Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan dan Jelaskan Nama-nama Lain dari Al-Quran! [Ulumul Qur'an] ~ sekolahmuonline.com

Sebutkan dan Jelaskan Nama-nama Lain dari Al-Quran! [Ulumul Qur'an] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan soal yang membahas tentang Nama-nama lain dari Al-Qur'an. Pembahasan ini merupakan bagian dari Ulumul Qur'an (Ilmu-ilmu Al-Qur'an).
Nama-nama Lain dari Al-Quran
Nama-nama Lain dari Al-Quran

Pengertian dari Al-Qur'an secara bahasa dan secara istilah sudah Sekolahmuonline sajikan pada postingan yang berjudul: Pengertian Al-Qur’anSecara Bahasa dan Istilah. Silakan pembaca Sekolahmuonline baca di sana (tinggal klik judul warna biru tersebut).

Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, "Apakah kita sudah tahu bahwa selain nama Al-Quran sendiri, Al-Quran juga memiliki nama yang lain? Nah, penjelasan ringkasnya ada di bawah ini.

Nama-nama Lain Al-Quran

Dalam Ulumul Quran untuk Pemula (hal. 2-3) disebutkan bahwa Al-Quran memiliki beberapa nama. Disebutkan dalam kitab Khozinatul Asror karya Syekh Sayyid Muhammad Haqqy An-Nazily menjelaskan bahwasanya Al-Qur’an memiliki 55 nama dengan berbagai alasan pemilihan nama tersebut. Penjelasan ini juga telah dijelaskan dalam Kitab al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an, karya Syekh Jalaluddin al-Suyuthi, Abu al-Ma’aliy ‘Uzaiziy ibn ‘Abd al-Malik atau yang lebih dikenal dengan nama Syaidzalah.

Berikut ini beberapa nama yang digunakan untuk menyebut Al-Quran. 

1. Al-Qur’an

Pertama adalah nama Al-Quran sendiri. Dinamakan dengan nama “al-Qur’an” karena Al-Qur’an merupakan bacaan yang di dalamnya terkumpul hal-hal yang berkaitan dengan kisah, perintah, larangan, ayat, surah, dan lain sebagainya. Sebagaimana dalam Q.S. al-Qiyamah [75] ayat 17:

 إِنَّ عَلَيْنَا جَمْعَهُ وَقُرْآَنَهُ

”Sesungguhnya Kami yang akan mengumpulkannya (di dadamu) dan membacakannya”

2. Al-Kitab

Nama lain Al-Quran yang pertama yaitu “al-Kitab”. Dinamakan Al-Kitab karena di dalamnya terkumpul dan terhimpun berbagai ilmu pengetahuan, kisah-kisah terdahulu, dan Akhbar. Hal ini dikarenakan makna bahasa dari Kitab adalah menghimpun (al-Jam’u).

Sebagaimana dalam Q.S. al-Dukhan [44] ayat 2:

وَٱلْكِتَٰبِ ٱلْمُبِينِ

"Demi Kitab (Al-Qur'an) yang jelas," (Q.S.44:2)

3. Al-Furqan

Al-Quran memiliki nama “al-Furqan”, dikarenakan Al-Qur’an mampu membedakan antara yang haq dan batil, sebagaimana didefinisikan oleh Mujahid. Sebagaimana dalam Q.S. al-Furqan [25] ayat 1:

تَبَارَكَ ٱلَّذِى نَزَّلَ ٱلْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِۦ لِيَكُونَ لِلْعَٰلَمِينَ نَذِيرًا

"Mahasuci Allah yang telah menurunkan Furqān (Al-Qur'an) kepada hamba-Nya (Muhammad), agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam (jin dan manusia)." (Q.S.25:1)

4. Dzikr

Nama Al-Quran dengan sebutan “al-Dzikr” dikarenakan dalam Al-Qur’an terdapat berbagai nasihat (mawa’idh) dan cerita akan umat-umat terdahulu. Sebagaimana dalam Q.S. al-Anbiya’ [21] ayat 50:

وَهَٰذَا ذِكْرٌ مُّبَارَكٌ أَنزَلْنَٰهُ ۚ أَفَأَنتُمْ لَهُۥ مُنكِرُونَ

"Dan ini (Al-Qur'an) adalah suatu peringatan yang mempunyai berkah yang telah Kami turunkan. Maka apakah kamu mengingkarinya?" (Q.S.21:50)

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan secara ringkas tentang Nama-nama lain Al-Quran. Semoga bermanfaat. Menambah pengetahuan dan keimanan kita kepada kitab Al-Quran. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Sebutkan dan Jelaskan Nama-nama Lain dari Al-Quran! [Ulumul Qur'an] ~ sekolahmuonline.com"

close