Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman PAIBP Kelas 12 Bab 7 Ilmu Kalam [PAIBP Kelas XII SMA/SMK/MA Kurikulum Merdeka] ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman PAIBP Kelas 12 Bab 7 Ilmu Kalam [PAIBP Kelas XII SMA/SMK/MA Kurikulum Merdeka] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan untuk Anda Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIB) kelas XII SMA/SMK/MA yang kini sudah menggunakan Merdeka (Merdeka Belajar/Kurikulum Paradigma Baru). Rangkuman atau ringkasan kali ini berisi materi pelajaran PAIBP Kelas 12 Bab 7 Ilmu Kalam.
Rangkuman PAIBP Kelas XII Bab 7 Ilmu Kalam [PAIBP Kelas XII SMA/SMK/MA Kurikulum Merdeka]
Rangkuman PAIBP Kelas XII SMA/SMK/MA Kurikulum Merdeka Bab 7 Ilmu Kalam

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) untuk SMA/SMK/MA Kelas XII Kurikulum Merdeka terdiri dari 10 Bab, yaitu:
• Bab 1 Sabar dalam Menghadapi Musibah dan Ujian
• Bab 2 Indahnya Kehidupan Bermakna
• Bab 3 Munafik dan Keras Hati Tak Akan Pernah Maju
• Bab 4 Kewarisan dan Kearifan dalam Islam
• Bab 5 Perkembangan Peradaban Islam di Dunia
• Bab 6 Cinta Tanah Air dan Moderasi Beragama
• Bab 7 Ilmu Kalam
• Bab 8 Sikap Inovatif dan Etika dalam Berorganisasi
• Bab 9 Ijtihad
• Bab 10 Peran Organisasi Islam di Indonesia

Rangkuman PAIBP Kelas XII Bab 7 Ilmu Kalam

Nah, berikut ini rangkuman Bab 7 Ilmu Kalam yang pertama. Silakan dibaca dan dipelajari. Semoga memudahkan seluruh rakyat Indonesia dalam belajar dimana saja dan kapan saja.

Untuk memudahkan navigasi isi rangkumandi bawah ini, berikut ini Sekolahmuonline sediakan daftar isi rangkuman yang ada. Jika ingin dibaca semuanya silakan, jika cukup pada yang Anda butuhkan maka silakan lihat daftar isi postingan Sekolahmuonline berikut ini [Pada daftar isi silakan Klik: SHOW, tinggal Klik/pencet judul yang Anda butuhkan, maka akan diarahkan ke ringkasan pembahasan yang dituju]:

1. Pengertian Ilmu Kalam

Istilah ilmu kalam terdiri dari dua kata ilmu dan kalam. Kata ilmu kalam dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengandung arti pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu. Adapun kata kalam berasal dari bahasa Arab yang berarti katakata, pembicaraan. Dalam pengertian pembicaraan yang bernalar dan menggunakan logika. Maka ciri utama iImu kalam adalah rasionalitas dan logis. Sehingga ilmu kalam sangat erat hubungannya dengan ilmu mantiq/logika. Istilah lain dari ilmu kalam adalah theologi Islam.

Ilmu kalam secara etimilogi (bahasa) adalah iImu yang membicarakan bagaimana menetapkan kepercayaan keagamaan (agama Islam) dengan bukti-bukti yang yakin.

Ilmu kalam secara terminology adalah suatu ilmu yang membahas berbagai masalah ketuhanan dengan menggunakan argument logika dan filsafat, di sebut juga dengan ilmu tauhid.

Beberapa ahli mendefinisikan tentang ilmu kalam dengan definisi berbeda-beda yang pada intinya sebenarnya sama. Berdasarkan pengertian ilmu kalam menurut para ahli dapat disimpulkan bahwa ilmu kalam adalah ilmu yang membahas berbagai masalah keTuhan-an dengan menggunakan dasar-dasar naqliyah, maupun argumentasi rasional (aqliyah). Argumentasi naqliyah berupa dalil-dalil Al-Qur’an dan hadis. Sedangkan argumentasi aqliyah artinya menggunakan landasan pemahaman berfikir rasional dengan metode berfikir filsafat.

2. Ruang Lingkup Ilmu Kalam

Adapun ruang lingkup pembahasan ilmu kalam mencakup beberapa hal, yaitu:
a) Ilahiyah, yaitu pembahasan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan Allah Swt. seperti wujud Allah Swt., nama-nama Allah Swt dan sifat-sifat Allah Swt., af’al dan lain sebagainya.
b) Nubuwat, yaitu pembahasan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan Nabi dan Rasulullah, termasuk pembahasan tentang kitab-kitab Allah, mu’jizat, karomah dan lain sebagainya.
c) Ruhaniyah, yaitu pembahasan tentang segala sesuatu yang berhubungan alam metafisik seperti Malaikat, Jin, Iblis, Syetan, Roh, dan lain sebagainya.
d) Sam’iyyat, yaitu segala sesuatu yang hanya bisa diketahui lewat sam’i (dalil naqli berupa Al-Qur’an dan sunnah) seperti alam barzakh, akhirat, azab kubur, tanda-tanda kiamat, surga, neraka, dan lain sebagainya.

3. Sumber-sumber Ilmu Kalam

Semua ilmu pada prinsipnya mempunyai sumber, adapun sumber-sumber ilmu kalam adalah sebagi berikut:
a. Al-Qur’an
b. Al-Hadis
c. Pemikiran Manusia
d. Insting

Jadi metodologi yang digunakan oleh Ilmu Kalam dikenal dengan dalil naqli (dalil yang menggunakan nash-nash agama, yaitu Al-Qur’an dan Hadis Nabi) Serta dali aqli (dalil yang menggunakan argumentasi rasional). Dalam menggunakan dua metode tersebut timbul dua corak pemikiran kalam, yakni pemikiran kalam rasional dan pemikiran kalam tradisional.

4. Tujuan Ilmu Kalam

a) Untuk menolak akidah yang sesat dengan berusaha menghindari tantangan-tantangan dengan cara memberikan penjelasan duduk perkaranya selanjutnya membuat suatu garis kritik yang sehat berdasarkan logika.
b) Memberikan penguatan landasan keimanan melalui pendekatan filosofis dan logis, sehingga kebenaran Islam tidak saja dipahami secara dogmatis (diterima apa adanya) tetapi bisa juga dipaparkan secara rasional.
c) Menguatkan sistem nilai ajaran Islam yang terdiri atas tiga pokok, yaitu iman sebagai landasan akidah, Islam sebagai manifestasi syariat, ibadah dan muamalah, serta ihsan sebagai aktualisasi akhlak.
d) Menjawab problematika penyimpangan teologi agama lain yang dapat merusak akidah umat Islam, khususnya ketika Islam bersinggung dengan teologi agama lain dalam masyarakat yang heterogen (berbeda-beda).

5. Manfaat Ilmu Kalam

Berikut adalah manfaat mempelajari ilmu kalam terhadap permasalahan keimanan seorang muslim:
a. Memperkuat Dasar Pengetahuan tentang Islam
b. Tidak Mudah Melenceng dari Ajaran Agama
c. Dapat Menerapkan secara Konsisten Amalan Islam

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman PAIBP Kurikulum Merdeka Kelas XII Bab 7 Ilmu Kalam. Semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar.

Rangkuman PAIBP Kelas XII SMA/SMK/MA Kelas XII Kurikulum Merdeka Semua Bab

Lengkap Rangkuman PAIBP Kelas XII SMA/SMK/MA Kelas XII Kurikulum Merdeka silakan buka postingan Sekolahmuonline di bawah ini:

Rangkuman PAIBP Kelas XII SMA/SMK/MA Kelas XII Kurikulum 2013 Semua Bab

Untuk sekolah yang masih menggunakan Kurikulum 2013 (K-13 atau Kurtilas) rangkuman PAIBP kelas 12 semua Bab dapat dibaca pada postingan Sekolahmuonline yang berjudul:
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Rangkuman PAIBP Kelas 12 Bab 7 Ilmu Kalam [PAIBP Kelas XII SMA/SMK/MA Kurikulum Merdeka] ~ sekolahmuonline.com"

close