Contoh Soal Animasi 2D & 3D Kelas XI Bab Pembuatan Gambar Objek Sederhana dengan Aplikasi Animasi 2D (Animasi 2D & 3D Kelas XI SMK/MAK)
Contoh Soal Animasi 2D & 3D Kelas XI Bab Pembuatan Gambar Objek Sederhana dengan Aplikasi Animasi 2D (Animasi 2D & 3D Kelas XI SMK/MAK). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan contoh soal Animasi 2D & 3D Kelas XI SMK/MAK Jurusan Multimedia Bab Pembuatan Gambar Objek Sederhana dengan Aplikasi Animasi 2D. Untuk adik-adik SMK jurusan Multimedia silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.
Baca juga:
A. Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf a, b, c, d, atau e pada jawaban yang benar!
2. Area kerja untuk melakukan pembuatan dan manipulasi proyek animasi dengan menggunakan panel, bar, dan window adalah ...
a. stage
b. workspace
c. tools panel
d. panel library
e. panel properties
Jawaban: b. workspace
6. Tempat menyimpan aset-aset yang digunakan pada pembuatan animasi seperti gambar, suara, video, dan simbol adalah ...
1. Melakukan perubahan objek pada posisi, rotasi, ukuran, constrain, dan kemiringan adalah pengertian ...
a. workspace
b. tools panel
c. panel library
d. transformation
e. panel properties
Jawaban: d. transformation
b. tools panel
c. panel library
d. transformation
e. panel properties
Jawaban: d. transformation
a. stage
b. workspace
c. tools panel
d. panel library
e. panel properties
Jawaban: b. workspace
3. User interface aplikasi 2D terdiri atas panel, bar, dan ...
a. stage
b. window
c. tools panel
d. panel library
e. panel properties
b. window
c. tools panel
d. panel library
e. panel properties
Jawaban: b. window
4. Area atau kanvas yang dapat digunakan untuk menggambar dan meletakkan objek yang ingin diproses dalam pembuatan animasi adalah ...
a. stage
b. workspace
c. tools panel
d. panel library
e. panel properties
Jawaban: a. stage
4. Area atau kanvas yang dapat digunakan untuk menggambar dan meletakkan objek yang ingin diproses dalam pembuatan animasi adalah ...
a. stage
b. workspace
c. tools panel
d. panel library
e. panel properties
Jawaban: a. stage
5. Manipulasi yang bisa kita lakukan antara lain adalah rotate, scaling, dan skew yaitu menggunakan tool ...
a. pen tool
b. lasso tool
c. selection tool
d. subselection tool
d. subselection tool
e. free transform tool
Jawaban: e. free transform tool
6. Tempat menyimpan aset-aset yang digunakan pada pembuatan animasi seperti gambar, suara, video, dan simbol adalah ...
a. stage
b. workspace
c. tools panel
d. panel library
e. panel properties
Jawaban: d. panel library
b. workspace
c. tools panel
d. panel library
e. panel properties
Jawaban: d. panel library
B. Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan timeline!
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan timeline!
Jawaban:
Timeline adalah area yang digunkan untuk mengontrol animasi. Pada area ini terdapat dua bagian, yang di sebelah kiri disebut layer, sedangkan yang di sebelah kanan adalah area frame
2. Jelaskan fungsi dari tool-tool berikut!
- Selection tool
- Pen tool
- Text tool
- Brush
- Hand
2. Jelaskan fungsi dari tool-tool berikut!
- Selection tool
- Pen tool
- Text tool
- Brush
- Hand
Jawaban:
- Selection tool: digunakan untuk memilih dan memindahkan objek-objek yang ada di dalam stage
- Pen tool: digunakan untuk menggambar objek shape secara manual
- Text tool: digunakan untuk menambahkan komponen teks pada stage
- Brush: digunakan seperti kuas yang bentuknya berdasarkan shape dan angle
3. Apa fungsi dari scale width dan scale height? Jelaskan caranya masing-masing!
- Pen tool: digunakan untuk menggambar objek shape secara manual
- Text tool: digunakan untuk menambahkan komponen teks pada stage
- Brush: digunakan seperti kuas yang bentuknya berdasarkan shape dan angle
- Hand: digunakan untuk bernavigasi secara bebas
3. Apa fungsi dari scale width dan scale height? Jelaskan caranya masing-masing!
Jawaban:
- Scale width digunakan untuk mengubah lebar suatu objek
Caranya dengan mengubah di transform panel dan mengubahnya dengan menulis angkanya atau menarik persennya
- Scale height digunakan untuk mengubah tinggi suatu objek
Caranya dengan mengubah pada transform panel dengan cara menuliskan angkanya atau menarik persennya
4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan transfomasi objek!
Caranya dengan mengubah di transform panel dan mengubahnya dengan menulis angkanya atau menarik persennya
- Scale height digunakan untuk mengubah tinggi suatu objek
Caranya dengan mengubah pada transform panel dengan cara menuliskan angkanya atau menarik persennya
4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan transfomasi objek!
Jawaban:
Transfomasi objek adalah melakukan perubahan objek pada posisi, rotasi, ukuran, constrain, dan kemiringan
5. Apa yang kamu ketahui tentang fungsi skew horizontal dan skew vertical?
5. Apa yang kamu ketahui tentang fungsi skew horizontal dan skew vertical?
Jawaban:
- Skew horizontal adalah suatu fungsi untuk mengubah kemiringan suatu objek posisi horisontal. Caranya dengan mengubah di transform panel dengan menuliskan angkanya atau menarik persennya.
- Skew vertical adalah suatu fungsi untuk mengubah kemiringan suatu objek posisi vertikal. Caranya dengan mengubah di transform panel dengan menuliskan angkanya atau menarik persennya.
6. Jelaskan tahap-tahap atau langkah-langkah yang dilakukan dalam pewarnaan objek! (Misalnya: mewarnai burung)
Langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam pewarnaan objek (burung) adalah sebagai berikut ini:
a. Pilih objek yang akan diwarnai dan buka panel color
b. Pada panel color pilihlah warna yang ingin dipakai dengan drag titik bulat dan segitiga panah (misalnya: objek badan burung)
c. Menggunakan panel color swatches. Pilih objeknya (misalnya ekor burung), lalu pilih warna pada color swatches
d. Lihat hasil pewarnaan menggunakan panel color dan panel swatches
- Skew vertical adalah suatu fungsi untuk mengubah kemiringan suatu objek posisi vertikal. Caranya dengan mengubah di transform panel dengan menuliskan angkanya atau menarik persennya.
6. Jelaskan tahap-tahap atau langkah-langkah yang dilakukan dalam pewarnaan objek! (Misalnya: mewarnai burung)
Jawaban:
a. Pilih objek yang akan diwarnai dan buka panel color
b. Pada panel color pilihlah warna yang ingin dipakai dengan drag titik bulat dan segitiga panah (misalnya: objek badan burung)
c. Menggunakan panel color swatches. Pilih objeknya (misalnya ekor burung), lalu pilih warna pada color swatches
d. Lihat hasil pewarnaan menggunakan panel color dan panel swatches
e. Dengan melakukan pewarnaan berbeda pada burung, akan didapatkan burung dengan warna karakter yang berbeda
Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Animasi 2D & 3D Kelas XI Bab Pembuatan Gambar Objek Sederhana dengan Aplikasi Animasi 2D (Animasi 2D & 3D Kelas XI SMK/MAK). Semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Semua kami sajikan gratis untuk memudahkan anak-anak Indonesia dalam belajar. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar dan punya keterampilan atau skill yang baik.
Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Animasi 2D & 3D Kelas XI Bab Pembuatan Gambar Objek Sederhana dengan Aplikasi Animasi 2D (Animasi 2D & 3D Kelas XI SMK/MAK). Semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Semua kami sajikan gratis untuk memudahkan anak-anak Indonesia dalam belajar. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar dan punya keterampilan atau skill yang baik.