Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak dari adanya Letak geologis adalah .... [Soal IPS Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com

Dampak dari adanya Letak geologis Indonesia adalah .... [Soal IPS Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan soal Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VIII SMP yang menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya.
Dampak dari adanya Letak geologis Indonesia
Dampak dari adanya Letak geologis Indonesia

Soal di bawah ini merupakan bagian dari materi Soal IPS Kelas VIII Tema 01. Kondisi Geografis dan Pelestarian Sumber Daya

Dampak dari Adanya Letak Geologis Indonesia

Soal: Indonesia memiliki banyak gunung api aktif. Jalur pegunungan di Indonesia membentang dari ujung utara Sumatra memanjang melalui pantai barat Sumatra, melewati Pulau Jawa, Nusa Tenggara, Banda, Sulawesi, dan Halmahera. Jumlah gunung aktif di Indonesia sebanyak 127 gunung api aktif. Dampak tersebut merupakan dampak dari adanya …

a. Letak astronomis.
b. Letak geografis.
c. Letak geologis.
d. Letak absolut.

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:

Letak geologis adalah posisi suatu wilayah yang didasarkan pada struktur geologi atau susunan batuan di sekitarnya.

Secara geologis, Indonesia dilalui dua jalur pegunungan dunia yaitu pegunungan Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Letak tersebut menyebabkan Indonesia memiliki banyak gunung api aktif.

Jalur pegunungan di Indonesia membentang dari ujung utara Sumatra memanjang melalui pantai barat Sumatra, melewati Pulau Jawa, Nusa Tenggara, Banda, Sulawesi, dan Halmahera. Jumlah gunung aktif di Indonesia sebanyak 127 gunung api.

Selengkapnya soal IPS Kelas 8 Kurikulum Merdeka pembahasan Bab 1 atau Tema 1 silakan baca postingan Sekolahmuonline yang berjudul:
Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh soal IPS Kelas 8 Tema 01. Kondisi Geografis dan Pelestarian Sumber Daya khususnya tentang Dampak dari Adanya Letak Geologis Indonesia lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Soal Sekolahmuonline rujuk dari Teks. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Dampak dari adanya Letak geologis adalah .... [Soal IPS Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com"

close