Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perhatikan potongan ayat Q.S. an-Nisā’/4:59 di bawah ini (PAIBP Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com

Perhatikan potongan ayat Q.S. an-Nisā’/4:59 di bawah ini (PAIBP Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan untuk Anda khususnya adik-adik yang kini berada di kelas VII SMP khususnya SMP yang menggunakan Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar) atau Kurikulum Paradigma Baru, salah satu Contoh Soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas VII SMP lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya.
Perhatikan potongan ayat Q.S. an-Nisā’/4:59 di bawah ini

Soal yang Sekolahmuonline posting di bawah ini merupakan bagian dari soal-soal PAIBP Kelas 7 Bab 1 Al-Qur’an dan Sunah sebagai Pedoman Hidup.

Soal: Perhatikan potongan ayat di bawah ini

فَإِن تَنَٰزَعْتُمْ فِى شَىْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى ٱللَّهِ وَٱلرَّسُولِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْآخِرِ

Arti kalimat yang digaris bawahi adalah ….
A. Dan hari kemudian
B. Di kemudian hari
C. Akhir zaman
D. Hari akhir

Kunci Jawaban: A
Pembahasan:

Teks Arab, Latin, dan Terjemah Lengkap Q.S. an-Nisā’/4:59:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَطِيعُوا۟ ٱللَّهَ وَأَطِيعُوا۟ ٱلرَّسُولَ وَأُو۟لِى ٱلْأَمْرِ مِنكُمْ ۖ فَإِن تَنَٰزَعْتُمْ فِى شَىْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى ٱللَّهِ وَٱلرَّسُولِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ ۚ ذَٰلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا ﴿٥٩﴾

Teks Latin Q.S. an-Nisā’/4:59:

Yaa ayyuHalladziina aamanuu athii'uullooHa wa athii'ur rosuula wa ulil amri minkum, fain tanaaza'tum fii syai;in farudduHu ilallooHi war rosuuli in kuntum tu"minuuna billaaHi wal yaumil aakhiri, dzaalika khoiruw wa ahsanu ta"wiilaa

Terjemah/Artinya Q.S. an-Nisā’/4:59:

"Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul (sunahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya (Q.S. an-Nisā’/4:59)."

Wa al-yaum al-aakhir atau Wal yaumil aakhir (وَٱلْيَوْمِ ٱلْآخِرِ) sering diartikan "dan hari kemudian".

Secara letterleg memang artinya "dan hari akhir" yang memiliki banyak nama dan diantaranya yang sering disebutkan adalah Hari Kiamat (Yaum Al-Qiyaamah). Namun dalam Al-Quran terjemah sering diartikan dengan arti: "Hari Kemudian".

Jadi kunci jawabannya yang tepat adalah: A. Dan hari kemudian. 

Wallahu a'lam bish-shawaab. 

Lengkap soal PAIBP bab ini silakan baca:
Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan salah satu contoh soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 7 SMP Bab 1 Al-Qur’an dan Sunah sebagai Pedoman Hidup khususnya tentang pembahasan Soal Potongan Ayat Q.S. an-Nisā’/4:59. Soal Sekolahmuonline rujuk dari Soal PAIBP Kelas 7 Bab 1 Al-Qur’an dan Sunah sebagai Pedoman Hidup di atas. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Lengkap Contoh Soal PAIBP Kelas 7 SMP

Lengkap contoh soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas VII SMP semua Bab disertai dengan jawaban dan pembahasannya silahkan baca dan pelajari pada judul-judul postingan Sekolahmuonline di bawah ini:

Lengkap Rangkuman PAIBP Kelas 7 SMP

Lengkap rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas VII SMP Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar) semua Bab silahkan baca dan pelajari pada judul-judul postingan Sekolahmuonline di bawah ini:
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Perhatikan potongan ayat Q.S. an-Nisā’/4:59 di bawah ini (PAIBP Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com"

close