Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Bahasa Indonesia Bab Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan ~ sekolahmuonline.com

Soal Bahasa Indonesia Bab Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal Bahasa Indonesia kelas 12 Bab Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan lengkap dengan kunci jawaban atau pembahasannya. Silakan dibaca-baca, dipelajari, semoga bermanfaat. Membantu memudahkan Anda dalam belajar Bahasa Indonesia secara mandiri. 

Contoh Soal Bahasa Indonesia Bab Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan

Untuk memudahkan navigasi soal-soal di bawah ini, berikut ini Sekolahmuonline sediakan daftar isi soal yang ada. Jika soal ingin dibaca semuanya silakan, jika cukup pada yang Anda butuhkan maka silakan lihat daftar isi postingan Sekolahmuonline berikut ini [Pada daftar isi silakan Klik: SHOW, tinggal Klik/pencet judul yang Anda butuhkan, maka akan diarahkan ke soal yang dituju]:

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar! 

1. Jelaskan pengertian surat lamaran pekerjaan!

Jawaban:
Surat lamaran pekerjaan adalah surat dari seseorang yang membutuhkan pekerjaan kepada orang atau pejabat yang bisa memberikan pekerjaan atau jabatan. Melalui surat lamaran ini, pelamar meminta supaya ia diberi pekerjaan.

Surat lamaran pekerjaan bisa juga diartikan dengan suatu surat dari calon karyawan kepada calon majikan yang berisi permintaan supaya karyawan diberi pekerjaan oleh calon majikan.

Surat lamaran pekerjaan ini bersifat pribadi dan formal ataupun resmi. Pribadi karena surat tersebut dibuat oleh seseorang, dan formal atau resmi karena menggunakan bahasa resmi.

Surat lamaran pekerjaan bertujuan untuk melamar pekerjaan menjadi karyawan ataupun jabatan tertentu sesuai pada iklan yang ditawarkan. Surat tersebut dibuat oleh individu ditujukan kepada instansi tertentu dengan harapan dipenuhinya pekerjaan yang diinginkan.

Surat lamaran pekerjaan juga bisa dikategorikan surat penjualan yang berhubungan dengan bagaimana pelamar menjual segala potensi diri kepada lembaga yang menyediakan lowongan pekerjaan.

Dalam menyusunnya, pelamar dalam surat lamarannya perlu menyebutkan suatu sumber lamaran tersebut di alinea atau paragraf pembuka. Apabila lamaran itu tidak berdasarkan pada suatu sumber, tentu saja tidak diperlukan peenyebutan sumber pada alinea pembuka.

2. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis surat lamaran pekerjaan! 

Jawaban:
Berdasarkan jenis pembuatannya, surat lamaran pekerjaan dapat dikelompokkan ke dalam dua jenis.
a. Surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan riwayat hidup (curriculum vitae). Dalam cara ini, riwayat hidup termasuk isi surat karena isinya berupa gabungan. Cara ini juga disebut dengan model gabungan.

b. Surat lamaran yang dipisahkan dari riwayat hidup. Dalam cara ini riwayat hidup merupakan lampiran dan cara ini disebut model terpisah.

Didalam praktiknya, jenis yang sering dipakai adalah model terpisah. Walaupun dalam pembuatannya memerlukan dua kali kerja, model ini lebih digemari oleh pelamar kerja karena suratnya tidak terlalu panjang. 

3. Sebutkan dan jelaskan unsur-unsur surat lamaran pekerjaan! 

Jawaban:
Unsur-unsur penting di dalam surat lamaran pekerjaan adalah:
a. Tesis
Bagian surat diawali dengan pernyataan umum (tesis), yaitu bagian surat lamaran pekerjaan yang menyajikan pengantar surat pernyataan umum ini berfungsi sebagai informasi awal terkait dengan pekerjaan yang akan dilamar. Pada bagian Ini pelamar menyajikan informasi berupa salam pembuka, pembuka dan biodata.

b. Argumentasi
Argumentasi adalah bagian surat lamaran pekerjaan yang menyajikan alasan bagi pemilik lowongan pekerjaan untuk menerima pelamar. Pada bagian ini pelamar menyajikan informasi berupa foto kopi ijazah, curriculum vitae, dan keterangan lain yang mendukung kompetensi pelamar.

c. Penegasan
Bagian surat lamaran pekerjaan yang berfungsi sebagai penutup, seperti harapan pelamar, salam penutup dan nama dan tanda tangan.

4. Jelaskan apa fungsi surat lamaran pekerjaan?

Jawaban:
Fungsi utama dari surat lamaran pekerjaan adalah sebagai tanda tertulis/resmi pengajuan permohonan pekerjaan, karena dengan hadirnya surat lamaran kerja berarti permohonan tersebut sifatnya resmi dan tentu akan langsung diterima sebagai permohonan dan pertimbangan dalam menerima pelamar tersebut.

Jadi, surat lamaran pekerjaan berfungsi sebagai:
a. Sebagai Alat Komunikasi
Fungsi ini merupakan salah satu fungsi dasar dari setiap surat. Karena setiap surat sudah dapat dipastikan akan mengandung informasi yang akan sangat diperlukan oleh pihak yang dituju. Dalam surat lamaran informasi yang dibutuhkan yaitu informasi mengenai data dan identitas pelamat. Dalam surat lamaran pekerjaan biasanya akan terlampir izasah, daftar riwayat hidup, foto copy KTP dan keterangan pengalaman pekerjaan. Semua informasi tersebut akan sangat diperlukan oleh suatu perusahaan atau instansi yang dituju sebagai bahan pertimbangan untuk menerima pelamar tersebut. Oleh karena itu bagi pelamar selalu perhatikanlah informasi dalam surat lamaran tersebut dan persiapkan semua prasyarat yang dibutuhkan.

b. Sebagai Bahan Pertimbangan
Ini sudah dijelaskan diatas bahwa dengan hadirnya sebuah surat lamaran kerja dan berbagi informasi mengenai identitas diri, merupakan kebutuhan untuk melakukan sebuah pertimbangan bagi perusahaan menerima pelamar yang tepat mengisi pekerjaan yang kosong.

c. Sebagai tanda tertulis / resmi pengajuan permohonan pekerjaan
Yang satu ini merupakan fungsi utama dari surat lamaran kerja, karena dengan hadirnya surat lamaran kerja berarti permohonan tersebut sifatnya resmi dan tentu akan langsung diterima sebagai permohonan dan pertimbangan dalam menerima pelamar tersebut

5. Sebutkan dan jelaskan sistematika surat lamaran pekerjaan! 

Jawaban:
Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan
a. Tempat dan tanggal pembuatan surat
b. Lampiran dan Hal
c. Alamat Surat
d. Salam Pembuka
e. Alinea Pembuka
f. Isi
g. Penutup
h. Salam Penutup
i. Tanda tangan dan nama terang

Secara umum, sistematika surat lamaran pekerjaan dapat diuraikan sebagai berikut:
a. Tempat dan tanggal pembuatan surat
Tempat dan tanggal pembuatan surat ditempatkan di pojok kanan atas tanpa titik di akhir karena bukan merupakan kalimat.
Contoh: Papua Barat, 28 Agustus 2015

b. Lampiran dan Hal
Kata lampiran dan hal tidak disingkat dan angka dalam kolom lampiran ditulis menggunakan huruf.
Contoh
Lampiran : Empat lembar
Hal : Pemberitahuan

c. Alamat Surat
- Tidak menggunakan kata "Kepada''.
- Alamat disarankan tidak lebih dari tiga baris.
- Jabatan tidak boleh menggunakan jenis kelamin seperti Bapak atau Ibu.
- Tulisan "Jalan'' pada alamat tidak boleh disingkat.
- Tidak menggunakan titik di masing-masing akhirbarisnya.
Contoh
Yth. Manager Sukses Mandiri
Jalan M. Yamin Nomor 02, Kalibata Jakarta

d. Salam Pembuka
Setelah kata "Dengan hormat" digunakan tanda baca koma (,).
Contoh:
Denganhormat,
Berdasarkan...

e. Alinea Pembuka
Alinea pembuka sebaiknya menggunakan bahasa yang baik dan sopan agar para pihak atau instansi yang membacanya tidak tersinggung. Di dalam alinea ini juga sudah harus muncul pernyataan umum yang menggambarkan diri pelamar (tesis).

f. Isi
Terdapat hal-hal sebagaj berikut:
• Identitas
Isi identitas berisi keterangan berupa nama, tempat tanggallahir, alamat, pendidikan terakhir clan dapat ditambah lagi sesuai dengan keperluan. Di dalam menuliskan keterangan tersebut, huruf awal kata digunakan hurufkecil.

Contoh:
nama : Nitriana Safitri
tempat tanggal lahir : Jakarta, 7Januari 1995
pendidikan terakhir : S-1 SastraInggris
alamat : Dukuhturi, Bumiayu, Brebes, 52273

• Maksud dan tujuan
Merupakan maksud dan tujuan merupakan alasan pelamar melamar pekerjaan.

g. Menyatakan lampiran
Dalam lamaran pekerjaan terdapat beberapa lampiran tentang syarat yang sudah diminta oleh instansi yang membutuhkan pekerja. Oleh karena itu, pelamar harus memenuhi lampiran yang diminta tersebut. Kemudian, di setiap rincian digunakan tanda baca titik koma (;) dan di akhir lampiran digunakan baca titik (.).
Contoh: fotokopi ijazah yang sudah dilegalisasi; fotokopi kartu tanda penduduk;

h. Penutup
Di dalam surat lamaran pekerjaan, isi penutup haruslah menunjukkan keantusiasan pelamar pekerjaan kepada instansi yang dituju.

Contoh:
Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Besar harapan saya untuk dapat menjadi bagian dari perusahaan….

i. Salam Penutup
Jika di awal ada salam pembuka, tentulah diakhiri salam penutup. Sebagai surat lamaran, salam penutup menjadi sangat penting. Salam penutup sebagai bentuk etika, sopan santun, dan penghormatan.
Contoh: Hormat saya,

j. Tanda tangan dan nama terang
Tanda tangan ini biasanya berada di pojok kanan bawah surat, lalu di bawahnya ditulis nama lengkap.
Contoh:
Hormat saya,
(Ttd)
Nitriana Safitri

6. Buatlah contoh surat lamaran pekerjaan! 

Jawaban:
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan:
Surat Lamaran Pekerjaan
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas XII Bab Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan Lengkap dengan Kunci Jawaban atau Pembahasannya. Semoga bermanfaat. Membantu seluruh anak bangsa Indonesia dalam belajar secara mandiri, dimana saja dan kapan saja. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Baca juga:
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Soal Bahasa Indonesia Bab Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan ~ sekolahmuonline.com"

close