Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Soal Online TWK, TIU, dan TKP (Untuk CPNS) Part 4 ~ sekolahmuonline.com

Latihan Soal Online TWK, TIU, dan TKP (Untuk CPNS) Part 4 ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan untuk Anda, Bagian Keempat (Part 4) dari contoh Latihan Soal Online TWK, TIU, dan TKP. Jamak diketahui bahwa TWK, TIU, dan TKP sering diujikan pada Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Agar lulus rekrutmen CPNS tentu harus melakukan persiapan sejak dini, baik mengumpulkan syarat dokumen maupun latihan mengerjakan soal yang akan diujikan.
Latihan Soal Online TWK, TIU, dan TKP untuk CPNS Part 4
Latihan Soal Online TWK, TIU, dan TKP untuk CPNS Part 4

Mengacu dalam rekrutmen tahun sebelumnya, tes CPNS terdiri dari Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Adapun tes SKD terdiri dari 3 materi soal yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) digunakan untuk mengukur seberapa jauh peserta tes CPNS dalam pemahaman wawasan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pemahaman tersebut dapat digunakan dalam dunia pelayanan publik di berbagai kementerian, lembaga nasional, maupun pemerintah daerah tingkat I dan ll.

Tes Inteligensia Umum (TIU) digunakan untuk mengukur kemampuan peserta tes CPNS dalam hal yang berkaitan dengan penalaran verbal, kuantitatif, logika, dan analisis. Kemampuan ini berguna dalam menghadapi dunia pelayanan publik di berbagai instansi pemerintahan seperti kementerian, lembaga nasional, maupun pemerintah daerah tingkat I dan Il, dalam hal memecahkan masalah dan pengambilan suatu keputusan atau kebijakan yang merupakan hasil dari pertimbangan menggunakan akal dan penalaran. Diharapkan keputusan atau kebijakan yang diambil berdasarkan suatu pertimbangan/penalaran yang logis atau masuk akal. Oleh karena itu, kemampuan ini dapat Anda latih dengan mengerjakan latihan soal Tes Inteligensia Umum yang terdiri dari:
1. Penalaran verbal/kebahasaan.
2. Penalaran nonverbal/angka/numerik/
kuantitatif.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) digunakan untuk mengukur karakter keseharian peserta Tes CPNS yang berkaitan dengan kultur lingkungan kerja kepegawaian PNS dalam pelayanan publik di berbagai lini pemerintahan seperti kementerian, lembaga nasional, maupun pemerintah daerah tingkat I dan Il. Ada beberapa aspek karakteristik pribadi yang diuji di TKP, seperti integritas diri, kejujuran, tanggung jawab, kemampuan untuk beradaptasi, pengendalian diri, semangat untuk terus berprestasi, tingkat inisiatif, daya kreativitas dan inovasi, ketekunan, penghargaan terhadap orang lain atau berorientasi pada pelayanan, ketegasan, kepercayaan diri, mampu bertoleransi, memiliki kepedulian terhadap lingkungan, dan senantiasa efisien dalam bekerja.

Soal-soal online TWK, TIU, TKP ini cocok digunakan untuk menemani Anda dalam belajar secara mandiri. Setelah Anda membaca-baca materi atau mempelajari contoh-contoh soal pada file yang ada, nah Anda dapat praktik langsung dengan contoh soal onlinenya.

Anda dapat langsung mengetahui skor nilai yang didapat setelah selesai mengerjakan. Apakah lulus dengan sempurna, lulus, atau kurang dari 80% skornya.

Usahakan tidak melihat jawabannya terlebih dahulu, dapatkan skor semaksimal dan sebaik mungkin. Hal ini penting untuk mengukur sejauh mana Anda belajar dan memahami materi yang sudah dibaca atau dipelajari. Jika mentok kesulitan menjawab, baru silakan lihat kunci jawabannya.

Dengan mengerjakan soal latihan online di bawah ini, semoba membantu membuat Anda percaya diri, lebih siap, dan lebih bersemangat jika kelak ikut test penerimaan CPNS.

Jangan lupa, bagikan kepada teman-teman Anda agar yang lainnya juga senang belajar dan juga merasakan manfaatnya. Sharing is caring guys! Selamat berlatih dan belajar!

Latihan Soal TWK, TIU, dan TKP untuk CPNS (Part 4)

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan meng-klik lingkaran yang ada pada huruf A, B, C, D atau E pada jawaban yang paling tepat !

1. Pertemuan APEC pada tanggal 14-15 Novermber 2009 di Singapura membahas …
A. Perjanjian ekstradisi
B. Perjanjian ekspor impor
C. Perubahan iklim dunia
D. Kerjasama ekonomi gobal
E. Krisis ekonomi global
a
b
c
d
e

Bacaan untuk soal no. 2 s.d. 4.
Tugas utama seorang guru adalah mengajar siswa di sekolah, bukan memberi les tambahan di rumah. Fokus pada pemberian les di rumah akan berpengaruh pada efisiensi dan bukan tidak mungkin akan menurunkan kualitas dedikasi seorang guru. Pemberian les tambahan sebaiknya dilakukan hanya untuk meningkatkan kualitas siswa yang kurang, dan bukan sebagai sarana menambah penghasilan.

2. Ide pokok dari paragraf di atas adalah ...
A. Fokus utama seorang guru adalah mengajar siswa di sekolah
B. Fokus pada pemberian les tambahan di rumah akan berpengaruh terhadap efisiensi pendidikan
C. Pemberian les tambahan akan menurunkan kualitas dedikasi seorang guru
D. Pemberian les tambahan adalah sarana menambah penghasilan
E. Pemberian les tambahan akan meningkatkan kualitas dedikasi seorang guru
a
b
c
d
e

3. Paragraf di atas termasuk dalam paragraf ...
A. Deduktif
B. Induktif
C. Efektif
D. Deduktif – Induktif
E. Induktif – Deduktif
a
b
c
d
e

4. Dari bacaan diatas, dapat disimpulkan bahwa seorang guru dapat memberikan les tambahan asalkan ...
A. Mendapatkan uang tambahan yang banyak
B. Tidak mengajar di sekolah
C. Memberi tambahan ilmu terhadap siswanya yang kurang
D. Meningkatkan popularitas
E. Meningkatkan kemampuan siswa terbaik di sekolah
a
b
c
d
e

5. Penggunaan tanda baca seru yang menyatakan perasaan atau emosi terdapat pada kalimat ...
A. Cepat datanglah kemari!
B. Benar, Bu! Saya tidak mengambil uang itu!
C. Ah, aku tidak percaya lagi semua ucapanmu!
D. Wow, indah sekali pemandangan di sini!
E. Kerjakan tugasmu dengan baik!
a
b
c
d
e

6. AMBAL = ______
A. Rial
B. Parade
C. Barisan
D. Pawai
E. Riuh
a
b
c
d
e

7. DEMAGOGI = _____
A. Menghasut
B. Menghina
C. Membela
D. Mempelajari
E. Membujuk
a
b
c
d
e

8. LEJAR = ______
A. Lemas
B. Lemah
C. Penat
D. Lesu
E. Lalai
a
b
c
d
e

9. TELAGA >< ______
A. Lautan
B. Sumur
C. Danau
D. Mata Air
E. Arus
a
b
c
d
e

10. ROBOH >< _____
A. Runtuh
B. Miring
C. Hancur
D. Tegak
E. Rusak
a
b
c
d
e


Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Bagian Keempat (Part 4) dari Latihan Soal Online TWK, TIU, dan TKP untuk CPNS. Soal Sekolahmuonline rujuk dari File PDF. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Latihan Soal Online TWK, TIU, dan TKP (Untuk CPNS) Part 4 ~ sekolahmuonline.com"

close