Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Sejarah Kelas 11 Bab 4 Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi-revolusi Besar Dunia (Amerika, Perancis, Cina, Rusia, dan Indonesia) dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan Umat Manusia Pada Masa Kini ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Sejarah Kelas 11 Bab 4 Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi-revolusi Besar Dunia (Amerika, Perancis, Cina, Rusia, dan Indonesia) dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan Umat Manusia Pada Masa Kini ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini adalah rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Kelas 11 Bab 4 yang membahas tentang Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi-revolusi Besar Dunia (Amerika, Perancis, Cina, Rusia, dan Indonesia) dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan Umat Manusia Pada Masa Kini Bagian Keempat.
Rangkuman Sejarah Kelas XI Bab 4 Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi-revolusi Besar Dunia (Amerika, Perancis, Cina, Rusia, dan Indonesia) dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan Umat Manusia Pada Masa Kini


Sejarah Kelas 11 Bab 4 sebagaimana telah Sekolahmuonline sampaikan pada postingan Contoh Soal Bab 4, membahas tiga pembelajaran. Pembelajaran Pertama membahas tentang Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi-revolusi Besar Dunia (Amerika, Perancis, dan Cina). Pembelajaran Kedua membahas tentang Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi Rusia dan Indonesia. Sedangkan Pembelajaran Ketiga membahas tentang Pengaruh Revolusi Amerika, Perancis, Cina, dan Rusia Bagi Kehidupan Umat Manusia Masa Kini.

Rangkuman Sejarah Kelas XI Bab 4 Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi-revolusi Besar Dunia (Amerika, Perancis, Cina, Rusia, dan Indonesia) dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan Umat Manusia Pada Masa Kini


A. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 3: Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi-revolusi Besar Dunia (Amerika, Perancis, dan Cina)


1. Revolusi Amerika terjadi karena adanya penindasan ekonomi dan politik yang dilakukan oleh Inggris. Inggris memaksakan penduduk Amerika untuk menjual dan membeli barang-barang hanya kepada Inggris. Bagi rakyat Amerika, hal ini dirasakan sebagai bentuk penindasan. Kemudian lahirlah pemikiran-pemikiran baru yang melatarbelakangi meletussnya Revolusi di Amerika, yaitu pemikiran tentang perdagangan bebas, dimana mereka bebas menjual dan membeli barang-barang dengan siapa saja sesuai dengan kesepakatan bersama. Berkembangnya faham kebebasan bagi rakyat Amerika untuk berpolitik. Adanya berbagai macam pajak yang dipaksakan oleh Inggris turut memicu kemarahan rakyat Amerika. Rakyat Amerika melawan dominasi Inggris dan mencapai kemerdekaannya paa tanggal 4 Juli 1776.

2. Revolusi Perancis terjadi karena didorong oleh adanya feodalisme dan absolut monarchi yang buruk. Rakyat merasa tertindas dan dijajah oleh rajanya sendiri. Muncul dan berkembanglah faham-faham baru di tengah-tengah masyarakat Perancis, seperti rationalism, aufklarung, romantic, dan faham-faham perang kemerdekaan Amerika. Rasa tertindas dan semangat yang tercipta dari merasuknya faham-faham baru yang berkembang itu, ditambah dengan adanya vacuum of Power Louis XVI yang lemah merupakan kesempatan bagi rakyat untuk memberontak dan melawan. Akhirnya Kekaisaran absolut Louis XVI runtuh, ditandai dengan jatuhnya penjara Bastille ke tangan rakyat 14 Juli 1789.

3. Revolusi Tiongkok (Cina) terjadi karena adanya rasa menderita akibat kekuasaan Dinasty Mansyu dan bangsa asing. Bagi rakyat Tiongkok, Dynasty Mansyu Adalah dynasty asing bagi rakyat Tiongkok (cina). Pemerintahan Dinasty merupakan pemerintahan yang kolot yang telah membuat rakyat Tiongkok menderita. Simpati terhadap Dinasty Manchu semakin menipis setelah terjadinya kekalahan Tiongkok dalam Perang Candu melawan Inggris, bagi rakyat Tiongkok merupakan suatu kelemahan yang memalukan. Dipihak lain di kalangan rakyat Tiongkok telah berkembang suatu keinginan untuk membangun masyarakat Tiongkok yang bahagia, yaitu suatu masyarakat yang menganut faham sama rata sama rasa seperti masyarakat zaman Petrus. Disamping itu telah masuk dan berkembang pula faham modernisasi di Tiongkok Selatan. Oleh karena itu munculah di mana-mana perlawanan rakyat terhadap kekuasaan Dinasty Mansyu dan banga asing ini. 

4. Rakyat Cina melakukan perlawanan terhadap pemerintahan Dinasty mansyu yang kolot dan lemah. Pemberontakan juga dilakukan Rakyat Tionghoa terhadap kekuasaan bangsa asing seperti Inggris, Jepang, dan Perancis. Sebut saja pemberontakan Taiping (1850-1861), Perang Jepang-Tiongkok (1894-1895), pemberontakan Boxer (1900-1901), hingga akhirnya Dinasty Masnyu jatuh pada tanggal 10 - 10- 1911 (Revolusi Wuchang). Dr. Sun Yat Sen memproklamasikan berdirinya Republik Tiongkok (meliputi wilayah Tiongkok Selatan). 

B. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 2: Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi Rusia dan Indonesia


1. Pemikiran-pemikiran yang melandasi Revolusi Rusia antara lain; liberalisme, pan-slavenisme, nihilism, anarchism, sosialisme, dan komunisme

2. Revolusi Rusia meletus dilatabelakangi oleh pemerintahan Tsar Nicolas II yang buruk dan reaksionel. Rakyat merasakan ketidakadilan dan penindasan.
Revolusi Rusia terjadi pada tahun 1917, yaitu pada bulan Februari 1917 dan bulan Oktober 1917. Revolusi bulan Februari 1917 adalah tindakan Kadet, Mensjewiki menggulingkan tsar, dan Revolusi bulan Oktober adalah tindakan Bosjewiki menggulingkan Menjewiki.
Pemikiran yang melandasi Revolusi Indonesia adalah nasionalisme dan demokrasi. Nasionalisme lahir dan berkembang di Indonesia didorong oleh berbagai factor baik factor internal seperti penderitaan akibat penjajahan, kenangan kejayaan masa lalu, dan lahirnya golongan terpelajar yang kritis dan berani menentang kekuasaan kaum penjajah. Factor eksternal pendorong lahirnya nasionalisme Indoensia antara lain kemenangan pertempuran Jepang atas Rusia, perjaungan rakyat Philipina, India, Turki, Mesir , serta karena masuknya faham-faham baru di kalangan rakyat Indonesia seperti liberalism, nasionalisme, demokasi, pan-Islamisme.

3. Berkembangnya Semangat nasionalisme di Indonesia ditandai dengan lahirnya pergerakan nasioanl yang bersifat politik, sosial, dan keagamaan. Kesepakaan kebangsaan itu juga terjadi di dalma kongres pemuda II, 28 Oktober 1928 yang menghasilkan Sumpah Pemuda

4. Revolusi Indonesia terjadi didorong oleh penjajahan yang dilakukan oleh bangsa asing. Saat Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu, maka di Indonesia terjadi kekosongan kekuasaan. Para pemuda dan tokoh politik bangsa Indonesia segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia di tanggal 17 Agustus 1945. 

5. Saat sekutu datang yang membonceng NICA, maka upaya bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaannya dimulai. Ketegangan dan pertempuran terjadi di mana-mana. Dunia internasional berekasi dengan memdiasi konflik Indonesia-Belanda itu dalam suatu meja perundingan seperti Linggarjati, Renville, Room-Roijen, dan Konferensi Meja Bundar. 

B. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 3: Pengaruh Revolusi Amerika, Perancis, Cina, dan Rusia Bagi Kehidupan Umat Manusia Masa Kini


1. Revolusi Amerika merupakan salah satu revolusi besar dunia yang berpengaruh terhadap umat manusia. Di Eropa, Revolusi Amerika ini menjadi inspirasi terjadinya Revolusi Perancis. Rakyat Perancis secara bersama-sama bersatu menyerang dan menguasai penjara Bastille sebagai salah satu upaya menggulingkan kekuasaan Louis XVI yang absokut. Revolusi Amerika ini juga mempengaruhi wilayah-wilayah lainnya di dunia. Di Amerika Latin, pengaruh Revolusi Amerika mendorong negara-negara di kawasan itu untuk melepaskan diri dari ikatan penjajahan,

2. Revolusi Amerika mempunyai pengaruh yang besar terhadap pelaksanaan hak asasi manusia dan pelaksanaan pemerintahan demokrasi di dunia. Hal ini dikarenakan Reformasi Amerika merupakan peperangan untuk mempertahankan kebebasan, kemerdekaan dan penghormatan terhadap hak asasi manusia.

3. Di Indonesia semangat Revormasi Amerika mempengaruhi pergerakan nasional di Indonesia. Pengaruh tersebut lebih bersifat pada paham-paham tentang hak bagi setiap bangsa untuk memperoleh kemerdekaan dan kedaulatan.

4. Revolusi Prancis telah mengilhami perjuangan bangsa-bangsa terjajah di Asia-Afrika termasuk Indonesia. Nasionalisme di Asia-Afrika, termasuk Indonesia muncul sebagai akibat dari penindasan yang dilakukan oleh negara-negara imperialism Barat.

5. Dalam masa pergerakan nasional zas-azas demokrasi seperti yang diperjuangkan oleh rakyat Prancis, dicoba untuk digerakkan oleh kaum bumi putera. Pada 20 September 1939 Gabungan Politik Indonesia (GAPI) menyampaikan gagasannya yang dikenal dengan “manifestaasi GAPI” yang isinya mengajak Indonesia dan Belanda untuk bekerja sama untuk menghadapi bahaya fasisme.

6. Pengaruh revolusi Cina terhadap bangsa Indonesia terlihat saat menghadapi penjajahan kolonial Belanda.

7. Munculnya gerakkan nasionalisme Cina diawali dengan terjadinya pemberontakkan taiping dan selanjutnya disusul dengan pemberontakkan Boxer. Gerakkan ini selanjutnya berimbas kepada bangsa Indonesia dengan munculnya gerakan kebangkinan nasional yang diawali dengan berdirinya Budi Utomo.

8. Revolusi yang terjadi di Rusia telah membawa perubahan besar terhadap ideology yang berkembang di dunia.sejak saat itu komunis di Eropa dikendalikan oleh Rusia. Mereka terus berusaha menyebarkan pahamnya.

9. Di Indonesia Revormasi di Rusia terlah menyebabkan masuknya pengaruh Mexisme dan komunis di Indonesia. Di awali dengan pembentukan ISDV pengaruh Mexisme dan komunis mempengaruhi kaum terpelajar.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Kelas 11 Bab 4 Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi-revolusi Besar Dunia (Amerika, Perancis, Cina, Rusia, dan Indonesia) dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan Umat Manusia Pada Masa Kini. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Lengkap Soal-soal Sejarah Kelas 11 dan Kunci Jawabannya bentuk soal Pilihan Ganda (PG) dan Essay (Uraian):

Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Rangkuman Sejarah Kelas 11 Bab 4 Pemikiran-pemikiran yang Melandasi Revolusi-revolusi Besar Dunia (Amerika, Perancis, Cina, Rusia, dan Indonesia) dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan Umat Manusia Pada Masa Kini ~ sekolahmuonline.com"

close