Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Soal Online Sosiologi Kelas 10 Bab Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan [Part 2] ~ sekolahmuonline.com

Latihan Soal Online Sosiologi Kelas 10 Bab Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan [Part 2] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan untuk Anda bagian kedua (Part 2) dari Latihan Soal Online mata pelajaran Sosiologi Kelas X. Pada postingan kali ini Sekolahmuonline masih menyajikan Latihan Soal Online Sosiologi Kelas 10 Bab Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan.
Latihan Soal Online Sosiologi Kelas X Bab Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan [Part 2]
Latihan Soal Online Sosiologi Kelas X Bab Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan

Sebelumnya, Sekolahmuonline sudah mempublikasikan latihan soal bagian yang pertama. Kami sarankan Anda untuk mengerjakan latihan soal yang pertama terlebih dahulu, kemudian mengerjakan bagian yang kedua ini. Berikut ini latihan soal bagian yang pertama:
Soal-soal online Sosiologi kelas 10 di bawah ini cocok digunakan untuk menemani Anda dalam belajar secara mandiri atau kelompok. Anda dapat langsung mengetahui skor nilai yang didapat setelah selesai mengerjakan. Apakah lulus dengan sempurna, lulus, atau kurang dari 80% skornya. 

Usahakan tidak melihat jawabannya terlebih dahulu, dapatkan skor semaksimal dan sebaik mungkin. Hal ini penting untuk mengukur sejauh mana Anda belajar dan memahami materi yang sudah diberikan oleh Bapak/Ibu Guru di kelas. Jika mentok kesulitan menjawab, baru silakan lihat kunci jawabannya. 

Dengan mengerjakan soal latihan online di bawah ini, akan membuat Anda lebih siap jika kelak Bapak/Ibu Guru mengadakan asesmen yang dulu Anda sering kenal dengan istilah penilaian (harian/tengah semester/akhir semester).

Ulangi terus jika belum mendapatkan skor terbaik Anda. Banyak mengulang berarti banyak belajar. Jangan lupa, bagikan kepada teman-teman kalian agar yang lainnya juga senang belajar dan juga merasakan manfaatnya. Sharing is caring guys! Selamat berlatih dan belajar!

Soal Online Sosiologi Kelas X Bab Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan [Part 2]

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan memilih huruf A, B, C, D atau E pada jawaban yang paling tepat (dengan meng-klik lingkaran yang ada di depan huruf)!

1. Aspek utama yang dipelajari oleh sosiologi adalah interaksi antara... .
A. manusia dengan lingkungan
B. rakyat dengan penguasa
C. masyarakat dengan budayanya
D. kelas-kelas sosial di masyarakat
E. manusia dengan manusia atau kelompok
a
b
c
d
e

2. Berikut yang mendapat sebutan Bapak Sosiologi ialah... .
A. Pitrim A. Sorokon
B. Auguste Comte
C. Herbert Spencer
D. Max Weber
E. Karl Marx
a
b
c
d
e

3. Disuatu daerah, masyarakatnya memiliki kebiasaan tidak baik. Sampah dibuang sembarangan, saluran air tersumbat, sering banjir, dan terkesan kumuh. Pemerintah daerah setempat meminta peneliti untuk melakukan kajian bagaimana strategi yang harus ditempuh agar masyarakat memiliki kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan. Strategi ini akan dituangkan dalam priotritas program kerja pemerintah daerah. Fungsi sosiologi dalam menangani masalah tersebut adalah… .
A. membantu pemerintah melakukan pembangunan sosial
B. mengevaluasi proses pembangunan sosial masyarakat
C. membantu dalam perencanaan pembangunan sosial
D. memberikan data orang yang berperilaku tidak baik
E. menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan
a
b
c
d
e

4. Pemerintah menjadi mediator dalam kinlfik. Dalam penyelesaian pertikaian tersebut, pemerintah menggunakan metode sesuai ilmu sosiologi. Berdasarkan hal ini, sosiologi memiliki kegunaan sebagai... .
A. pembangunan sosial
B. solusi masalah sosial
C. pembuatan keputusan
D. penengah masalah sosial
E. bahan perencanaan sosial
a
b
c
d
e

5. Masalah kemiskinan berkaitan dengan berbagai aspek sosial, untuk mengkaji sebab-sebab terjadinya kemiskinan. Ilmu sosiologi dapat memberikan sumbangan dalam bentuk... .
A. Benda dan jasa
B. Barang dan konsumsi
C. Kegiatan produksi
D. Data dan informasi
E. Tenaga kerja terampil
a
b
c
d
e

6. Tomi merupakan siswa SMA yang telah kecanduan narkoba. Perbuatan Tomi yang berlawanan dengan norma dan nilai-nilai sosial termasuk dalam gejala sosial yang menjadi objek kajian sosiologi yaitu... .
A. kemiskinan
B. kebodohan
C. kenakalan remaja
D. kesenjangan sosial
E. disorganisasi keluarga
a
b
c
d
e

7. Gejala sosial dapat dikenali dalam bentuk tindakan sosial. Tindakan dari individu dapat dikategorikan sebagai bentuk adanya gejala sosial karena... .
A. bermanfaat bagi dirinya sendiri
B. mendapat respons dari orang lain
C. tidak dipahami dan dimaknai oleh orang lain
D. dilakukan secara spontan dan tanpa perencanaan
E. diarahkan secara tidak terorganisasi pada suatu fenomena
a
b
c
d
e

8. Perhatikan gambar berikut!

Sosiologi mengkaji perubahan sosial budaya yang terus menerus berlangsung yang disebabkan oleh faktor-faktor internal maupun eksternal. Gambar tersebut menunjukkan adanya peranan sosiologi dalam bidang... .
A. sosial
B. militer
C. politik
D. ekonomi
E. pembangunan
a
b
c
d
e

9. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia membutuhkan orang lain. Suatu bentuk interaksi sosial yang lebih luas, yang diatur oleh norma-norma sosial, antara dua orang atau lebih yang memiliki posisi dan peran sosial menunjukkan adanya... .
A. fakta sosial
B. gejala sosial
C. realitas sosial
D. hubungan sosial
E. fenomena sosial
a
b
c
d
e

10. Sebagai ilmu pengetahuan, sosiologi tentunya mempunyai tujuan dalam mempelajarinya. Tujuan mempelajari sosiologi kaitannya sebagai ilmu terapan adalah... .
A. alat penyaluran aspirasi rakyat dalam pembangunan
B. membandingkan kebijakan atau program pemerintah
C. sebagai sarana penyalur komunikasi antar suku bangsa
D. masalah perkembangan, persebaran, dan terjadinya aneka warna kebudayaan manusia di seluruh dunia
E. meningkatkan pemahaman tentang hubungan antarmanusia dan dinamika kehidupan sosial masyarakat.
a
b
c
d
e


Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Bagian Kedua (Part 2) dari Latihan Soal Online Sosiologi Kelas X Bab Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Latihan Soal Online Sosiologi Kelas 10 Bab Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan [Part 2] ~ sekolahmuonline.com"

close