengkap dengan Kunci Jawabannya

Soal-soal Biologi Bab 3 Evolusi ini cocok dipelajari oleh adik-adik kelas XII untuk persiapan menghadapi asesmen yang diberikan oleh Bapak/Ibu Guru.

Contoh Soal Biologi Kelas XII Kurikulum Merdeka Bab 3 Evolusi

Biologi Kelas XII SMA/MA Kurikulum Merdeka Bab 3 Evolusi mencakup dua pembahasan, yaitu:
A. Definisi Evolusi
B. Perkembangan Teori Evolusi

Nah, berikut ini soal pilihan ganda dan esai Biologi kelas XII Bab Evolusi. Silakan dibaca dan dipelajari, jangan lupa bagikan kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang ada di bawah postingan ini.

A. Soal Pilihan Ganda Biologi Kelas 12 Kurikulum Merdeka Bab 3 Evolusi

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar!

1. Evolusi merupakan perubahan pada suatu individu yang disebabkan oleh lingkungan dan bersifat diturunkan. Pendapat tersebut merupakan gagasan dari ....
A. De Lamarck
B. C. Darwin
C. Lelly
D. Antoni
E. August. W

Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Jean Lamarck memberikan penjelasan terkait perkembangan dan perubahan organisme yang dimulai dari organisme sederhana menjadi organisme kompleks.
Berikut beberapa hal yang menjadi pokok dasar teori Lamarck.
1) Makhluk hidup sederhana merupakan nenek moyang makhluk hidup yang kompleks atau sempurna.
2) Makhluk hidup akan terus beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya sebagai upaya untuk bertahan hidup.
3) Organ yang mengalami perubahan karena dipakai secara terusmenerus akan berkembang secara sempurna, sedangkan organ yang tidak diperlukan lagi akan mengalami penurunan atau tidak berkembang lagi. Prinsip ini dinyatakan sebagai teori use and disuse. 
4) Evolusi organik terjadi karena perubahan yang disebabkan pengaruh lingkungan dan perubahan ini dapat diwariskan ke generasi berikutnya.

Teori Lamarck menjelaskan bahwa pada awalnya seluruh jerapah berleher pendek. Namun, jerapah akan beradaptasi seiring berjalannya waktu dan semakin sering menggunakan lehernya untuk menjangkau makanan demi bertahan hidup, sehingga terbentuklah jerapah berleher panjang. Sifat tersebut akan diwariskan kepada generasi berikutnya.

2. Populasi jerapah bersifat heterogen, ada yang berleher pendek dan ada yang berleher panjang. Dalam kompetisi mendapatkan makanan, jerapah yang berleher panjanglah yang lestari, sedangkan jerapah berleher pendek lenyap secara perlahan-lahan. Peristiwa tersebut mengingatkan teori evolusi yang dikemukakan oleh ….
A. Weismann
B. Gerabah
C. Charles Darwin
D. Lamarck
E. Gregor Johan Mendel

Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Darwin menjelaskan bahwa pada awalnya terdapat jerapah berleher panjang dan berleher pendek. Seiring berjalannya waktu, terjadi kompetisi makanan dan pepohonan yang semakin tinggi sehingga jerapah berleher pendek mengalami kepunahan sebab tidak dapat menjangkau makanan. Adapun jerapah berleher panjang akan bertahan dan beradaptasi dengan lingkungan. Sifat leher panjang tersebut akan diwariskan kepada keturunannya.

3. Seorang sejarawan melakukan penelitian mengenai evolusi dan menemukan beberapa fakta yang terjadi di alam antara lain:
1) terdapat homologi organ
2) adanya variasi individu dalam satu keturunan
3) ditemukannya hewan yang sama pada tempat yang berbeda
4) semua spesies mempunyai potensi reproduksi yang tinggi

Fakta yang diperoleh dan dapat dijadikan sebagai dasar teori evolusi adalah…
A. 1 dan 2
C. 2 dan 3
E. 3 dan 4
B. 1 dan 3
D. 2 dan 4

Kunci Jawaban: A

4. Alat-alat yang tersisa pada organisme dapat dianggap sebagai petunjuk adanya evolusi. Pada manusia yang bukan merupakan alat sisa, yaitu …
A. rambut pada dada
B. tulang telapak tangan 
C. umbai cacing (usus buntu)
D. gigi taring yang runcing
E. otot-otot (penggerak) telinga

Kunci Jawaban: B

5. Pada suatu daerah dengan 10.000 penduduk terdapat 4% warga albino maka perbandingan jumlah orang yang berkulit homozigot dan normal heterozigot berturut-turut sebesar …
A. 6.400 dan 1.600
B. 6.400 dan 3.200 
C. 3.200 dan 1.600
D. 3.200 dan 4.00
E. 1.600 dan 4.00

Kunci Jawaban: B

6. Suatu populasi burung terpisah menjadi dua populasi. Setelah ribuan tahun kedua populasi burung tersebut bersatu kembali, tetapi gagal melakukan perkawinan. Berikut ini yang bukan penjelasan untuk hal tersebut adalah …
A. masa kawin kedua populasi tersebut berubah
B. populasi asal berevolusi menjadi dua spesies berbeda
C. tidak terjadi isolasi gamet
D. dua populasi tersebut menjadi terisolasi secara geografis
E. telah terjadi isolasi gamet 

Kunci Jawaban: E

7. Agust Weisman memotong ekor tikus jantan dan tikus betina, kemudian keduanya dikawinkan. Anak tikus keturunannya pun mengalami perlakuan yang sama sampai 50 generasi. Pada generasi yang ke-50, ternyata tetap dihasilkan keturunan tikus yang berekor. Eksperimen ini bertentangan dengan mekanisme evolusi yang dicetuskan oleh ….
A. Lamarck, seleksi alam
B. Darwin, seleksi alam
C. Lamarck, adaptasi
D. Darwin, adaptasi
E. Aristoteles, generatio spontanea

Kunci Jawaban: C

8. Pengujian insektisida terhadap populasi nyamuk dewasa sangat efektif dalam pemutusan siklus hidupnya. Jumlah populasi nyamuk akan menurun secara drastis. Namun setelah dua tahun kemudian, jumlah nyamuk kembali meningkat. Penyemprotan insektisida menjadi tidak efektif lagi. Berdasarkan teori seleksi alam Darwin hasil observasi tersebut dapat terjadi karena sebagian populasi nyamuk ….
A. terisolasi dari pengaruh insektisida
B. berproduksi sebelum insektisida digunakan
C. mampu beradaptasi terhadap insektisida dan mampu menghasilkan keturunan
D. menjadi resisten terhadap insektisida, tetapi tidak mampu menghasilkan keturunan
E. merupakan hasil migrasi dari populasi daerah lain

Kunci Jawaban: C

9. Pada suatu daerah terdapat penduduk bertangan kidal resesif (kk) sebesar 9%. Penduduk bertangan normal memiliki genotip KK dan Kk. Apabila populasi penduduk di desa tersebut sebesar 20.000 jiwa maka jumlah penduduk bertangan normal homozigot sebanyak ….
A. 1.600 orang
B. 2.400 orang
C. 3.600 orang
D. 6.800 orang
E. 9.800 orang

Kunci Jawaban: E

10. Variasi yang terjadi dalam suatu keturunan terutama disebabkan oleh ….
A. mutasi gen dan rekombinasi gen
B. mutasi gen dan diferensiasi sel 
C. seleksi alam
D. rekombinasi gen
E. diferensiasi sel

Kunci Jawaban: A

B. Soal Esai Biologi Kelas 12 Kurikulum Merdeka Bab 3 Evolusi

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar.

1. Di dalam suatu populasi tidak terjadi mutasi, tidak ada seleksi alam, dan tidak terjadi perkawinan secara acak. Berdasarkan hal tersebut, apakah berlaku hukum Hardy-Weinberg untuk populasi tersebut? Jelaskan!

Jawaban:
Ya. Jika dalam suatu populasi tidak terjadi mutasi, tidak terjadi seleksi alam, dan tidak ada perkawinan acak maka dalam populasi tersebut keseimbangan hukum Hardy Weinberg akan dapat dibuktikan. Hal ini karena jika faktor-faktor di atas dapat dikontrol maka tidak akan terjadi perubahan frekuensi alel dalam sebuah gene pool.

2. Berikan penjelasan, apakah bencana alam dapat dijadikan sebagai salah satu penyebab mekanisme evolusi?

Jawaban:
Ya, bencana alam merupakan salah faktor yang dapat menimbulkan terjadinya mikroevolusi di dalam sebuah populasi. Hal ini bisa terjadi karena peristiwa bencana alam dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan variasi tertentu dalam sebuah populasi secara acak.
Sifat spesies yang selamat dari peristiwa bencana alam inilah yang akan diwariskan secara terus-menerus sehingga membentuk populasi baru. Jika hal ini berlangsung dalam kurun waktu yang sangat panjang maka variasi spesies yang lama tidak dapat lagi ditemukan dalam populasi yang baru.

3. Tunjukkan perbedaan evolusi yang dicetuskan Lamarck dan evolusi yang disampaikan Darwin!

Jawaban:
Evolusi jerapah berleher panjang oleh Lamarck: Lamarck menjelaskan bahwa mekanisme pada jerapah berleher panjang terletak pada konsep use and disuse. Lamarck menekankan bahwa pada kehidupan sebelumnya semua jerapah berleher pendek, akan tetapi seiring waktu dan karena daun pepohonan yang semakin tinggi maka jerapah semakin sering menggunakan lehernya demi memperoleh bahan makanan untuk bertahan hidup. Hal inilah yang menyebabkan jerapah menjadi berleher panjang dan sifat ini akan diwariskan.

Evolusi jerapah berleher panjang oleh Darwin: Darwin menekankan pada mekanisme adaptasi dan seleksi alam. Darwin menjelaskan bahwa pada awalnya terdapat jerapah yang berleher pendek dan berleher panjang. Seiring berjalannya waktu, dedaunan pepohonan semakin tinggi dan hanya jerapah berleher panjang yang mampu beradaptasi dan memperoleh makanan untuk bertahan hidup. Hal ini menyebabkan jerapah berleher pendek menjadi punah sehingga sifat yang terus diwariskan hingga saat ini adalah jerapah berleher panjang.

4. Jelaskan argumenmu terhadap argumen yang menyatakan bahwa simpanse dan manusia memiliki perbedaan molekuler sekitar 1% memperlihatkan hubungan kekerabatan yang sangat dekat!

Jawaban:
Persentase 1% perbedaan materi genetik antara manusia dan simpanse memiliki makna yang membuat simpanse dan manusia tidak benar-benar sama 100%. Di dalam satu persen perbandingan materi genetik antara simpanse dan manusia tersebut mengandung kekhasan urutan basa nitrogen yang akan membentuk kodon dan memuat informasi asam amino yang khas dan hanya dimiliki oleh spesies manusia.

5. Persentase laki-laki buta warna di Indonesia sebesar 7%. Anggota populasi laki-laki dengan wanita berjumlah sama dengan perbandingan 1 : 1. Berapakah perbandingan wanita buta warna dan wanita carrier?

Jawaban:
Kasus pada soal merupakan penerapan hukum Hardy Weinberg. Hukum Hardy Weinberg memiliki persamaan (p+q = p²+2pq+q dengan p² adalah persentase individu homozigot dominan, 2pq adalah persentase individu heterozigot, dan q² adalah persentase individu homozigot resesif. Berdasarkan persamaan tersebut, maka:
Laki-laki buta warna ( XY) = 7% = 0,07 (q)
Wanita carrier (X*X) =2 pq
Wanita buta warna ( xc Xco) = q²
Hukum Hardy-Weiberg
p+q=1
p=1-q
p=1-0,07 = 0,93 atau 93 % (normal)
Wanita carrier
2 pq = 2 x (0,93) (0,07)
= 0,1302 =13,02%
Wanita buta warna
q2 = (0,07)2 =0,0049= 0,49 %

Disclaimer:
Kunci jawaban silakan dijadikan alternatif jawaba saja. Jika, Anda ingin memilih jawaban lainnya silakan. Jika ada ada kekeliruan, silakan diskusikan dengan teman, kelompok belajar, atau guru Biologi di kelas kalian. Selamat belajar.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Biologi Kelas XII Kurikulum Merdeka Bab 3 Evolusi. Lengkap dengan Kunci Jawabannya. Semoga bermanfaat. Membantu memudahkan seluruh rakyat Indonesia dalam belajar di mana saja dan kapan saja. Selamat dan semangat belajar. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap soal Biologi kelas XII SMA/MA Kurikulum Merdeka semua bab beserta kunci jawabannya:
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Soal Biologi Kelas 12 Kurikulum Merdeka Bab 3 Evolusi + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com"

close