Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menurut Undang-undang Dasar 1945, kekuasaan Yudikatif di Indonesia dijalankan oleh lembaga .... ~ sekolahmuonline.com

Menurut Undang-undang Dasar 1945, kekuasaan Yudikatif di Indonesia dijalankan oleh lembaga .... ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Salah satu Contoh Soal Pilihan Ganda mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 10 lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Soal di bawah ini merupakan bagian dari materi PPKn Kelas X Bab Nilai-nilai Pancasila dalam Kerangka Praktik Penyelenggaraan Pemerintahan Negara.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 10 Bab Nilai-nilai Pancasila dalam Kerangka Praktik Penyelenggaraan Pemerintahan Negara membahas dua kegiatan pembelajaran, yaitu:
• Kegiatan Pembelajaran Pertama membahas tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara Republik Indonesia. 
• Kegiatan Pembelajaran Kedua membahas tentang Kementerian Negara dan Lembaga Pemerintah Non-Kementerian. 

Soal: Menurut Undang-undang Dasar 1945, kekuasaan Yudikatif di Indonesia dijalankan oleh lembaga ....

A. MPR, DPR, DPRD dan DPD
B. Kepolisian, Kejaksaan dan Kehakiman
C. Kepolisian, Kejaksaan dan Pengadilan
D. Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi dan Komisi Yudisial 
E. Pengadilan Negeri, Pengadilan Tinggi dan Kasasi Mahkamah Agung

Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Kekuasaan yudikatif atau disebut kekuasaan kehakiman yaitu kekuasaan untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan. Kekuasaan ini dipegang oleh Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi sebagaimana ditegaskan dalam Pasal 24 ayat (2) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyatakan bahwa “Kekuasaan kehakiman dilakukan oleh sebuah Mahkamah Agung dan badan peradilan yang berada di bawahnya dalam lingkungan peradilan umum, lingkungan peradilan agama, lingkungan peradilan militer, lingkungan peradilan tata usaha negara, dan oleh sebuah Mahkamah Konstitusi.”

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan salah satu Contoh Soal PPKn Kelas 10 Bab Nilai-nilai Pancasila dalam Kerangka Praktik Penyelenggaraan Pemerintahan Negara Lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasannya. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Selengkapnya soal bab ini baca postingan Sekolahmuonline yang berjudul:
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Menurut Undang-undang Dasar 1945, kekuasaan Yudikatif di Indonesia dijalankan oleh lembaga .... ~ sekolahmuonline.com"

close