Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Sejarah Kelas 11 Bab 1 Kerajaan-kerajaan Maritim di Indonesia Masa Hindu Budha ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Sejarah Kelas 11 Bab 1 Kerajaan-kerajaan Maritim di Indonesia Masa Hindu Budha ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini adalah Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Sejarah Kelas 11 Bab 1 yang membahas tentang Kerajaan-kerajaan Maritim di Indonesia Masa Hindu Budha.
Rangkuman Sejarah Kelas XI Bab 1 Kerajaan-kerajaan Maritim di Indonesia Masa Hindu Budha


Sejarah Kelas 11 Bab 1 membahas dua pembelajaran. Pembelajaran Pertama tentang Kerajaan-kerajaan Maritim di Indonesia Masa Hindu Budha. Pembelajaran Kedua membahas tentang Pengaruh Budaya Hindu Budha di Indonesia.

Rangkuman Sejarah Kelas XI Bab 1 Kerajaan-kerajaan Maritim di Indonesia Masa Hindu Budha


A. Rangkuman Pembelajaran 1: Kerajaan-kerajaan Maritim di Indonesia Masa Hindu Budha


- Sepertiga wilayah Indonesia terdiri dari bentangan perairan, mulai dari laut hingga danau dan sungai.

- Secara khusus laut memiliki peranan penting dalam dinamika politik dan masyarakat Indonesia. 

- Dari sudut pandang masa kini, laut tidak lagi dipandang sebagai pemisah daratan atau pulau-pulau tetapi lebih sebagai pemersatu. 

- Laut merupakan urat nadi penting dalam komunikasi antar tempat di nusantara.

- Tidak bisa dibantahkan lagi bahwa sesungguhnya Indonesia terlahir sebagai Negara maritim. Hal ini terbukti dari berbagai fakta sejarah yang ada, serta bukti kejayaan nenek moyang kita pada masa kerajaan-kerajaan, ditambah dengan peninggalan-peninggalan sejarah yang makin menguatkan fakta tersebut. 

- Keadaan maritim Indonesia saat ini justru mengalami kemunduran yang signifikan, dikarenakan visi maritim tidak lagi jelas dan tidak mampunya masyarakat Indonesia melihat potensi dari posisi strategis nusantara. 

- Sudah sepantasnya jika kembali kapada visi maritim yang dulu seperti diterapkan nenek moyang kita, karena sejatinya Indonesia menyandang predikat “Negara Maritim” atau negara kepulauan. 

- Dengan mengoptimalkan letak strategis dari Indonesia dan kekayaan sember daya bahari 
yang melimpah, maka bukan mustahil jika Indonesia akan menjadi bangsa yang disegani dan diperhitunkan di dunia dalam bidang maritim layaknya dimasa jayanya dulu.

B. Rangkuman Pembelajaran 2: Pengaruh Budaya Hindu Budha di Indonesia


- Masuknya budaya dari India baik yang bercorak Hindu maupun Budha tidak terlepas dari terjadi perubahan jalur lalu lintas pelayaran dagang antara India dengan Cina pada abad 1 yang semula pedagang-pedagang baik dari India ke Cina maupun sebaliknya menggunakan jalan darat atau yang dikenal dengan jalan sutera (The Silk Road), beralih menggunakan jalur darat. 

- Proses interaksi antara pedagang pedagang India dengan masyarakat di nusantara bersifat akulturasi yaitu bertemunya dua unsur kebudayaan yang dapat hidup saling berdampingan serta saling mengisi tanpa menghilangkan unsur unsur asli dari kedua kebudayaan tersebut. 

- Terjadinya akulturasi antara kebudayaan Indonesia dengan kebudayaan India adalah karena kebudayaan Hindu-Budha yang masuk ke Indonesia tidak diterima

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Soal Sejarah dan Kunci Jawaban pembahasan Sejarah Kelas 11 Bab 1 Kerajaan-kerajaan Maritim di Indonesia Masa Hindu Budha. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Lengkap Soal-soal Sejarah Kelas 11 dan Kunci Jawabannya bentuk soal Pilihan Ganda (PG) dan Essay (Uraian):

Posting Komentar untuk "Rangkuman Sejarah Kelas 11 Bab 1 Kerajaan-kerajaan Maritim di Indonesia Masa Hindu Budha ~ sekolahmuonline.com"

close