Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Negara-negara yang memiliki iklim sub tropis ialah … [Soal IPS Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com

Negara-negara yang memiliki iklim sub tropis ialah … [Soal IPS Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan soal Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VIII SMP yang menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya.
Negara-negara yang memiliki iklim sub tropis
Negara-negara yang memiliki iklim sub tropis

Soal di bawah ini merupakan bagian dari materi Soal IPS Kelas VIII Tema 01. Kondisi Geografis dan Pelestarian Sumber Daya, khususnya pembahasan tentang negara yang beriklim sub tropis. 

Negara-negara yang Beriklim Sub Tropis

Soal: Perhatikan nama-nama negara di bawah ini
(1) Indonesia
(2) Filipina
(3) Jepang
(4) Korea Selatan
(5) Inggris
(6) Perancis

Negara yang memiliki iklim sub tropis ialah …

a. (1) dan (3).
b. (5) dan (6).
c. (2) dan (4).
d. (3) dan (4).

Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Cuaca adalah kondisi rata-rata udara pada saat tertentu di suatu wilayah yang relatif sempit dan dalam waktu yang singkat.

Iklim merupakan kondisi cuaca rata-rata tahunan pada suatu wilayah yang luas.

Iklim subtropis adalah iklim yang memiliki musim berjumlah empat, di antaranya musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Masing-masing musim di wilayah iklim subtropis ini memiliki karakteristik tersendiri dan bermacam-macam.

Negara-negara dengan Iklim Subtropis yaitu:
- Amerika Serikat
- Eropa
- Australia bagian selatan
- Cile
- Turki
- Hongkong
- Jepang
- Korea Utara dan Selatan
- Afrika Selatan
- Mesir
- Iran
- Irak
- Nepal
- Tiongkok

Negara ASEAN yang memiliki iklim subtropis adalah Myanmar, namun wilayah Myanmar terbagi menjadi dua iklim bagian selatan tropis dan utara subtropis. Kondisi ini dipengaruhi angin musim, meskipun Myanmar berada di sekitaran garis khatulistiwa.

Indonesia sendiri memiliki iklim tropis yang memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Musim hujan terjadi pada bulan Oktober-Maret, sedangkan musim kemarau terjadi pada bulan April-September. Arus angin yang banyak mengandung uap air dari Samudra Pasifik melewati Laut Cina Selatan menyebabkan musim hujan di Indonesia terutama wilayah bagian barat. Semakin ke timur curah hujan semakin sedikit. Hal ini karena hujan telah banyak jatuh dan menguap di bagian barat.

Selengkapnya soal IPS Kelas 8 Kurikulum Merdeka pembahasan Bab 1 atau Tema 1 silakan baca postingan Sekolahmuonline yang berjudul:
Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh soal IPS Kelas 8 Tema 01. Kondisi Geografis dan Pelestarian Sumber Daya khususnya tentang Negara-negara yang Memiliki Iklim Sub Tropis lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Soal Sekolahmuonline rujuk dari Teks. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Negara-negara yang memiliki iklim sub tropis ialah … [Soal IPS Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com"

close