Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Pengertian Al-Qur’an Secara Bahasa dan Istilah! [Ulumul Qur'an] ~ sekolahmuonline.com

Jelaskan Pengertian Al-Qur’an Secara Bahasa dan Istilah! [Ulumul Qur'an] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan soal yang membahas tentang pengertian Al-Qur'an baik secara bahasa maupun secara istilah. Pembahasan ini merupakan bagian dari Ulumul Qur'an (Ilmu-ilmu Al-Qur'an).
Pengertian Al-Qur’an Secara Bahasa dan Istilah
Pengertian Al-Qur’an Secara Bahasa dan Istilah

Beberapa bulan yang lalu (bulan Ramadhan) Sekolahmuonline yakin banyak pembaca yang akrab dengan Al-Qur'an. Tadarus, membacanya secara individu ataupun kolektif bergiliran saling menyimak. Membuat target-target tertentu untuk mengkhatamkannya. Juga tidak ketinggalan tentu mengkajinya.

Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan adalah apakah kita sudah tahu apa pengertian dari Al-Qur'an? Apa sih pengertian Al-Qur'an secara bahasa? Apa pengertian Al-Qur'an secara istilah? Jawaban dan penjelasan dari dua pertanyaan tersebut dapat Anda temukan di bawah ini.

Pengertian Al-Qur’an Secara Bahasa dan Istilah

Pengertian Al-Qur'an meliputi dua hal, yaitu secara bahasa dan istilah. Masing-masing pengertian dijelaskan dalam Ulumul Qur'an untuk Pemula halaman 1-2 sebagai berikut ini.

Pengertian Al-Quran Secara Bahasa

Lafal Qara'a (قرأ ) mempunyai arti mengumpulkan dan menghimpun, dan qiraah (قرائة) berarti menghimpun huruf-huruf dan kata-kata satu dengan yang lain dalam satu ucapan yang tersusun rapi. Qur`an pada mulanya seperti qira`ah, yaitu masdar (infinitif) dari kata qara` qira`atan, qur`anan (قرأ - قرائة - قرآنا).

Sebagaimana dalam firman Allah SWT

 إِنَّ عَلَيْنَا جَمْعَهُ وَقُرْآَنَهُ - فَإِذَا قَرَأْنَاهُ فَٱتَّبِعْ قُرْآنَهُ

"Sesungguhnya atas tanggungan Kamilah mengumpulkannya dan membacanya. Apabila Kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaannya itu`.” (Al-Qiyamah :17-18)

Pengertian Al-Quran Secara Istilah

Para ulama menyebutkan definisi Quran yang mendekati makananya dan membedakannya dari yang lain dengan menyebutkan bahwa:

القرآنَّ هوَ كلام الله المنزلَّ علىَ محمد عليه السلامَ المتعبد بتلاوته

“Al-Quran adalah kalam atau firman Allah yang diturunkan kepada Muhamad saw. yang membacanya merupakan suatu ibadah.”
Penjelasan Arti Quran secara istilah, adalah sebagai berikut :
• Definisi`kalam`(ucapan) merupakan kelompok jenis yang meliputi segala kalam.
Dan dengan menghubungkannya dengan Allah ( kalamullah ) berarti tidak semua masuk dalam kalam manusia, jin dan malaikat.
• Batasan dengan kata-kata (almunazzal)`yang diturunkan` maka tidak termasuk kalam Allah yang sudah khusus menjadi milik-Nya. Sebagaimana disebutkan dalam Firman Allah:
"Katakanlah: Sekiranya lautan menjadi tinta untuk kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu".(al-Kahfi: 109).
• Batasan dengan definisi hanya `kepada Muhammad saw` Tidak termasuk yang diturunkan kepada nabi-nabi sebelumnya seperti taurat, injil dan yang lain.
• Sedangkan batasan (al-muta'abbad bi tilawatihi) `yang pembacanya merupakan suatu ibadah` mengecualikan hadis ahad dan hadis-hadis qudsi. 

Menurut Ash-Shabuni, Al quran didefinisikan sebagai suatu firman dari Allah Swt. yang tidak ada tandingannya, diturunkan kepada Rasulullah Muhammad SAW yang merupakan penutup para nabi dan rasul melalui perantara malaikat Jibril.

Menurut As-Salih, Al-Quran merupakan kalam Allah Swt. yang merupakan mukjizat dan diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, ditulis dalam mushaf, diriwayatkan secara mutawatir, dan membacanya bernilai ibadah.

Menurut Syekh Beik, Al-Quran adalah firman dari Allah Swt. yang berbahasa Arab dan diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk dipahami isinya, disampaikan kepada penerus umat secara mutawatir, ditulis dalam mushaf, diawali dengan surat Al-Fatihah, dan diakhiri dengan surat An-Naas.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan secara ringkas Pengertian Al-Qur'an Secara Bahasa dan Istilah. Semoga bermanfaat. Menambah wawasan dan menambah kuat keimanan kita kepada kitab Al-Qur'an. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Jelaskan Pengertian Al-Qur’an Secara Bahasa dan Istilah! [Ulumul Qur'an] ~ sekolahmuonline.com"

close