Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Soal Online PPKn Kelas 12 Bab 1 Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Indonesia [Part 1] ~ sekolahmuonline.com

Latihan Soal Online PPKn Kelas 12 Bab 1 Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Indonesia [Part 1] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan untuk Anda bagian pertama [Part 1] dari Latihan Soal Online mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas XII. Pada postingan kali ini Sekolahmuonline sajikan Latihan Soal Online PPKn Kelas 12 Bab 1 Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Indonesia.
Latihan Soal Online PPKn Kelas XII Bab 1 Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Indonesia [Part 1]
Latihan Soal Online PPKn Kelas XII Bab Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Indonesia

Latihan soal online di bawah ini cocok digunakan untuk menemani Anda dalam belajar secara mandiri atau kelompok. Anda dapat langsung mengetahui skor nilai yang didapat setelah selesai mengerjakan. Apakah lulus dengan sempurna, lulus, atau kurang dari 80% skornya.

Usahakan tidak melihat jawabannya terlebih dahulu, dapatkan skor semaksimal dan sebaik mungkin. Hal ini penting untuk mengukur sejauh mana Anda belajar dan memahami materi yang sudah diberikan oleh Bapak/Ibu Guru di kelas. Jika mentok kesulitan menjawab, baru silakan lihat kunci jawabannya. 

Dengan mengerjakan soal latihan online di bawah ini, akan membuat Anda lebih siap jika kelak Bapak/Ibu Guru mengadakan asesmen yang dulu Anda sering kenal dengan istilah penilaian (harian/tengah semester/akhir semester).

Ulangi terus jika belum mendapatkan skor terbaik Anda. Banyak mengulang berarti banyak belajar. Semakin sering berlatih, akan memudahkan dan menguatkan ingatan.

Jangan lupa, bagikan kepada teman-teman kalian agar yang lainnya juga senang belajar dan juga merasakan manfaatnya. Sharing is caring guys! Selamat berlatih dan belajar!

Soal Online PPKn Kelas XII Bab 1 Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Indonesia

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan memilih huruf A, B, C, D atau E pada jawaban yang paling tepat (dengan meng-klik lingkaran yang ada di depan huruf)!

1. Kewarganegaraan Republik Indonesia diatur dalam Undang-Undang Pasal ....
A. UU No. 9 Tahun 1998
B. UU No. 39 Tahun 1999
C. UU No. 20 Tahun 2003
D. UU No. 12 Tahun 2006
E. UU No. 36 Tahun 2009
e

2. Dibawah ini yang merupakan hak untuk melakukan upaya hukum guna melawan atau menggugat keputusan-keputusan warga yang dinilai merugikan hak konstitusional warga negara yang bersangkutan adalah ....
A. Mendapatkan pendidikan dan membela negara
B. Mendirikan partai politik
C. Mendaftarkan diri menjadi calon legislatif
D. Menjadi anggota TNI/Polisi
E. Mengajukan kasasi
e

3. “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.” Merupakan isi dalam UUD NRI Tahun 1945 Pasal ....
A. Pasal 27 ayat 2
B. Pasal 27 ayat 3
C. Pasal 28
D. Pasal 29 ayat 2
E. Pasal 30 ayat 1
e

4. Perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas ....
A. Kekeluargaan
B. Demokrasi ekonomi
C. Kebersamaan
D. Hukum ekonomi
E. Perjanjian masyarakat
e

5. Berikut ini adalah pasal dalam UUD NRI Tahun 1945 yang membahas tentang kewajiban warga negara adalah ....
A. Pasal 27
B. Pasal 28
C. Pasal 28J ayat 1
D. Pasal 33 ayat 3
E. Pasal 34 ayat 1
e

6. Pancasila sebagai ideologi negara dan falsafah hidup bangsa Indonesia mengandung .... nilai.
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
e

7. Nilai Ketuhanan, Nilai Kemanusiaan, Nilai Persatuan, Nilai Kerakyatan dan Nilai Keadilan, merupakan contoh dari nilai ....
A. negara
B. dasar
C. praksis
D. absolut
E. instrumental
e

8. Di bawah ini yang termasuk kedalam nilai-nilai instrumental adalah ....
A. tanggung jawab
B. cinta tanah air
C. tata tertib sekolah
D. petunjuk jalan
E. Perda
e

9. Nilai yang merupakan penjabaran dari kehidupan sehari-hari disebut dengan nilai ....
A. negara
B. dasar
C. praksis
D. absolut
E. instrumental
e

10. Tujuan dari bangsa Indonesia untuk menciptakan kesejahteraan sosial warga negaranya merupakan penerapan pelaksanaan dari nilai .... dalam Pancasila.
A. negara
B. dasar
C. praksis
D. absolut
E. instrumental
e


Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Bagian Pertama (Part 1) dari Latihan Soal Online PPKn Kelas XII Bab 1 Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Indonesia. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline atau berlatih mengerjakan soal-soal lainnya.

Jika mencari dan membutuhkan penjelasan atau pembahasan soal-soal di atas, silakan buka:
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Latihan Soal Online PPKn Kelas 12 Bab 1 Kasus-kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Indonesia [Part 1] ~ sekolahmuonline.com"

close