Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Satu dari sekian banyak rumusan yang telah disusun Muhammadiyah adalah PHIWM. Pengertian PHIWM adalah ....

Satu dari sekian banyak rumusan yang telah disusun Muhammadiyah adalah PHIWM. Pengertian PHIWM adalah .... ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini adalah bagian dari contoh soal Kemuhammadiyahan Kelas XI SMA/SMK/MA Muhammadiyah Bab Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (PHIWM). Soal berikut membahas tentang pengertian PHIWM.

Satu dari sekian banyak rumusan yang telah disusun Muhammadiyah adalah PHIWM. Pengertian PHIWM adalah .... 
A. jiwa, nafas dan semangat pengabdian dan perjuangan ke dalam tubuh dan segala gerak organisasinya, yang harus dijadikan asas dan pusat tujuan Muhammadiyah
B. seperangkat nilai dan norma lslami yang bersumber pada al-Qur'an dan as-Sunnah untuk menjadi pola tingkah laku warga Muhammadiyah
C. seperangkat prinsip dan landasan yang menjadi sumber pedoman amal usaha Muhammadiyah
D. seperangkat peraturan yang mengatur gerak langkah perjuangan Muhammadiyah dalam masyarakat
E. seperangkat peraturan yang menjadi landasan idil dalam pergerakan organisasi Muhammadiyah

Jawaban: B
Pembahasan:

Pengertian Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (PHIWM)

Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (PHIWM) adalah seperangkat nilai dan norma lslami yang bersumber pada al-Qur'an dan as-Sunnah untuk menjadi pola bagi tingkah laku warga persyarikatan dalam menjalani kehidupan sehari-hari sehingga tercermin kepribadian Islami menuju terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Dengan adanya PHIWM, diharapkan setiap warga Muhammadiyah mampu menunjukkan perilaku uswah hasanah (teladan yang baik), baik di dalam keluarga maupun di masyarakat.

Lingkup kajian PHIWM meliputi kehidupan pribadi, keluarga, bermasyarakat, berorganisasi, mengelola amal usaha, berbisnis, mengembangkan profesi, berbangsa dan bernegara, melestarikan lingkungan, mengembangkan ilmu pengetahuam dan teknologi serta seni dan budaya. Namun, dengan mempertimbangan ruang dan urgensinya, maka pada kesempatan kali ini kalian hanya akan mengkaji sebagian dari semua itu. Materi yang akan disajikan dalam kesempatan ini adalah kehidupan pribadi, keluarga, bermasyarakat, berorganisasi, melestarikan lingkungan, mengembangkan ilmu dan teknologi, serta kehidupan dalam seni dan budaya. Beberapa materi tersebut dipilih karena sangat relevan dengan kehidupan kalian.

Mengapa demikian? Karena tujuan PHIWM dirumuskan adalah untuk membentuk perilaku individu dan kolektif seluruh anggota Muhammadiyah, tidak terkecuali para pelajar, yang menunjukkan keteladanan yang baik (uswah hasanah) menuju terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Dengan demikian, pemilihan materi yang relevan dengan kehidupan kalian diharapkan agar setiap pelajar Muhammadiyah mampu menunjukkan perilaku yang baik (menjadi teladan) di lingkungan masing-masing. Karena itu, setiap pelajar Muhammadiyah perlu mengamalkan perilaku yang sesuai dengan PHIWM dalam kehidupan sehari-hari.

Landasan dan sumber PHIWM adalah al-Qur'an dan Sunnah Nabi yang merupakan pengembangan dan pengayaan dari pemikiran-pemikiran formal (baku) dalam Muhammadiyah seperti Matan Keyakinan dan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah, Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah, Matan Kepribadian Muhammadiyah, Khittah Perjuangan Muhammadiyah, serta hasil-hasil Keputusan Majelis Tarjih Muhammadiyah.

Nah demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan soal pembahasan tentang Pengertian Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (PHIWM). Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca, postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Penjelasan lebih lengkap silakan baca juga:
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Satu dari sekian banyak rumusan yang telah disusun Muhammadiyah adalah PHIWM. Pengertian PHIWM adalah ...."

close