Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asesmen Ekonomi Kelas 11 Bab 1 Badan Usaha dalam Perekonomian Lengkap dengan Kunci Jawaban atau Pembahasannya [Ekonomi Kelas XI Kurikulum Merdeka] ~ sekolahmuonline.com

Asesmen Ekonomi Kelas 11 Bab 1 Badan Usaha dalam Perekonomian Lengkap dengan Kunci Jawaban atau Pembahasannya [Ekonomi Kelas XI Kurikulum Merdeka] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal Ekonomi kelas XI Kurikulum Merdeka. Pemberian soal kepada peserta didik untuk diambil nilainya dalam Kurikulum Merdeka merupakan bagian dari Asesmen. Asesmen kali ini akan membahas soal-soal Ekonomi Kelas 11 Bab 1 Badan Usaha dalam Perekonomian.
Asesmen Ekonomi Kelas XI Bab 1 Badan Usaha dalam Perekonomian Lengkap dengan Kunci Jawaban atau Pembahasannya [Ekonomi Kelas XI Kurikulum Merdeka]
Asesmen Ekonomi Kelas XI Kurikulum Merdeka Bab 1 Badan Usaha dalam Perekonomian Lengkap dengan Kunci Jawaban atau Pembahasannya  

Asesmen Ekonomi Kelas XI Bab 1 Badan Usaha dalam Perekonomian

Materi Ekonomi Kelas XI Kurikulum Merdeka terdiri dari lima Bab, yaitu:
Bab 1 Badan Usaha Dalam Perekonomian
Bab 2 Pendapatan Nasional dan Kesenjangan Ekonomi
Bab 3 Ketenagakerjaan
Bab 4 Teori Uang, Indeks Harga, dan Inflasi
Bab 5 Kebijakan Moneter dan Kebijakan Fiskal

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Dalam Undang-undang pemerintah diperbolehkan melakukan privatisasi. Apa yang kalian ketahui tentang privatisasi? Analisis sebab dan dampak pemerintah melakukan privatisasi BUMN!

Jawaban:
Privatisasi adalah penjualan saham BUMN berbentuk persero yang dimiliki oleh negara kepada pihak swasta atau pihak lain dalam rangka meningkatkan kinerja dan nilai perusahaan, memperbesar manfaat bagi negara dan masyarakat, serta memperluas kepemilikan saham masyarakat. Intinya adalah menjual saham perusahaan BUMN ke pihak swasta atau masyarakat.

Adapun penyebab privatisasi diantaranya adalah pemerintah ingin meningkatkan daya saing dan alasan keuangan.

Terdapat beberapa dampak yang bisa muncul dari adanya privatisasi, yaitu terjadi redistribusi pendapatan, bisa menimbulkan kehilangan pekerjaan, dan berkurangnya transparansi keuangan.

2. Sebelum menjalankan usaha, perlu dibuat rancangan dan persiapan yang matang agar usaha dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Jelaskan hal apa yang paling harus diperhatikan dalam merancang suatu usaha!

Jawaban:
a. Apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, dapat dilakukan dengan melakukan survey kecil-kecilan
b. Usaha apa yang akan dirintis
c. Modal yang dimiliki, meliputi uang, peralatan, dan lain-lain
d. Ketersediaan bahan baku
e. Pertimbangan untuk menggunakan teknologi yang tepat
f. Bagaimana usaha itu akan dijalankan

Jawaban ini bisa dijawab dengan konsep masalah ekonomi modern.

3. Apa yang dimaksud dengan simpanan wajib? Jelaskan bagaimana status simpanan wajib tersebut apabila anggotanya mengundurkan diri dari keanggotaan koperasi!

Jawaban:
Simpanan wajib adalah iuran wajib yang harus dibayarkan oleh anggota kepada koperasi yang bisa dibayarkan per bulan. Besarannya sama untuk seluruh anggota. Apabila anggota tersebut mengundurkan diri, maka simpanan wajibnya dapat diambil kembali.

4. Koperasi digadang-gadang menjadi soko guru perekonomian Indonesia. Akan tetapi pada kenyataannya belum banyak koperasi yang berkembang sebagaimana seharusnya. Jelaskan bagaimana upaya yang seharusnya dilakukan oleh pemerintah agar keberlangsungan koperasi tetap berjalan!

Jawaban:
• Terus menerus memberikan pendampingan dan pelatihan bagi koperasi-koperasi yang masih aktif
• Memberikan modal dengan terus didampingi
• Pemerintah terus meningkatkan eksistensi koperasi
• Bisa ditambahkan sesuai pendapat Bapak/Ibu guru.

5. Apa dampak yang akan terjadi apabila fungsi manajemen tidak diterapkan dalam suatu organisasi atau badan usaha? Berikan pendapat kalian!

Jawaban:
• Organisasi tidak akan berjalan sesuai dengan fungsinya
• Akan terjadi tumpang tindih tugas dan tanggung jawabnya
• Akan saling mengandalkan
• Memicu keributan dan kesalahpahaman
• Berdasarkan pendapat siswa dan jawaban bisa beragam

Soal Menghitung SHU

Salah satu pembeda antara koperasi dengan badan usaha lainnya yaitu adanya Sisa Hasil Usaha (SHU). SHU diatur dalam Undang-undang Nomor 25 Tahun 1992 pasal 45.

SHU koperasi merupakan pendapatan koperasi yang diperoleh dalam satu tahun buku dikurangi dengan biaya, penyusutan, dan kewajiban lainnya termasuk pajak dalam tahun buku yang bersangkutan. 

SHU setelah dikurangi dana cadangan dan dibagikan kepada anggota sebanding dengan jasa usaha yang dilakukan oleh anggota terhadap koperasi.

Selain itu, SHU juga digunakan untuk pendidikan perkoperasian dan keperluan lain dari koperasi sesuai dengan keputusan rapat anggota.

SHU koperasi yang diterima oleh anggota bersumber dari dua kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh anggota sendiri, yaitu:
a. SHU jasa modal
Perhitungan diambil dari seluruh simpanan yang dimiliki oleh anggota.

b. SHU jasa anggota / jasa usaha
Perhitungan sisa hasil usaha yang diberikan kepada anggota berdasarkan:
1) Jasa pinjaman
2) Jasa pembelian anggota

Hitunglah SHU dari masing-masing soal di bawah ini!

1. Sebagian data keuangan Koperasi Karimun Indah terdapat simpanan anggota sebesar Rp35.000.000,00 dan total penjualan sebesar Rp20.000.000,00. SHU untuk jasa anggota sebesar Rp10.000.000,00 dan SHU untuk modal sebesar Rp6.000.000,00. Nadia merupakan salah satu anggota koperasi tersebut. Simpanan Nadia di koperasi sebesar Rp2.450.000,00. Jika Nadia tidak pernah berbelanja di koperasi, hitunglah besarnya SHU yang diterima Nadia!

2. Koperasi konsumsi ’’Sehati” memiliki data keuangan sebagai berikut:
 • Simpanan pokok tiap anggota Rp6.000.000,00
 • Simpanan wajib seluruh anggota sebesar Rp22.000.000,00
 • SHU yang diperoleh sebesar Rp56.000.000,00 dan omset penjualan selama setahun sebesar Rp168.000.000,00
 Pembagian SHU menurut rapat anggota:
 • Jasa modal/simpanan 25%
 • Jasa anggota 30%

Jika Melani anggota aktif koperasi yang telah membayar simpanan pokok dan simpanan wajibnya sebesar Rp600.000,00 sedangkan jumlah pembelian yang dilakukannya ke koperasi sebesar Rp8.400.000,00, maka hitunglah jumlah SHU yang diterima Melani!

3. Koperasi “Maju Terus” memiliki SHU sebesar Rp80.000.000,00.
Pembagian SHU ditetapkan sebagai berikut:
 • Jasa modal 20%
 • Jasa penjualan 50%
 • Jasa pengurus 10%
 • Jasa pendidikan 5%
 • Dana cadangan 15%

Modal simpanan koperasi sebesar Rp100.000.000,00 dengan total penjualan dalam setahun Rp200.000.000,00. Jika Khairul memiliki simpanan sebesar Rp10.000.000,00 dan telah melakukan pembelian sebesar Rp20.000.000,00. Hitunglah besarnya SHU yang diterima Khairul!

4. Berikut ini merupakan data keuangan Koperasi Tanjung Pandan Makmur:
 • Total SHU tahun 2021 Rp90.000.000,00
 • Simpanan wajib Rp50.000.000,00
 • Simpanan pokok Rp28.000.000,00
 • Omset penjualan koperasi selama satu tahun Rp102.000.000,00

Dari SHU tersebut dialokasikan:
• Jasa simpanan sebesar 40%
• Jasa usaha sebesar 30%
• Cadangan koperasi 20%
• Dana pendidikan 10%

Heri merupakan salah satu anggota koperasi yang memiliki simpanan pokok sebesar Rp1.500.000,00 dan simpanan wajib sebesar Rp5.000.000,00. Selama setahun, Heri melakukan pembelian di koperasi senilai Rp1.500.000,00.

Hitunglah besaran SHU yang diterima Heri!

Kunci Jawaban Soal Menghitung SHU

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Asesmen Ekonomi Kelas XI Bab 1 Badan Usaha dalam Perekonomian Lengkap dengan Kunci Jawaban atau Pembahasannya. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Asesmen Ekonomi Kelas 11 Bab 1 Badan Usaha dalam Perekonomian Lengkap dengan Kunci Jawaban atau Pembahasannya [Ekonomi Kelas XI Kurikulum Merdeka] ~ sekolahmuonline.com"

close