Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Bab 4 Transpor dan Pertukaran Zat pada Manusia + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com

Soal Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Bab 4 Transpor dan Pertukaran Zat pada Manusia + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan soal-soal esai atau uraian mata pelajaran Biologi Kelas XI SMA/MA Kurikulum Merdeka. Kali Sekolahmuonline posting Soal Esai Biologi Kelas 11 Bab 4 Transpor dan Pertukaran Zat pada Manusia lengkap dengan kunci jawaban atau pembahasannya.
Soal Biologi Kelas XI Kurikulum Merdeka Bab 4 Transpor dan Pertukaran Zat pada Manusia Lengkap dengan Kunci Jawabannya
Soal Biologi Kelas XI SMA/MA Kurikulum Merdeka Bab 4 Transpor dan Pertukaran Zat pada Manusia Lengkap dengan Kunci Jawabannya

Soal-soal Biologi Bab 4 Transpor dan Pertukaran Zat pada Manusia ini cocok dipelajari oleh adik-adik kelas XI SMA/MA untuk persiapan menghadapi asesmen yang diberikan oleh Bapak/Ibu Guru. Silakan dibaca dan dipelajari, jangan lupa bagikan kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang ada di bawah postingan ini.

Biologi kelas XI SMA/MA Kurikulum Merdeka terdiri dari 8 Bab, yaitu:
  • Bab 1 Menjelajah Sel
  • Bab 2 Pergerakan Zat melalui Membran Sel
  • Bab 3 Proses Pengaturan pada Tumbuhan
  • Bab 4 Transpor dan Pertukaran Zat pada Manusia
  • Bab 5 Sistem Pertahanan Tubuh terhadap Penyakit
  • Bab 6 Mobilitas pada Manusia
  • Bab 7 Hormon dalam Reproduksi Manusia
  • Bab 8 Tumbuh kembang Makhluk Hidup

Contoh Soal Esai Biologi Kelas XI Kurikulum Merdeka Bab 4 Transpor dan Pertukaran Zat pada Manusia

Biologi kelas XI SMA/MA Kurikulum Merdeka Bab 4 Transpor dan Pertukaran Zat pada Manusia meliputi beberapa pembahasan, yaitu:
A. Struktur Tubuh untuk Pertukaran dan Transpor Zat
B. Proses Pertukaran dan Transpor Zat
C. Kelainan pada Pertukaran dan Transpor Zat

Nah, berikut ini Soal Esai Biologi Kelas XI Kurikulum Merdeka Bab 4 Transpor dan Pertukaran Zat pada Manusia beserta kunci jawaban atau pembahasannya. Selamat membaca dan mempelajari.

Jawablah soal-soal di bawah ini!

1. Jaringan dasar pada tubuh manusia manakah yang paling berperan dalam pertukaran dan transpor zat pada tubuh? Jelaskan alasan jawabanmu!

Kunci Jawaban:
Setiap sistem organ disusun oleh organ-organ spesifik yang memiliki fungsinya tertentu. Meskipun demikian, secara struktur setiap ­organ tubuh disusun ­oleh jaringan dasar yang sama. Jaringan dasar tersebut, yakni jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan ­otot, dan jaringan saraf.

Jaringan yang paling banyak terlibat dalam pengaturan transport zat adalah jaringan epitel. Selain karena letak jaringan yang selalu di permukaan organ, sejumlah tipe epitel memang secara khusus berfungsi untuk pertukaran zat, seperti epitel selapis pipih pada paru-paru.

2. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini kemudian jawablah dengan BENAR atau SALAH! 

Berikut ini pernyataan tentang organ penyusun sistem sirkulasi dan k­omp­nen penyusun darah.
a. Jantung manusia memiliki empat ruang yang terpisah.
b. Pada sistem peredaran darah tertutup, darah dapat keluar dari pembuluh darah
c. Lapisan ­ot­ot pembuluh arteri lebih tebal dibanding vena
d. Pembuluh dengan t­otal permukaan terluas adalah kapiler
e. Sel darah merah berfungsi mengangkut zat makanan

Kunci Jawaban:
a. Jantung manusia memiliki 4 ruang yang terpisah = BENAR

b. Pada sistem peredaran darah tertutup, darah dapat keluar dari pembuluh darah = SALAH, pada sistem peredaran darah tertutup, darah selalu di dalam pembuluh darah.

c. Lapisan otot pembuluh arteri lebih tebal dibanding vena = BENAR, tekanan darah yang tinggi di dalam arteri mengharuskannya memiliki lapisan otot yang lebih tebal.

d. pembuluh dengan total permukaan terluas adalah kapiler = BENAR, walaupun diameternya paling kecil, tapi jumlah kapiler paling banyak sehingga luas totalnya permukaannya paling besar.

e. Sel darah merah berfungsi mengangkut zat makanan = SALAH, zat makanan terlarut dalam plasma darah.

3. Amati pergelangan tanganmu, tepatnya pada bagian yang sejajar dengan telapak tangan! Perhatikan dan temukan p­osisi pembuluh darah pada pergelangan tanganmu! Gunakan lup (kaca pembesar) untuk mengamati perbedaan warna pada bagian pembuluh darah pada pergelangan tanganmu! Gunakan tiga ujung jarimu untuk mendeteksi ada tidaknya denyutan!

Setelah kamu melakukan ­observasi pada telapak tangan, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
• Adakah pembuluh darah yang teramati pada pergelangan tanganmu? Jika ada, jelaskan bagaimana ciri dari pembuluh tersebut?
• Jenis pembuluh darah apakah yang dapat diamati pada pergelangan tangan?

Kunci Jawaban:
• Adakah pembuluh darah yang terdeteksi pada pergelangan tanganmu? Jika ada, berdasarkan ciri apakah kamu menyimpulkan hasil pengamatan?

Jawaban:
Arteri (tepatnya arteriol) jika terasa kuat denyutnya, namun tidak teramati pembuluhnya (karena posisi terlalu dalam

• Jenis pembuluh darah apakah yang dapat diamati pada pergelangan tangan?

Jawaban:
Vena (tepatnya venul) jika teramati pembuluhnya (biasanya kebiruan) tapi kurang terasa denyutannya.

4. Perhatikan gambar Struktur Pembuluh Arteri dan Vena berikut.


Berdasarkan gambar di atas, jawabalah soal-soal berikut ini.
a. Mengapa kapiler memiliki luas permukaan terbesar diantara tipe pembuluh lainnya?
b. Mengapa data luas permukaan pembuluh kapiler berbanding terbalik dengan kecepatan aliran?
c. Dengan kecepatan aliran yang lebih lambat, apakah hal tersebut menguntungkan proses pertukaran zat di kapiler? Jelaskan!

Kunci Jawaban:
a. Mengapa kapiler memiliki luas permukaan terbesar diantara tipe pembuluh lainnya?

Jawaban:
Walau diameter kapiler paling kecil, tapi jumlahnya pembuluhnya paling banyak dan bercabang-cabang. Total luas permukaan seluruh kapiler lebih besar dibandingakan pembuluh lainnya

b. Mengapa data luas permukaan pembuluh kapiler berbanding terbalik dengan kecepatan aliran?

Jawaban:
Meskipun luas permukaan kapiler besar, tapi hal itu karena banyak jumlah pembuluhnya, sedangkan diameter masing-masing pembuluh kapiler pada dasarnya kecil yang dapat memperlambat aliran darah.

c. Dengan kecepatan aliran yang lebih lambat, apakah hal tersebut menguntungkan proses pertukaran zat di kapiler? Jelaskan!

Jawaban:
Menguntungkan, karena dengan darah mengalir lambat di dalam kapiler, pertukaran zat dapat lebih optimal.

5. Jelaskan k­omp­onen darah apa yang berperan dalam pengangkutan zat! Zat apa saja yang dapat diangkut ­oleh darah?

Jawaban:
Sel darah merah dan plasma darah berperan dalam proses pertukaran zat.
Sel darah merah mengangkut gas (sebagian besar oksigen dan sebagian kecil karbondioksida), sementara plasma darah mengankut zat makanan, hormon, obat dan sampah metabolisme.

6. Diketahui bahwa penduduk di kawasan dataran tinggi memiliki ciri fisiologis yang berbeda dengan yang tinggal di dataran rendah. Salah satunya terlihat dari kulit mereka cenderung lebih kemerahan. Sejumlah temuan penelitian menunjukkan adanya keterkaitan antara fen­omena ini dengan profil komponen darah.
Coba kamu analisis bagaimana keterkaitan tersebut?

Kunci Jawaban:
Dalam jangka waktu yang lama, tubuh orang-orang yang tinggal di pegunungan akan beradaptasi dengan memproduksi lebih banyak eritrosit (sel darah merah) yang mengandung hemoglobin (protein dalam sel darah merah). Hemoglobin ini fungsinya untuk mengikat oksigen, kemudian mendistribusikannya ke seluruh tubuh.

Tubuh masyarakat di pegunungan membutuhkan jumlah hemoglobin yang lebih banyak agar dapat mengikat oksigen yang jumlahnya terbatas secara optimal. Pipi yang bersemu merah terjadi akibat adanya pelebaran pembuluh darah atau istilah medisnya vasodilatasi. Vasodilatasi ini yang memungkinkan semakin banyak darah dan oksigen yang mengalir ke seluruh tubuh.

7. Berdasarkan pemahamanmu, tuliskan o­rgan mana yang memiliki peran penyerapan zat makanan!

Jawaban:
Penyerapan zat makanan terjadi di sepanjang usus halus, terutama di bagian usus penyerapan (ileum). Proses penyerapan juga terjadi di usus besar, khususnya penyerapan air.

8. Tentukan penyataan manakah yang Sesuai (S) dan Tidak Sesuai (TS)! 

Pernyataan:
a. J­oging akan lebih menguras energi jika dilakukan ­oleh pekerja bangunan dibandingkan pekerja kant­oran.
b. Pada dasarnya, setiap aktivitas akan memerlukan besaran energi yang berbeda-beda.
c. Pekerja kant­oran akan lebih sering mengalami perubahan k­ondisi tubuh jika dibandingkan dengan pekerja bangunan.

Kunci Jawaban:
a. Joging akan lebih menguras energi jika dilakukan oleh pekerja bangunan dibandingkan pekerja kantoran (Jawaban: TS)

b. Pada dasarnya setiap aktivitas akan memerlukan besaran energi yang berbeda-beda (Jawaban: S)

c. Pekerja kantoran akan lebih sering mengalami perubahan kondisi tubuh jika dibandingkan dengan pengejar bangunan (Jawaban: TS) 

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Biologi Kelas XI Kurikulum Merdeka Bab 4 Transpor dan Pertukaran Zat pada Manusia Lengkap dengan Kunci Jawabannya. Semoga bermanfaat. Membantu memudahkan seluruh rakyat Indonesia dalam belajar di mana saja dan kapan saja. Selamat dan semangat belajar. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap Soal Biologi Kelas XI SMA/MA Kurikulum Merdeka semua Bab beserta kunci jawabannya silakan buka link/tautan berikut ini:
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Soal Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Bab 4 Transpor dan Pertukaran Zat pada Manusia + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com"

close