Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan pengertian APBN dan APBD! [Ekonomi Kelas XI] ~ sekolahmuonline.com

Jelaskan pengertian APBN dan APBD! [Ekonomi Kelas XI] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal Ekonomi Kelas 11 Bab APBN dan APBD. Pada postingan kali ini, Sekolahmuonline khusus akan membahas tentang Pengertian APBN dan APBD.
Pengertian APBN dan APBD
Pengertian APBN dan APBD

Selama ini mungkin Anda sering mendengar atau membaca istilah APBN dan APBD. Entah lewat berita-berita di Televisi, Channel-channel YouTube, atau lewat media-media bacaan online. Atau tentu saja bisa juga terdapat pada buku-buku cetak yang sedang Anda pelajari.

Yang menjadi pertanyaan adalah, "Apa sih APBN itu?" "Apa juga yang dimaksud dengan APBD?" Nah, jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, silakan temukan jawabannya pada ulasan singkat di bawah ini.

Pengertian APBN dan APBD

Anda pasti memahami setiap akan melaksanakan kegiatan diperlukan anggaran. Tahukah anda apa sebenarnya pengertian anggaran.

Anggaran adalah sebagai suatu perencanaan dalam perusahaan atau organisasi yang disusun secara terpadu dan dijelaskan dalam satuan unit moneter pada satu periode atau jangka waktu yang sudah ditentukan. Artinya kebutuhan keuangan untuk membiaya suatu kegiatan.

Pengertian APBN

Di Indonesia kebutuhan keuangan disusun dalam suatu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN. Pasti anda pernah mendengar istilah tersebut.

Sebenarnya apa itu APBN? APBN adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan negara yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

APBN merupakan salah satu perwujudan pasal 23 Undang-Undang Dasar 1945 dan diatur dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2019. Pengertian ini dijabarkan secara luas sebagai daftar yang merinci segala pendapatan dan pengeluaran suatu negara dalam satu periode.

Pengertian APBD

APBD adalah akronim dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Menurut Permendagri Nomor 21 Tahun 2011, APBD adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan daerah yang dibahas dan disetujui oleh pemerintah daerah dan DPRD, serta ditetapkan dengan peraturan daerah.

APBD merupakan instrument kebijakan yang utama bagi pemerintah daerah. Anggaran daerah juga digunakan sebagai alat untuk menentukan besar pendapatan dan pengeluaran.

Berdasarkan pengertian di atas maka APBD yang dikeluarkan setiap tahun akan mencerminkan besaran pendapatan dan pengeluaran yang dibutuhkan untuk pengelolaan suatu daerah. Daerah yang dimaksud mulai dari Daerah Tingkat II kota dan kabupaten dan Daerah TK I Provinsi.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang membahas tentang Pengertian APBN dan APBD. Penjelasan singkat ini Sekolahmuonline rujuk dari Modul PJJ Ekonomi Kelas XI Bab APBN dan APBD. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Baca juga:
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Jelaskan pengertian APBN dan APBD! [Ekonomi Kelas XI] ~ sekolahmuonline.com"

close