Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Geografi Kelas 10 Pembahasan Bencana [Geografi Kelas X Kurikulum Merdeka] ~ sekolahmuonline.com

Soal Geografi Kelas 10 Pembahasan Bencana [IPS: Geografi Kelas X Kurikulum Merdeka] ~ sekolahmuonline.com. Bapak/Ibu/Kakak/Adik-adik pembaca Sekolahmuonline semuanya, berikut ini Sekolahmuonline sajikan soal-soal Geografi Kelas X Kurikulum Merdeka khususnya pembahasan tentang Bencana. Silakan dibaca dan dipelajari, semoga memudahkan Anda dalam mengakses informasi dan belajar Geografi secara mandiri.
Soal Geografi Kelas 10 Pembahasan Bencana [IPS: Geografi Kelas X Kurikulum Merdeka]
Soal IPS Kelas X Kurikulum Merdeka Tema 04. Geografi: Manusia, Ruang, dan Lingkungan Khusus Pembahasan tentang Bencana
Dalam Kurikulum Merdeka pembahasan tentang Bencana ini termasuk materi dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Tema 04. Geografi: Manusia, Ruang, dan Lingkungan.

Soal Geografi Kelas 10 Pembahasan Bencana

Postingan Sekolahmuonline berikut ini berisi soal-soal Geografi tentang bencana. Isinya dapat Anda lihat pada Daftar Isi Postingan (Klik: SHOW):

1. Jelaskan kenapa jika dilihat dari sisi geografisnya wilayah Indonesia berpotensi tinggi terjadi bencana?

Jawaban:
Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia secara geografis terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia, Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, pertemuan Pegunungan Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania serta pertemuan tiga lempeng aktif yaitu Lempeng Pasifik, Indo-Australia dan Eurasia. Posisi inilah yang menyebabkan wilayah Indonesia berpotensi tinggi terjadi bencana.

2. Jelaskan pengertian bencana!

Jawaban:
Mengacu pasal 1 dari Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, definisi bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/faktor nonalam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.

3. Apa yang anda ketahui tentang bencana alam? Jelaskan secara singkat!

Jawaban:
Bencana alam adalah peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam antara lain berupa gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor (pasal 1, ayat 2).

4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan bencana nonalam!

Jawaban:
Bencana nonalam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau rangkaian peristiwa nonalam yang antara lain berupa gagal teknologi, gagal modernisasi, epidemi, dan wabah penyakit (pasal 1 ayat 3).

5. Jelaskan pengertian kegiatan pencegahan bencana!

Jawaban:
Kegiatan pencegahan bencana adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan sebagai upaya untuk menghilangkan dan/atau mengurangi ancaman bencana (pasal 1 ayat 6).

6. Jelaskan yang dimaksud dengan istilah kesiapsiagaan jika dikaitkan dengan bencana!

Jawaban:
Kesiapsiagaan adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi bencana melalui pengorganisasian serta melalui langkah yang tepat guna dan berdaya guna (pasal 1 ayat 7)

7. Diantara istilah yang sering disebut jika berkaitan dengan bencana adalah mitigasi. Jelaskan apa itu mitigasi!

Jawaban:
Mitigasi adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana (pasal 1 ayat 9)

8. Jelaskan langkah-langkah dalam melakukan mitigasi bencana! 

Jawaban:
Hal penting dari siaga bencana adalah melakukan mitigasi bencana. Beberapa langkah yang dapat dilakukan adalah:
(1) Mengenali kondisi geografis daerah dengan baik berikut potensi bencana yang mungkin terjadi;
(2) Belajar dari peristiwa bencana sehingga lebih sigap dalam menghadapi potensi bencana;
(3) Mengetahui cara untuk penyelamatan dan evakuasi.
Agar pengetahuan tentang kebencanaan lebih baik, kita dapat membaca dan melakukan simulasi untuk mitigasi bencana.
Beberapa informasi dari pranala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dapat dipelajari dan dipraktikkan: https://bnpb.go.id/

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Geografi Kelas X Khususnya Pembahasan Bencana. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Mungkin Anda sedang mencari informasi tentang jenis-jenis pendekatan Geografi, silakan baca:
Jenis-jenis Pendekatan Geografi ~ sekolahmuonline.com
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Soal Geografi Kelas 10 Pembahasan Bencana [Geografi Kelas X Kurikulum Merdeka] ~ sekolahmuonline.com"

close