Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan dan Jelaskan Unsur-unsur Kebudayaan dan Unsur Kebudayaan Pembentuk Kepribadian Nasional Indonesia! [Geografi Kelas 11 Bab Keragaman Budaya Bangsa Sebagai Identitas Nasional] ~ sekolahmuonline.com

Sebutkan dan Jelaskan Unsur-unsur Kebudayaan dan Unsur Kebudayaan Pembentuk Kepribadian Nasional Indonesia! [Geografi Kelas 11 Bab Keragaman Budaya Bangsa Sebagai Identitas Nasional] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal Geografi Kelas 11 Bab Keragaman Budaya Bangsa Sebagai Identitas Nasional. Pada postingan kali ini, Sekolahmuonline khusus akan membahas tentang Unsur-unsur Kebudayaan dan Unsur Kebudayaan Pembentuk Kepribadian Nasional Indonesia.
Unsur-unsur Kebudayaan dan Unsur Kebudayaan Pembentuk Kepribadian Nasional Indonesia
Unsur-unsur Kebudayaan dan Unsur Kebudayaan Pembentuk Kepribadian Nasional Indonesia

Apa saja yang termasuk unsur-unsur kebudayaan? Unsur Kebudayaan Pembentuk Kepribadian Nasional Indonesia terdiri dari apa saja? Temukan jawabannya pada ulasan singkat Sekolahmuonline di bawa ini. Selamat membaca dan mempelajari.

Unsur-unsur Kebudayaan dan Unsur Kebudayaan Pembentuk Kepribadian Nasional Indonesia

Luasnya wawasan kebudayaan, sehingga unsur-unsurnya meliputi seluruh kawasan di permukaan bumi. Baik yang masih primitif, kecil maupun yang kompleks (modern) dengan linkage (jaringan saling terkait) yang luas.

Unsur-unsur Kebudayaan

Hasil kerja keras para ahli antropologi mengekspreisikan banyak konsep-konsep kebudayaan termasuk B. Malinowski yang banyak merumuskan tujuh unsur kebudayaan yaitu;
a. Sistem aneka ragam bahasa
b. Sistem teknologi dari yang sederhana ke canggih
c. Organisasi sosial
d. Sistem pengetahuan
e. Sistem mata pencaharian
f. Sistem relegi (kepercayaan keagamaan)
g. Sistem kesenian

Unsur Kebudayaan Pembentuk Kepribadian Nasional Indonesia

Unsur kebudayaan pembentuk kepribadian nasional Indonesia terdiri dari:

a. Bahasa

Di dalam unsur bahasa, geografi budaya berperan dalam pembentukan pribadi manusia Indonesia yang selalu menggunakan bahasa nasional dengan baik dan benar. Sehingga akan membetuk watak atau kepribadian manusia Indonesia yang bangga dengan bahasa nasional.

b. Sistem Kemasyarakatan

Di dalam unsur sistem kemasyarakatan, geografi budaya sangat berperan dalam pembentukan kepribadia manusia Indonesia yang berjiwa gotong-royong.

c. Kesenian

Di dalam unsur kesenian, geografi budaya berperan terhadap kepribadian nasional Indonesia yang akan mengerti dan minat tentang hal seni. Hal ini di tunjukkan terhadap keanekaragaman baik seni rupa maupun seni gerak yang tersebar di seluruh nusantara Indonesia.

d. Mata Pencaharian

Di dalam unsur kebudayaan, geografi budaya berperan terhadap pembentukan pribadi manusia Indonesia yang berjiwa petani dan sangat tabu akan hal teknologi. Hal ini ditunjukkan bahwa 50% rakyat Indonesia bermata pencaharian sebagai petani.

e. Religi atau sistem kepercayaan

Di dalam unsur religi, geografi budaya berperan dalam membentuk kepribadian orang Indonesia yang sangat lekat dengan agama. Oleh sebab itu setiap perbuatan dan perkataan orang Indonesia sangat dibatasi oleh sistem kepercayaan atau religi.

f. Sistem Pengetahuan

Sistem pengetahuan merupakan produk dari manusia sebagai homo sapiens. Pengetahuan dapat diperoleh dari pemikiran sendiri, disamping itu dapat juga dari pemikiran orang lain. Kemampuan manusia untuk mengingat apa yang telah diketahui, kemudian menyampaikannya kepada orang lain melalui bahasa menyebabkan pengetahuan ini menyebar luas.

g. Sistem Teknologi dan Peralatan

Sistem teknologi dan peralatan merupakan produksi dari manusia sebagai homo faber. Bersumber dari pemikirannya yang cerdas serta dibantu dengan tangannya yang dapat memegang sesuatu dengan erat, manusia dapat menciptakan sekaligus mempergunakan suatu alat. Dengan alat-alat ciptaannya itu, manusia dapat lebih mampu mencukupi kebutuhannya daripada binatang.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang membahas tentang Unsur-unsur Kebudayaan dan Unsur Kebudayaan Pembentuk Kepribadian Nasional Indonesia. Penjelasan singkat ini Sekolahmuonline rujuk dari Modul PJJ Geografi Kelas X Bab Keragaman Budaya Bangsa Sebagai Identitas Nasional. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Baca juga:
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Sebutkan dan Jelaskan Unsur-unsur Kebudayaan dan Unsur Kebudayaan Pembentuk Kepribadian Nasional Indonesia! [Geografi Kelas 11 Bab Keragaman Budaya Bangsa Sebagai Identitas Nasional] ~ sekolahmuonline.com"

close