Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perhatikan potongan ayat di bawah ini (PAIBP Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com

Perhatikan potongan ayat di bawah ini (PAIBP Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan untuk Anda khususnya adik-adik yang kini berada di kelas VII SMP khususnya SMP yang menggunakan Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar) atau Kurikulum Paradigma Baru, salah satu Contoh Soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas VII SMP lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya.
Lengkap Al-Quran surat An-Nisa/4: 59 Berserta Terjemahannya

Soal yang Sekolahmuonline posting di bawah ini merupakan bagian dari soal-soal PAIBP Kelas 7 Bab 1 Al-Qur’an dan Sunah sebagai Pedoman Hidup.

Soal: Perhatikan potongan ayat di bawah ini!

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَطِيعُوا۟ ٱللَّهَ وَأَطِيعُوا۟ ٱلرَّسُولَ ... 

Lanjutan bacaan ayat tersebut adalah....
A. ذَٰلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا
B. فَإِن تَنَٰزَعْتُمْ فِى شَىْءٍ
C. وَأُو۟لِى ٱلْأَمْرِ مِنكُمْ
D. إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ

Kunci Jawaban: C
Pembahasan:

Lengkap Al-Quran surat An-Nisa/4: 59 Berserta Terjemahannya

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَطِيعُوا۟ ٱللَّهَ وَأَطِيعُوا۟ ٱلرَّسُولَ وَأُو۟لِى ٱلْأَمْرِ مِنكُمْ ۖ فَإِن تَنَٰزَعْتُمْ فِى شَىْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى ٱللَّهِ وَٱلرَّسُولِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْآخِرِ ۚ ذَٰلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا ﴿٥٩﴾

"Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya." (Q.S.An-Nisa/4: 59)

Kandungan Q.S. an-Nisā’/4: 59

Kandungan Q.S. an-Nisā’/4: 59 menjelaskan untuk patuh dan taat kepada Allah Swt., Rasulullah saw. dan pemimpin-pemimpin kita. Ketaatan ini adalah mutlak dan tidak bisa ditawar-tawar lagi. Orang yang taat kepada Rasulullah saw pada hakikatnya ia juga taat kepada Allah Swt. Hal ini dikarenakan tidak ada satupun perintah Rasulullah saw. yang bertentangan dengan perintah Allah Swt.

Taat kepada Allah Swt. adalah mengikuti ajaran Al-Qur’an, sedangkan taat kepada Rasulullah saw. dengan mengamalkan sunah-sunahnya. Sebagai orang yang beriman, wajib beriman kepada Allah Swt. dan Rasulullah saw. sebagai pembawa risalah dari Allah Swt.

Ketaatan kepada ulil amri meliputi ketaatan baik pada pemerintahan maupun para ulama. Taat kepada pemimpin hendaknya dibingkai dengan ketaatan kepada Allah Swt. dan rasul-Nya. Ketaatan pada mereka tidak boleh bertentangan dengan apa yang diperintahkan dan apa yang menjadi larangannya. Apabila seorang pemimpin memerintahkan untuk berbuat sesuatu yang bertentangan dengan Al-Qur’an dan Hadis seperti berbuat maksiat kepada Allah Swt., maka tidak boleh untuk menaatinya.

Untuk penyempurnaan amanat pada ayat ini, muslim harus menaati perintah dengan mengamalkan Al-Qur’an, melaksanakan hukum sesuai dengan Al-Qur’an meskipun berat dalam pelaksanaan. Muslim hendaknya meyakini bahwa perintah Allah Swt. memberikan kemaslahatan dan
larangan-Nya untuk menghindarkan kemadaratan. Ajaran dari Rasulullah saw. hendaknya dilaksanakan sebaik-baik-Nya. Sebab, Rasulullah saw diberikan tugas untuk menerangkan dan menjelaskan Al-Qur’an pada manusia. Muslim yang baik, ia menaati ulil amri selama kebijakan mereka tidak bertentangan dengan Al-Qur’an dan Hadis. “Tidak dibenarkan taat kepada makhluk di dalam hal-hal yang merupakan maksiat kepada Khalik (Allah Swt).” (H.R. Ahmad).

Lengkap soal PAIBP bab ini silakan baca:
Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan salah satu contoh soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 7 SMP Bab 1 Al-Qur’an dan Sunah sebagai Pedoman Hidup khususnya tentang Pembahasan  Q.S. an-Nisā’/4: 59. Soal Sekolahmuonline rujuk dari Soal PAIBP Kelas 7 Bab 1 Al-Qur’an dan Sunah sebagai Pedoman Hidup di atas. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Lengkap Contoh Soal PAIBP Kelas 7 SMP

Lengkap contoh soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas VII SMP semua Bab disertai dengan jawaban dan pembahasannya silahkan baca dan pelajari pada judul-judul postingan Sekolahmuonline di bawah ini:

Lengkap Rangkuman PAIBP Kelas 7 SMP

Lengkap rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas VII SMP Kurikulum Merdeka (Merdeka Belajar) semua Bab silahkan baca dan pelajari pada judul-judul postingan Sekolahmuonline di bawah ini:
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Perhatikan potongan ayat di bawah ini (PAIBP Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com"

close