Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Essay Geografi Kelas 10 Bab 4 Bumi sebagai Ruang Kehidupan ~ sekolahmuonline.com

Soal Essay Geografi Kelas 10 Bab 4 Bumi sebagai Ruang Kehidupan ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh Soal Essay atau Uraian mata pelajaran Geografi Kelas 10 Bab 4 Bumi sebagai Ruang Kehidupan. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Soal Geografi Kelas 10 Bab 4 Bumi sebagai Ruang Kehidupan ~ sekolahmuonline.com


Geografi Kelas 10 Bab 4 Bumi sebagai Ruang Kehidupan terdiri dari tiga kegiatan pembelajaran, yaitu:

- Pertama: Teori Pembentukan Planet Bumi meliputi teori pembentukan tata surya, teori pembentuk permukaan teori kontraksi, teori dua benua, teori pergeseran benua, teori konveksi dan teori lempeng tektonik

- Kedua: Perkembangan Kehidupan di Bumi, meliputi zaman Arkaekum, zaman Paleozoikum, zaman Mesozoikum dan zaman Neozoikum

- Ketiga: Dampak Rotasi dan Revolusi Bumi terhadap kehidupan, meliputi rotasi dan revolusi bumi.


Soal Essay Geografi Kelas X Bab 4 Bumi sebagai Ruang Kehidupan


1. Bagaimana teori perkembangan tata surya menurut Laplace?


Jawaban:

Teori ini menyebutkan bahwa di alam semesta terdapat gas yang berkumpul menjadi kabut nebula. Gaya tarik-menarik antargas membentuk kumpulan kabut yang sangat besar dan berputar semakin cepat. Proses perputaran ini mengakibatkan materi kabit di bagian khatulistiwa terlempar dan berpisah, kemudian memadat karena pendinginan.


2. Jelaskan persamaan teori planetasimal dengan teori pasang surut gas?


Jawaban:

Teori pasang surut gas dan planetasimal sama-sama menyatakan ada matahari dan ada bintang lain yang mendekati.


3. Apa yang kalian ketahui tentang pangea?


Jawaban:

Pangea adalah sebuah benua raksasa yang ada dipermukaan bumi yang muncul sejak akhir zama paleozoikum hingga awal zamanmesozoikum


4. Jelaskan proses pembentukan permukaan bumi menurut teori apungan benua?


Jawaban:

Menurut teori apungan benua bahwa pada awalnya hanya terdapat satu benua yang sangat besar dimuka bumi yang disebut Pangea. Kemudian Pangea ini terpecah dan terus mengalami perubahan melalui pergerakan dasar laut. Gerakan sentripugal dari rotasi bumi menyebabkan pecahan-pecahan pangea tersebut bergerak ke arah barat menuju ekuator. Teori ini didukung dengan bukti-bukti bahwa terdapatnya kesamaan garis pantai, batuan dan fosil antara Afrika bagian barat dengan Amerika Selatan bagian timur.


5. Apa dampak dari gerak divergen dalam kehidupan?


Jawaban:

Dampak dari gerak divergen terhadap kehidupan adalah melebarnya dasar samudera sehingga menyebabkan jarak antara dua benua semakin jauh.


6. Apa yang kamu ketahui tentang zaman arkaekum?


Jawaban:

Zaman arkaekum adalah zaman tertua yang berlangsung kurang 

lebih 2.500 juta tahun. Pada zaman itu bumi masih merupakan bola gas sangat panas yang berputar pada porosnya. Sehingga pada masa itu kehidupan di bumi belum ada.


7. Sebutkan ciri-ciri zaman mesozoikum!


Jawaban:

Ciri-ciri zaman mesozoikum:

- Terdapat banyak hewan reptil seperti dinosaurus

- Iklim bumi mulai hangat

- Merupakan dasar dari kehidupan modern

- Berlangsung sekitar 150 juta tahun


8. Zaman pembentukan bumi terbagi kedalam empat tahap. Sebutkan dan jelaskan masing-masing zaman secara singkat!


Jawaban:

Zaman pembentukan bumi terbagi kedalam empat tahap, yaitu zaman arkaekum, zaman paleozoikum, zaman mesozoikum dan zaman neozoikum.

- Zaman arkaekum merupakan zaman tertua dan belum terdapat kehidupan.

- Zaman paleozoikum terbagi menjadi enam periode, yaitu periode kambrium, periode ordovisium, periode silur, periode devon, periode karbon dan periode permian

- Zaman mesozoikum terbagi mejadi tiga periode, yaitu periode trias, periode jura dan periode kreta

- Zaman Neozoikum terbagi menjadi dua periode, yaitu tersier dan kuarter.


9. Apa perbedaan rotasi bumi dengan revolusi bumi?


Jawaban:

Rotasi dan revolusi merupakan sama-sama perputaran bumi, perbedaannya adalah rotasi perputaran bumi pada poros atau sumbu bumi sedangkan revolusi perputaran bumi mengelilingi matahari, jangkauan waktu rotasi lebih sebentar dibandingkan jangkauan waktu revolusi


10. Mengapa rotasi bumi dapat mengakibatkan perbedaan arah angin?


Jawaban:

Karena sumbu bumi membentuk sudut 23,5O akhirnya menyebabkan arah perputaran bumi tidak tegak lurus terhadap matahari, hal ini berpengaruh pada gerak angin yang disebut efek coriolis dimana pada belahan bumi selatan berlawanan dengan jarum jam sedangkan di belahan bumi utara searah dengan jarum jam. 


11. Salah satu dampak rotasi adalah perbedaan waktu di setiap wilayah. Jelaskan perbedaan dan zona waktu di Indonesia!


Jawaban:

Perbedaan waktu di Indonesia:

-

Waktu Indonesia bagian Barat ini salah satu pembagian waktu di Indonesia yang ada digaris 1-5 derajat bujur timur. Pemberdaaan 

waktu dengan wilayah zona bagian tengah selama satu jam. Dengan wilayah di bagian timur, perbedaan waktunya itu dua jam


- WITA berada pada garis 120O BT. Pembagian waktu di wilayah ini sangat berbeda dengan pulau lainnya. Jika di wilayh lain pukul 10.00 WITA, di wilayah bagian barat pukul 09.00 WIB dan dibagian timur pukul 11.000 WIT.


- Wilayah bagian Indonesia timur itu berada di garis sepanjang 135 derajat bujur timur Perbedaan waktu memilik selisih dua jam untuk wilayah barat, sedangkan dengan wilayah tengah selesihnya satu jam.


12. Apa dampak revolusi bumi terhadap kehidupan?


Jawaban:

Dampak revolusi bumi terhadap kehidupan adalah perbedaan lama siang dan malam, pergantian musim, gerak semu tahunan matahari, penanggalan masehi dan perubahan kenampakan rasi bintang


13. Mengapa revolusi bumi mengakibatkan perbedaan musim?


Jawaban:

Pada saat bumi berevolusi, sumbu bumi tidak tegak lurus terhadap bidang ekliptika, tetapi condong ke 66,5°, hal ini mengakibatkan posisi bumi terhadap matahari mengalami perbedaan. Pada 23 September sampai dengan 21 Maretkedudukan matahari berada di belahan bumi selatan dan kedudukan bumi posisinya lebih dekat ke matahari. Sehingga menyebabkan di belahan bumi bagian selatan mengalami musim panas dan siang hari lebih lama daripada malam hari. Sedangkan, pada tanggal yang sama di belahan bumi bagian utara, seolah-olah berada pada posisi jauh dari matahari sehingga dengan sendirinya di utara mengalami musim dingin dan malam hari lebih panjang daripada siang hari.


14. Sebutkan 2 contoh pengaruh pergantian musim bagi kehidupan!


Jawaban:

Contoh pengaruh pergantian musim:

1. Membantu aktivitas petani dalam menentukan masa tanam.

2. Mempengaruhi budaya berpakaian dan arsitek rumah


15. Jelaskan proses pembentukan permukaan bumi menurut teori


Jawaban:

Teori dua benua menyatakan bahwa Bumi dahulu terbagi menjadi dua benua yaitu Laurasia dan Gondwana, kedua benua ini mengalami pergerakan terus menerus hingga pada akhirnya terpecah menjeadi beberapa benua seperti saat ini.


Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan    contoh Soal Essay atau Uraian mata pelajaran Geografi Kelas 10 Bab 4 yang membahas tentang Bumi sebagai Ruang Kehidupan lengkap dengan Kunci Jawabannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan sekolahmuonline lainnya. Selamat dan semangat belajar. (Sumber Pengolahan Soal: Modul PJJ Geografi Kelas X)

Rangkuman Geografi Kelas 10:

Soal Geografi Kelas 10:

Posting Komentar untuk "Soal Essay Geografi Kelas 10 Bab 4 Bumi sebagai Ruang Kehidupan ~ sekolahmuonline.com"

close