Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Di bawah ini yang merupakan kehidupan Islami warga Muhammadiyah di bidang ibadah adalah ...

Di bawah ini yang merupakan kehidupan Islami warga Muhammadiyah di bidang ibadah adalah ... ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal Kemuhammadiyahan Bab Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (PHIWM). Soal kali ini khusus membahas tentang Kehidupan Islami Warga Muhammadiyah di Bidang Ibadah.
Kehidupan Islami Warga Muhammadiyah di Bidang Ibadah
Kehidupan Islami Warga Muhammadiyah di Bidang Ibadah

Soal:
Di bawah ini yang merupakan kehidupan Islami warga Muhammadiyah di bidang ibadah adalah ...
A. setiap Warga Muhammadiyah dituntut untuk meneladani perilaku Nabi
B. setiap Warga Muhammadiyah harus selalu menyadari bahwa dirinya sebagai atbdi/khalifah
C. setiap Warga Muhammadiyah dituntut untuk senantiasa untuk membersihkan jiwa atau hati ke arah terbentuknya pribadi yang muttaqin
D. setiap warga Muhammadiyah harus mempunyai etos kerja Islami, seperti kerja keras, dan disiplin
E. setiap Warga Muhammdiyah dalam melakukan amal dan kegiatan hidup harus senantiasa didasarkan pada niat

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:

Kehidupan Islami Warga Muhammadiyah di Bidang Ibadah

Tujuan Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (PHIWM) dirumuskan adalah untuk membentuk perilaku individu dan kolektif seluruh anggota Muhammadiyah, tidak terkecuali para pelajar, yang menunjukkan keteladanan yang baik (uswah hasanah) menuju terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

Sistematika Matan PHIWM

Lingkup kajian PHIWM meliputi kehidupan pribadi, keluarga, bermasyarakat, berorganisasi, mengelola amal usaha, berbisnis, mengembangkan profesi, berbangsa dan bernegara, melestarikan lingkungan, mengembangkan ilmu pengetahuam dan teknologi serta seni dan budaya. Lingkup kajian tersebut dapat dilihat dari Sistematika Matan PHIWM. 

PHIWM dikembangkan dan dirumuskan dalam kerangka sistematika sebagai berikut:
1. Bagian umum yang meliputi pendahuluan. Bagian ini menguraikan tentang pemahaman, landasan dan sumber, kepentingan, sifat, tujuan dan kerangka PHIWM.
2. Bagian kedua meliputi pandangan Islam tentang kehidupan.
Bagian ini menguraikan pandangan Islam tentang kehidupan yang secara garis besar ditegaskan bahwa Islam merupakan hidayah dan rahmat Allah bagi umat manusia, menjamin kesejahteraan hidup material dan spiritual, duniawi dan ukhrawi.
3. Bagian ketiga, kehidupan lslami warga Muhammadiyah.
Bagian ini menguraikan tentang kehidupan pribadi, keluarga, bermasyarakat, berorganisasi, mengelola amal usaha, berbisnis, mengembangkan profesi, berbangsa dan bernegara, melestarikan lingkungan, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kehidupan dalam seni dan budaya.
4. Bagian keempat berisi tuntunan pelaksanaan dan menguraikan langkah-langkah pokok yang dijadikan sebagai tuntunan untuk melaksanakan konsep kehidupan Islami dalam Muhammadiyah.
5. Penutup.

Ibadah dalam PHIWM

Dalam PHIWM, di bidang ibadah terdapat dua poin penting, yaitu:
1) Setiap warga Muhammadiyah dituntut untuk senantiasa membersihkan jiwa/ hati ke arah terbentuknya pribadi yang mutaqqin dengan beribadah yang tekun dan menjauhkan diri dari jiwa/nafsu yang buruk sehingga terpancar kepribadian yarng saleh yang menghadirkan kedamaian dan kemanfaatan bagi diri dan sesamanya.
2) Setiap warga Muhammadiyah melaksanakan ibadah mahdhah dengan sebaik-baiknya dan menghidupsuburkan amal nawafil (ibadah sunnah) sesuai dengan tuntunan Rasulullah serta menghiasi diri dengan iman yang kokoh, ilmu yang luas, dan amal saleh yang tulus sehingga tercermin dalam kepribadian dan tingkah laku yang terpuji.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang membahas tentang Kehidupan Islami Warga Muhammadiyah di Bidang Ibadah. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Baca juga:
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Di bawah ini yang merupakan kehidupan Islami warga Muhammadiyah di bidang ibadah adalah ... "

close