Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan dan jelaskan tahapan pembuatan vaksin! [Biologi Kelas 12 Kurikulum Merdeka Bab 4 Inovasi Bioteknologi] ~ sekolahmuonline.com

Sebutkan dan jelaskan tahapan pembuatan vaksin! [Biologi Kelas 12 Kurikulum Merdeka Bab 4 Inovasi Bioteknologi] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal Biologi kelas XII SMA/MA yang membahas tentang Tahapan Pembuatan Vaksin. Soal tentang pembuatan vaksin ini termasuk pembahasan Biologi kelas Kurikulum Merdeka Bab 4 Inovasi Bioteknologi.
Tahapan Pembuatan Vaksin
Tahapan Pembuatan Vaksin

Vaksin adalah zat, senyawa, atau mikroorganisme yang berfungsi membentuk kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit. Kandungan vaksin dapat berupa bakteri atau virus yang telah dilemahkan atau dimatikan, bisa juga berupa bagian dari bakteri atau virus tersebut. Vaksin dapat diberikan
dalam bentuk suntikan, tetes minum, atau melalui uap (aerosol).

Sekira tiga tahun, yaitu 2019 – 2022, Indonesia mengalami wabah Covid-19 yang mengganggu aktivitas kehidupan. Solusi manjur yang mampu menghentikan pandemi Covid-19 dilakukan dengan vaksinasi.

Vaksinasi merupakan proses pemberian vaksin ke dalam tubuh. Vaksinasi akan diikuti dengan imunisasi. Imunisasi adalah proses pembentukan zat kekebalan tubuh (antibodi) terhadap penyakit tertentu melalui vaksinasi. Adapun imunitas atau daya tahan tubuh merupakan sistem perlindungan tubuh terhadap serangan penyakit.

Jenis vaksin yang digunakan untuk meredakan pandemi Covid-19 antara lain Sinovac, Sinopham, Astrazeneca, Moderna, Novavax, dan Pfizer. Tahukah kalian, Indonesia telah mengembangkan pembuatan vaksin untuk Covid-19? Vaksin apakah yang dihasilkan?

Pada umumnya, proses pembuatan vaksin melalui tahapan yang cukup panjang. Ada beberapa tahapan pembuatan vaksin.

Sebutkan dan jelaskan secara ringkas tahapan pembuatan vaksin!

Jawaban:

Tahapan Pembuatan Vaksin

Pada umumnya, proses pembuatan vaksin melalui tahapan yang cukup panjangringkas, yaitu enam tahapan. Keenam tahapan tersebut adalah Eksplorasi, Uji praklinis, Uji coba klinis tahap I, Uji coba klinis tahap II, Uji coba klinis tahap III efikasi, Tahap VI.

Berikut ini penjelasan secara ringkas tentang 6 tahapan pembuatan vaksin.

a. Eksplorasi

Tahap pertama dilakukan pada sel hidup yang harus dikontrol secara konsisten untuk mendapatkan karakterisasi dari sifat kimia, fisika, dan biologi termasuk mencari cara virus menyerang sel tubuh. Setelah ditemukan prinsip pengendalian virus maka kandidat vaksin dibuat untuk diujicobakan.

b. Uji praklinis

Selanjutnya, dilakukan uji praklinis secara in vitro di tingkat sel pada kandidat virus. Apabila pengujian berhasil, dilanjutkan ke uji pada tikus dan monyet. Tujuannya adalah untuk mengetahui efektivitas dan keamanan serta mengkaji efek samping tertentu dari vaksin.

c. Uji coba klinis tahap I

Setelah lolos uji praklinis dan dinyatakan aman bagi manusia, dilakukan uji klinis pada orang dewasa yang sehat. Tujuannya untuk memastikan keamanan dan efektivitas vaksin pada manusia.
d. Uji coba klinis tahap II
Pada tahap ini, kandidat vaksin diujikan pada manusia sehat dengan sampel antara 100 - 500 orang dengan usia dan kondisi kesehatan yang lebih beragam. Uji ini untuk mengkaji dan mengevaluasi efektivitas, keamanan, dan dosis vaksin yang tepat, serta menilai respons sistem kekebalan tubuh terhadap vaksin yang diberikan.

e. Uji coba klinis tahap III efikasi

Uji fase tiga, yaitu uji dengan sampel 1.000 - 5.000 orang dengan kondisi yang bervariasi. Tujuannya adalah untuk memastikan keamanan, efektivitas, serta keuntungan yang melebihi risiko penggunaan dengan memantau respon kekebalan tubuh dan efek samping vaksin dalam jangka waktu tertentu. Salah satu indikasi keberhasilan pada fase ini, yaitu klaim efektivitas yang diukur dengan tingkat efikasi.
Nilai efikasi Pfizer 94 – 95%, Sinovac 65,3%, Moderna 94,5%, dan Astrazeneca 62 – 75%.

f. Tahap VI

Setelah dinyatakan lulus semua uji klinis, vaksin bisa mendapatkan izin edar dari BPOM.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh soal Biologi kelas XII SMA/MA Kurikulum Merdeka Bab 4 Inovasi Bioteknologi khususnya tentang Pembahasan Tahapan Pembuatan Vaksin. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Sebutkan dan jelaskan tahapan pembuatan vaksin! [Biologi Kelas 12 Kurikulum Merdeka Bab 4 Inovasi Bioteknologi] ~ sekolahmuonline.com"

close