Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Geografi Kelas 10 Bab 3 Langkah-Langkah Penelitian Geografi ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Geografi Kelas 10 Bab 3 Langkah-Langkah Penelitian Geografi ~ sekolahmuonline.comPembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Geografi Kelas 10 Bab 3 Langkah-Langkah Penelitian Geografi. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.
Rangkuman Geografi Kelas 10 Bab 3 Langkah-Langkah Penelitian Geografi ~ sekolahmuonline.com


Geografi Kelas 10 Bab 3 terdiri dari empat kegiatan pembelajaran, yaitu:
Pertama : Pengertian penelitian geografi, meliputi pengertian penelitian geografi, sifat-sifat geografi dan jenis-jenis penelitian geografi.
Kedua : Masalah geografi, meliputi mengamati fenomena dan gejala geosfer, menemukan masalah geografi, dan menyusun rumusan masalah geografi.
Ketiga : Data geografi, meliputi teknik pengumpulan data dan metode analisis data geografi
Keempat : Laporan penelitian geografi melitputi sistematika laporan penelitian geografi, membuat laporan geografi    

Rangkuman Geografi Kelas X Bab 3 Langkah-Langkah Penelitian Geografi

1. Seorang peneliti harus memiliki rasa ingin tahu yang besar sehingga menimbulkan keinginan untuk melakukan penelitian.

2. Penelitian geografi dapat diawali oleh penemuan masalah geosfer yang kemudian dicari dampak dan solusi terkait dengan masalah tersebut.

3. Penelitian Geografi merupakan salah satu jenis penelitian yang berkembang saat ini dengan melakukan penelitian yang sistematis terkontrol empiris, dan penyelidikan kritis dari proposisi hipotesis tentang hubungan yang diperkirakan antara gejala alam

4. Ciri khas penelitian geografi adalah menggunakan konsep, prisip dan pendekatan geografi dalam mendapatkan masalah dengan sudut pandang keruangan, kelingkungan dan kompleks wilayah.

5. Tujuan akhir dari penelitian geografi adalah memecahkan permasalahan geografi berdasarkan data dan fakta yang ditemukan baik fakata gejala alam maupun gejala sosial.

6. Masalah geografi merupakan masalah yang timbul dalam semua fenomena geosfer, meliputi fenomena atmosfer (udara), hidrosfer (air), litosfer (batuan dan tanah), biosfer (flora dan fauna) serta fenomena antroposfer (kependudukan).

7. Masalah geografi memiliki haruslah menyatakan hubungan antar variabel, dinyatakan dengan kalimat tanya dan memungkinkan ketersediaan data.

8. Pertanyaan penelitian geografi harus memenuhi persyaratan menarik untuk diteliti, penting untuk diteliti dan memberikan manfaat.

9. Rumusan masalah adalah suatu pertanyaan yang akan dicari jawaban dan kebenarannya melalui pengumpulan data dan penelitian yang akan dilakukan.

10. Rumusan masalah dinyatakan daalm bentuk pertanyaan yang memuat minimal tiga kata tanya what, where, why.

11. Data merupakan hal penting yang dibutuhkan dalam sebuah penelitian untuk menjawab semua permasalahan geografi.

12. Data primer merupakan data atau informasi yang diambil langsung oleh peneliti, baik melalui studi lapangan, wawancara maupun kuesioner.

13. Data sekunder merupakan data atau informasi yang diperoleh melalui studi dokumentasi atau studi lapangan yang melibatkan instansi-instansi tertentu.
    
14. Metode yang digunakan dalam penelitian geografi melitupu metode deskriptif, metode studi kasus, metode survei, metode historis, meotde korelasional, dan metode eksperimen.

15. Dalam menganalisis data geografi dapat menggunakan tiga cara yaitu analisis lokasi, analisis penyebaran, dan analisis interaksi dan difusi penyebaran

16. Sistematika penulisan laporan penelitian terdiri dari bagian pembuka, bagian isi dan bagian pendukung. 

17. Bagian isi merupakan bagian terpenting dari laporan penelitian yang terdiri dari pendahuluan, tinjauan pustaka, metode peneitian, hasil dan pembahasan, dan kesimpulan dan saran

Demikian Rangkuman atau Ringkasan Geografi Kelas 10 Bab 3 yang membahas tentang Langkah-Langkah Penelitian Geografi. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan sekolahmuonline lainnya. Selamat dan semangat belajar. (Sumber Rangkuman: Modul PJJ Geografi Kelas X)

Rangkuman Geografi Kelas 10:

Soal Geografi Kelas 10:
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Rangkuman Geografi Kelas 10 Bab 3 Langkah-Langkah Penelitian Geografi ~ sekolahmuonline.com"

close