Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Fungsi dan Tujuan APBD! [Ekonomi Kelas XI] ~ sekolahmuonline.com

Jelaskan Fungsi dan Tujuan APBD! [Ekonomi Kelas XI] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal Ekonomi Kelas 11 Bab APBN dan APBD. Pada postingan kali ini, Sekolahmuonline khusus akan membahas tentang Fungsi dan Tujuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Meskipun pembahasan ini bagian dari materi Ekonomi kelas XI, tentu juga sifatnya luas. Dapat dibaca oleh siapapun yang sedang mencari pembahasan Fungsi dan Tujuan APBD.
Fungsi dan Tujuan APBD
Fungsi dan Tujuan APBD

Selama ini mungkin Anda sering mendengar atau membaca istilah APBD. Entah lewat berita-berita di Televisi, Channel-channel YouTube, atau lewat media-media bacaan online. Atau tentu saja bisa juga terdapat diskusi Anda sehari-hari atau pada buku-buku cetak yang sedang Anda baca.

Sebelum masuk ke pembahasan Fungsi dan Tujuan APBD, mungkin Anda bertanya-tanya, "Apa yang dimaksud dengan APBD?" Jawaban dari pertanyaan tersebut, silakan Anda baca pada ulasan singkat Sekolahmuonline yang berjudul:

Setelah anda memahami pengertian APBD selanjutnya kita akan membahas tentang fungsi dan tujuan APBD yang setiap tahun nilainya dapat terus meningkat, terlebih pada saat pandemi Covid-19. Baik kita akan bahas secara rinci Fungsi dan Tujuan dari APBD.

Fungsi dan Tujuan APBD

Kata fungsi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki beberapa arti sebagaimana berikut ini:
fung·si n 1 jabatan (pekerjaan) yg dilakukan: jika ketua tidak ada, wakil ketua melakukan -- ketua; 2 faal (kerja suatu bagian tubuh): -- jantung ialah memompa dan mengalirkan darah; 3 Mat besaran yg berhubungan, jika besaran yg satu berubah, besaran yg lain juga berubah; 4 kegunaan suatu hal; 5 Ling peran sebuah unsur bahasa dl satuan sintaksis yg lebih luas (spt nomina berfungsi sbg subjek);
-- ekspresif Ling penggunaan bahasa untuk menampakkan hal ihwal yg bersangkutan dng pribadi pembicara; -- fatis Ling penggunaan bahasa untuk mengadakan atau memelihara kontak antara pembicara dan pendengar; -- kognitif Ling penggunaan bahasa untuk penalaran akal; -- komunikatif Ling penggunaan bahasa untuk penyampaian informasi antara pembicara (penulis) dan pendengar (pembaca); -- sosial Antr kegunaan suatu hal bagi hidup suatu masyarakat;
ber·fung·si v 1 berkedudukan atau bertugas (sbg): kepala kantor wilayah ~ sbg menteri di daerah; 2 berguna; menjalankan tugasnya: akibat banjir, jalan yg menghubungkan Jakarta -- Cirebon tidak ~ lagi;
mem·fung·si·kan v menjadikan sesuatu berfungsi;
-- pembelian Man semua kegiatan dan usaha untuk mendapatkan barang dan jasa, spt pemesanan, tawar-menawar, negosiasi, dan pengiriman barang. 

Sedangkan tujuan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti:
arah1 n 1 jurusan: ia naik bus -- utara; 2 tujuan; maksud: mereka berbicara tidak tentu -- nya;
-- ke ke jurusan;
-- tujuan maksud; tujuan;

Fungsi APBD

Pada pembahasan APBN kita sudah membahas fungsi APBN, selanjutnya kita membahas tentang fungsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Barangkali Anda bertanya-tanya, apakah fungsi APBN dan APBD memiliki kesamaan?

Baik, untuk membahas pertanyaan tersebut kita akan bahas tentang fungsi APBD. Pada Permendagri Nomor 13 Tahun 2006, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau APBD memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :

a. Fungsi Otorisasi

APBD bisa melaksanakan pendapatan dan belanja daerah di tahun bersangkutan. Otorisasi berarti pemberian kekuasaan pada pihak yang berwenang untuk melaksanakan anggaran, pendapatan, belanja dan pembiayaan sesuai APBD yang dibuat.

b. Fungsi Perencanaan

APBD menjadi sebuah pedoman bagi manajemen didalam hal merencanakan sebuah aktivitas atau kegiatan pada tahun yang bersangkutan.

c. Fungsi Pengawasan

APBD menjadi sebuah pedoman untuk bisa menilai apakah aktivitas penyelenggaraan pemerintah daerah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

d. Fungsi Alokasi

APBD diarahkan untuk bisa menciptakan lapangan kerja maupun mengurangi pengangguran. Serta meningkatkan efesiensi serta efektivitas perekonomian.

e. Fungsi Distribusi

APBD adalah ‘uang rakyat’, maka penggunaannya pun harus digunakan untuk memakmurkan dan menyejahterakan rakyat di daerah yang bersangkutan. Penyusunan APBD ini harus bisa mendukung berbagai aktivitas daerah yang menjadi contoh kegiatan memajukan kesejahteraan umum daerah yang bersangkutan.

f. Fungsi Stabilitasi

APBD menjadi alat untuk memelihara dan mengupayakan keseimbangan fundamental perekonomian pada suatu daerah.

Tujuan APBD

Nah, setelah mengetahui fungsi dari APBD, sekarang kita bahas, apa tujuan APBD? Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau APBD disusun sebagai pedoman pemerintah daerah dalam mengatur penerimaan serta belanja.

Berikut beberapa tujuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), diantaranya:
a. Membantu pemerintah daerah mencapai tujuan fiskal.
b. Meningkatkan pengaturan atau juga kordinasi tiap bagian yang berada
di lingkungan pemerintah daerah.
c. Menciptakan efisiesnsi terhadap penyediaan barang dan jasa.
d. Menciptakan prioritas belanja pemerintah daerah.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang membahas tentang Fungsi dan Tujuan APBD. Penjelasan ini Sekolahmuonline rujuk dari Modul PJJ Ekonomi Kelas XI Bab APBN dan APBD. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Baca juga:
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Jelaskan Fungsi dan Tujuan APBD! [Ekonomi Kelas XI] ~ sekolahmuonline.com"

close